Tips Mendikbud Untuk Guru Dan Orang Tua Saat PPJ - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

5/13/2021

Tips Mendikbud Untuk Guru Dan Orang Tua Saat PPJ

Daftar Isi [Show]

Tips Mendikbud Untuk Guru Dan Orang Tua Saat PPJ ini kami rangkum dari beberapa sumber yang ada di internet. Mungkin poin yang dijelaskan sama, namun tidak semuanya memberikan poin yang mudah dipahami.

Tips Mendikbud Untuk Guru Dan Orang Tua Saat PPJ
Seperti yang kita ketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim berbagi tips untuk kalangan guru dan orang tua. Tips tersebut ialah menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh (PPJ) agar lebih optimal.

Apa saja tips yang dimaksud? Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak daftar berikut :

Mengelola Stres

Pada tips yang pertama, Mendikbud menyebut bahwa seorang guru harus bisa mengelola stres. Khususnya pada masa adaptasi seperti sekarang ini.

Adaptasi yang dimaksud ialah adopsi teknologi serta mencari metode yang lebih baik dalam menerapkan proses belajar mengajar keseharian.

Mungkin tahap ini terbilang tidak mudah, bahkan bisa disebut penuh kebingungan dan ketidakpastian. Akan tetapi kondisi tersebut normal, dan harus cari cara keluar dari zona nyaman.

Bagi Kelas Dalam Beberapa Kelompok

Untuk tips yang kedua, ialah membagi kelas siswa dalam kelompok belajar yang kecil. Namun belajar dari kompetensi yang sama.

Contoh sederhananya ialah membagi waktu menjadi kelompok yang lebih kecil. Akan tetapi masing-masing mempunyai porsi yang sama.

Dalam hal ini, setiap kelompok harus fokus pada topik yang menyulitkan mereka, atau bahkan topik yang dianggap paling menarik.

Project Base Learning

Mendikbud juga menyarankan guru untuk melakukan project base learning, yaitu mengarahkan siswa untuk bisa bekerja sama dalam menyelesaikan tugas, serta sebagai tantangan tersendiri bagi siswa.

Tujuan dari tips ini ialah untuk melatih siswa sekaligus kemampuan dalam mendorong keinginan kerjasama antar murid.

Dengan demikian, secara otomatis akan menumbuhkan rasa gotong royong antar siswa.

Alokasikan Waktu

Guru harus bisa mengalokasikan waktu yang lebih banyak bagi murid yang tertinggal. Langkah ini merupakan kesempatan utnuk memberikan fokus bagi kebanyakan murid yang tertinggal kelas.

Selain bisa membantu murid yang kurang paham dengan materi yang diajarkan. Tentu mereka pun akan lebih percaya diri lantaran sudah yakin tidak tertinggal.

Prioritaskan Bahan Ajaran

Guru dituntut untuk bisa memprioritaskan bahan mengajar serta tidak semua materi mengajar dipaksakan untuk selesai.

Poin ini mungkin kesempatan yang baik dalam menguatkan konsep fundamental. Khususnya yang mendasari peserta didik untuk sukses pada semua mata pelajaran.

Berbagi Sesama Guru

Mendikbud juga menyarankan guru untuk saling menyontek. Artinya, dalam hal ini guru bisa saling belajar untuk melakukan inovasi.

Tidak sedikit guru yang berinovasi dengan metode belajar online. Meski pada dasarnya ada guru yang lambar dan lebih cepat dalam beradaptasi dengan teknologi.

Membawa Perasaan Senang

Poin terakhir pada tips ini ialah membawa perasaan senang dalam mengajar. Bahkan guru harus menciptakan suasana PPJ tidak membosankan.

Cobalah hal baru untuk para murid, yakni dengan mendengarkan insting. Seperti halnya murid, kondisi ini merupakan waktu untuk guru dan orang tua dalam berinovasi melakukan banyak tanya, banyak coba, dan banyak karya.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan, semoga bisa membantu.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done