Tips Dan Trik Menjadi Guru Teladan - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

5/12/2021

Tips Dan Trik Menjadi Guru Teladan

Daftar Isi [Show]

Pada dasarnya, Tips Dan Trik Menjadi Guru Teladan sangatlah mudah. Yang terpenting anda lebih kreatif dan bisa melihat kondisi sekolah dan murid.

Tips Dan Trik Menjadi Guru Teladan
Seperti yang kita ketahui, menjadi guru merupakan sebuah profesi yang sangat mulia. Sebab guru berbagi serta mengajarkan ilmu yang bermanfaat bagi peserta didiknya.

Bahkan hingga ada ungkapan yang menyebut bahwa “Guru kencing berdiri, murid kencing berlari”. Maka seorang guru haruslah menjadi teladan atau contoh yang baik bagi para muridnya.

Yang menjadi pertanyaan disini ialah, bagaimana tips dan trik menjadi guru teladan yang baik? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak daftar sederhana di bawah ini.

Mempersiapkan Mental

Ketika anda hendak mengajar, maka mental menjadi kunci penting untuk diperhatikan. Dalam hal ini, perlu memperhatikan apa saja yang sudah disiapkan.

Pasanya semua akan sia-sia ketika anda menyampaikannya dengan gugup. Jadi, coba tanamkan dalam hati rasa percaya diri yang tinggi. Khususnya saat anda berada dalam kelas.

Penuhi Harapan Peserta Didik

Anak didik atau siswa sangat berharap mempunyai guru yang sesuai. Sebab mereka menganggap jika guru merupakan sumber ilmu.

Apa saja yang belum mereka ketahui atau pahami, pasti akan bertanya pada guru. Sehinggga, anda dituntut untuk lebih banyak belajar tentang informasi terkait materi yang diajarkan kepada murid.

Punya Peran Sebagai Orang Tua

Tidak hanya sebagai fasilitaor ilmu, namun guru juga dituntut untuk menjadi orang tua kedua bagi siswa. Bahkan sudah menjadi tugas seorang guru.

Dalam hal ini, guru harus lebih siap dalam menghadapi kemanjaan serta kenakalan siswa. Intinya, hadapi mereka seperti halnya merawat anak kandung sendiri.

Buat Peraturan Dalam Kelas

Tujuan dari dibuatnya peraturan ialah sebagai batasan atau rambut yang harus dipatuhi ileh semua siswa.

Akan lebih baik jika peraturan tersebut dibuat berdasar musyawarah antara guru dan sisiwa. Sehingga nantinya tidak terjadi kesalahpahaman.

Tetapkan Sanksi Indisipliner

Tidak hanya terkait dengan peraturan, melainkan sanksi yang diberlakukan bagi pelanggar juga harus didiskusikan dan disepakati sebelumnya antara murid dan guru.

Sehingga saat mereka melakukan pelanggaran (indisipliner), sudah diketahui sanksi yang akan mereka terima.

Hindari Tegang dan Selingi Humor

Humor menjadi salah satu cara yang paling efektif bagi guru untuk mencairkan suasana yang tegang di dalam kelas.

Khususnya pada saat menjalani proses belajar mengajar. Humor disini sangat ampuh untuk menetralisir situasi.

Komunikasi Dengan Semua

Adanya komunikasi antara guru dan murid sangatlah penting. Sebab bermula dari sini, seorang guru bisa mengetahui karakter peserta didik.

Bahkan perlu juga diadakan komunikasi dengan orang tua atau wali murid.Sehingga proses belajar mengajar berjalan sebagaimana mestinya.

Selain itu, guru juga harus bisa berkomunikasi dengan guru lain atau semua pihak di sekolah.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done