81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tutorial Cara Membuat Latihan/Ujian Online Siswa dengan Google Form Lengkap

Tutorial Cara Membuat Latihan Soal/Ujian Online Siswa dengan Google Form Lengkap - Sebelumnya kita telah mengetahui Apa Itu Google Form, selanjutnya kita akan mempelajari cara memanfaatkan Google Form bagi Pendidik atau Guru.
Tutorial Cara Membuat Latihan/Ujian Online Siswa dengan Google Form Lengkap
Membuat Latihan Soal Ujian Online sangat mudah dilakukan dengan Google Form, platform ini juga telah terintegrasi dengan Aplikasi Google Classroom. Platform Google Form ini juga bersifat gratis tidak dipungut biaya sama sekali. Platform Google Form ini dapat dimanfaatkan bagi Guru SD, SMP, maupun Guru SMA. Guru tidak hanya bisa sebatas membuat soal online, namun juga dapat langsung menyelipkan jawaban di Google Form ini.

Lantas bagaimana caranya membuat Latihan Soal atau Ujian Online Siswa dengan Google Form? ada 3 (tiga) tahap penting dalam membuat soal,jawaban ulangan harian, membagikan link, dan mendownload statistik hasi ujian dengan Google Formulir.Simak caranya berikut ini:

Tahap pertama:
  • Login dengan akun gmail (Email Google) yang sudah anda buat, Silahkan masuk disini
  • Setelah login dengan akun email, pilih Google Drive.
  • Setelah masuk Google Drive, klik tanda (+). Silahkan cari kebawah ''Lainnya'' dan pilih Google Formulir. Selanjutnya Anda sudah masuk Google Formulir akan tampak tampilan secara umum menu-menu Google Formulir. Sebelum membuat soal, silahkan terlebih dahulu buat Nama Siswa, Kelas, Mata Pelajaran. Cara ini untuk mengklasifikasikan nama siswa perkelas. Usahakan dalam penulisan kelas, harus menggunakan huruf kapital, contoh: kelas 7A, 7B,7D dan seterusnya. Jika tidak sama, maka ketika siswa menulis kelas dengan huruf kecil, data siswa akan terpisah.
  • Selanjutnya pilih ''pertanyaan''. Lalu ganti kalimat ''Formulir tanpa judul'' dengan judul sesuai kebutuhan anda, misalkan, ''Soal Ulangan Harian''. Isi juga deskripsi dibawah soal ulangan harian dengan deskripsi yang lebih jelas, contoh: ''Soal Ulangan IPA kelas VII/VIII/IX Tahun 2020 ''. Lihat gambar dibawah ini:

Tutorial Lengkap Cara Membuat Latihan/Ujian Online Siswa dengan Google Form
  • Selanjutnya ganti ''pertanyaan tanpa judul'' dengan soal Nama Siswa, Kelas, dengan Soal mata pelajaran dan pilihan ganda yang sudah anda siapkan. Karena disini kan membuat soal pilihan ganda, maka untuk jawaban pilih opsi pilihan ganda. lihat gambar dibawah ini:

Tutorial Lengkap Cara Membuat Latihan/Ujian Online Siswa dengan Google Form
  • Setelah membuat soal serta jawabannya, pilih menu ''tanggapan'' lalu klik warna hijau (+) untuk membuat spreadsheet dalam bentuk file exel. Ganti ''form tanpa judul'' dengan kalimat ''jawaban IPA kelas VIII'' lalu klik buat. Lihat gambar dibawah ini:

Cara Membuat Soal Ujian dan Jawaban (Kuis) Online dengan Google Formulir
  • Selanjutnya pilih menu ''setelan'' (gambar roda gerigi) lalu pilih kuis dan aktifkan ini sebagai kuis. Disini anda akan menentukan jawaban yang benar dan membuat skor sehingga secara otomatis akan langsung terlihat jawaban siswa yang benar dan salah. Selanjutnya klik ''simpan'' . Lihat gambar dibawah ini:

Tutorial Lengkap Cara Membuat Latihan/Ujian Online Siswa dengan Google Form
  • Silahkan kembali ke menu ''pertanyaan''. Lalu dibawah pilih ''Kunci Jawaban''. Disini anda akan menentukan jawaban yang benar sekaligus skor/poin pada soal pilihan ganda, misalnya jawaban yang benar adalah D. Silahkan simpan. Lihat gambar dibawah ini!

Cara membuat Soal Ujian/Ulangan Online dengan Google Formulir
  • Selesai sudah tahap pertama pembuatan soal dan jawaban ulangan IPA kelas VIII. (soal diatas hanya satu soal saja sebagai sampel) silahkan lakukan cara yang sama untuk membuat soal-soal lainnya.

Tahap kedua: Cara mengirim link Soal Ulangan Online ke Siswa
  • Pilih menu kirim, setelah menu kirim terbuka ada beberapa pilihan yang bisa anda pilih. Bisa mengirim melalui email, mengirim tidak melalui email (langsung link) dan bisa dishare melalui website atau media sosial lainnya seperti twitter dan facebook.
  • Jika hasil ulangan tersebut akan dibagikan melalui website/blog, maka silahkan copy file yang berbentuk HTML. Caranya Klik krim formulir, lalu kirim via kode HTML, paling kanan, dan copy filenya. Selanjutnya masuk kedalam blog, lalu buat entri baru, dan pastekan kode HTML tadi dalam model HTML kedalam halaman blog.
  • Karena Anda akan mengirim link maka Klik gambar roda (bulat) ditengah. Selanjutnya Copy link tersebut dan bagikan keseluruh siswa disaat pelaksanaan ujian. Link tersebut bisa share di Google Classroom, WA atau media sosial lainnya. lihat gambar dibawah ini:

Cara membuat Soal Ujian/Ulangan Online dengan Google Formulir

Perhatikan! Contoh skor ujian online dengan jawaban yang salah:
Cara membuat Soal Ujian/Ulangan Online dengan Google Formulir

Tahap Ketiga: Download Statistik Hasil Ulangan Dengan Exel
Setelah Anda membuat soal jawab ulangan harian dan mengirim link tugas kepada siswa, silahkan Anda segera cek melalui respons siswa dalam mengisi soal ulangan. Pada menu respons siswa akan ditampilkan statistik pengerjaan soal ulangan diantaranya:
  1. Wawasan/rata-rata nilai hasil ulangan siswa
  2. Nama-nama siswa yang sudah mengerjakan soal ulangan
  3. Kelas yang sudah mengerjakan
  4. Persentase jawaban soal benar dan salah
Nah, setelah melihat respons siswa berikut statistiknya, tahap selanjutnya Anda mengunduh file hasil ulangan tadi. Data ini perlu Anda untuk sebagai bukti fisik bahwa siswa telah melaksanakan tugasnya. Bagaimana caranya? ikuti dibawah ini:
  • Buka menu "respons". Setelah terbuka cari gambar tiga roda gigi pojok kanan atas, lalu klik, maka akan tampil beberapa pilihan. Lihat gambar:

Cara Membuat Soal Ujian dan Jawaban (Kuis) Online dengan Google Formulir
  • Silahkan pilih dan klik "download tanggapan (csv)". Disini Anda akan mengunduh file yang berbentuk exel data ulangan siswa

Cara Membuat Soal Ujian dan Jawaban (Kuis) Online dengan Google Formulir
  • Setelah didownload, selanjutnya buka dengan exel dan edit data tersebut agar terlihat lebih rapi.
  • Selesai sudah download hasil ulangan siswa

Demikian Cara Membuat Soal Ujian dan Jawaban Online dengan Google Formulir. Apabila ada pertanyaan terkait artikel diatas silahkan tulis dikolom komentar. Saatnya sekarang juga anda coba dan terapkan disaat pelaksanakan ujian dan kembangkan sesuai kebutuhan masing-masing sesuai mata pelajaran. Tidak hanya ulangan harian, guru bisa lebih memberikan tugas tambahan siswa dirumah (Tugas PR)  dengan membuat soal-soal latihan online melalui google form.
Disadur dari cariduit-dot[.]blogspot.com