Contoh Soal Menghitung Nilai Besaran Pada Gelombang - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

5/14/2021

Contoh Soal Menghitung Nilai Besaran Pada Gelombang

Daftar Isi [Show]

Ada begitu banyak Contoh Soal Menghitung Nilai Besaran Pada Gelombang yang bisa anda peroleh dari internet. Salah satunya cara sederhana yang akan kami rangkum di bawah ini.

Seperti yang kita ketahui, gelombang mekanik jenis transversal mempunyai beberapa besaran tertentu. Sehingga perhitungan yang dilakukan pun mungkin memperoleh hasil berbeda.

Sebagai contoh besaran yang bisa ditentukan pada sebuah gelombang transversal ialah, gelombang pada tali. Bisa diukur tentang kecepatan, frekuensi, perioda, dan juga panjang gelombang.

Pada jenjang atau tingkat sekolah SMP/MTs, soal ujian IPA Fisika yang mempunyai kaitan dengan besaran gelombang tersebut masih sering muncul.

Entah itu dalam bentuk ujian sekolah, atau bisa pada ujian nasional. Sehingga perlu pembelajaran lebih lanjut agar tidak bingung saat mengerjakan soal.

Nah, bagi anda yang masih duduk di bangku SMP/MTs, bisa jadi contoh soal yang kami buat ini akan dikemukakan menjadi salah satu alternatif bahan belajar.

Dalam hal ini, siswa akan diminta untuk bisa menentukan nilai dari salah satu besaran. Khususnya jika besaran lainnya sudah diketahui.

Formulasi atau rumus yang sering dipergunakan dalam menghitung salah satu besaran pada gelombang ialah :

V = A x f, dimana V = kecepatan rambat gelombang, A = (lamda) panjang gelombang, dan f = frekuensi gelombang.

Contoh soal yang akan diberikan pada siswa sudah dalam bentuk gambar penjelas. Bahkan dilengkapi pula pertanyaan dan pernyataan.

Jika sudah penasaran dengan contoh soal yang kami siapkan, berikut penjelasan lebih lanjut tentag cara hitung besaran pada gelombang.

Contoh Soal :

Perhatikan gambar di bawah ini!

Contoh Soal Menghitung Nilai Besaran Pada Gelombang
Seutas tali yang disentakkan membentuk gelombang transversal seperti yang tertera pada gambar. Apabila frekuensi gelombang 2 Hz, maka cepat rambat dari gelombang tersebut adalah ...

  • A. 10 m/s
  • B. 8,0 m/s
  • C. 6,0 m/s
  • D. 4,0 m/s

Pembahasan Soal :

Dketahui : f = 2 Hz

Berdasar pada gambar di atas, panjang gelombang A – B – C – D – E adalah 2A. Jarak antara dua dasar lembah gelombang  = 4 m, sama dengan jarak 1A. Maka dari itu, jarak 2A = 8 m. Berarti 1A = 4 m.
Dengan mengunakan rumus persamaan gelombang : V = A x f, maka :

  • V = A x f
  • V = 4 m x 2 Hz
  • V = 8 m/s

Kunci Jawaban :

B (8 m/s)

Contoh di atas kami hitung berdasar pada penggunaan rumus yang sederhana. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan masih ada rumus yang paling mudah untuk diterapkan.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan pada ulasan kali ini. Semoga apa yang kami tulis bisa berguna bagi orang yang membutuhkan.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done