81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Buku Akidah Akhlak Kelas 5 Mi Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU PDF

Cadiak.id - Kementerian Agama, Direktoran Pendidikan Islam saat ini telah berhasil merancang dan menerbitkan Buku Akidah Akhlak Kelas 5 Mi Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU PDF, buku ini diterbitkan dengan konstruksi Kurikulum 2013 yang diperbaharui terakhir tahun 2019. Buku ini terbagi atas 2 versi, yaitu versi siswa dan versi guru, namun saat ini yang baru kami dapatkan adalah versi untuk siswa-nya, adapun versi guru akan kami update kemudian. Buku ini tersedia PDF yang berarti dapat dibaca tanpa perlu di cetak ataupun di fotocopy, guru dan siswa dapat membaca buku ini cukup dari smartphone masing-masing.
Buku Akidah Akhlak Kelas 5 Mi Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU PDF
Adapun dalam katalognya Buku Akidah Akhlak Kelas 5 Mi Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU PDF ini diterbitkan dengan rincian sebagai berikut:
  1. Penulis : Mahdum, M. Pd.I
  2. Editor dan Pendamping Penulis : Dr. Achmad Fauzi, S.Ag. M.Pd
  3. Penyelia Penerbitan : Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
  4. Cetakan Ke-1, 2019 Kementerian Agama Republik Indonesia
  5. Untuk Mi Kelas 5.
Adapun dalam Buku Akidah Akhlak Kelas 5 Mi Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU PDF ini penulis menyampaikan petunjuk penggunaan buku yaitu sebagai berikut:
Dalam rangka untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, perhatikan tahapan-tahapan berikut.
1. Sebagai langkah awal, pengguna perlu membaca bagian pendahuluan buku ini untuk memahami konsep utuh Pendidikan Agama Islam serta memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar kurikulum 2013 sesuai KMA 183 tahun 2019.
2. Setiap bab berisi: Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Peta konsep, stimulus awal, pemahaman materi, dan Penilaian serta Interaksi peserta didik dengan orang tua atau dengan lingkungan
3. Guna memaksimalkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan berpusat pada peserta didik, guru mendorong peserta didik untuk memperhatikan petunjuk atau instruksi yang terdapat dalam setiap bab sehingga menjadi fokus perhatian peserta didik. Instruksi tersebut adalah sebagai berikut ;
  • a. “Peta Konsep” adalah bagan yang berisi alur pembahasan pada sebuah materi
  • b. “Ayo, amati gambar!”. Adalah kolom yang berisi gambar untuk merangsang keingintahuan peserta didik terhadap materi yang akan dipelajari.
  • c. “Ayo gemar membaca!”, adalah nama lain dari tahapan saintifik mengeksplorasi. Pada tahapan ini berisi materi atau konsep pemahaman hal yang dipelajari melalui metode litrerasi.
  • d. “Ayo renungkan!” adalah guru mengajak peserta didik untuk lebih mendalami materi yang bersifat kontekstual. Berisi soal-soal penalaran dan studi kasus serta kolom-kolom isian tentang keyakinan dan sikap. Tujuannya mengukur keyakinan dan sikap peserta didik yang berhubungan dengan materi yang telah dipelajari.
  • e. “Kembangkan wawasanmu!”, adalah perwakilan dari tahapan “menalar” dalam saintifik. Dalam tahapan ini peserta didik diajak untuk mengasosiasi, mencipta, mongkomunikasikan dan sebagainya. Ada beberapa kegiatan di dalamnya berupa diskusi, membuat karya, bercerita, dan mencatat hasil diskusi atau cerita dan sebagainya.
  • f. “Ayo berlatih!” adalah untuk mengukur penguasaan peserta didik terhadap materi yang dibahas baik secara psikomotorik, afektif dan kognitif.
  • “Ayo menjawab!” merupakan uji kompetensi pengetahun pada setiap bab.
  • h. “Ayo lakukan!” adalah tuntutan kepada peserta didik untuk sedapat mungkin menalar dan mengaplikasikan materi yang dikuasai, dan diukur melalui uji kompetensi keterampilan.
  • i. “Ayo menilai diri sendiri/menilai teman” tahapan ini mendorong peserta didik untuk menanamkan kejujuran dan kedisiplinan melalui uji kompetensi, untuk mengukur sikap spiritual dan sosial.
  • j. “Hikmah” berisi wawasan lain atau informasi tambahan yang tekait
  • k. “Ayo ingat!” bagian ini berada pada setiap akhir bab, untuk memberi penegasan terhadap materi supaya benar-benar mampu tercermin pada sikap melalui pembiasaan.
  • l. “Ayo diskusi” terdapat pada setiap akhir sub bab, mengajak peserta didik untuk berpendapat tentang materi yang telah dipelajari bertujuan untuk pendalaman materi.
  • m. “Ayo bermain peran” adalah salah satu metode sosio drama mengajak anak bermain peran sehubungan dengan materi yang telah dipelajari.
  • n. “Ayo bekerja sama dengan orang tua” bagian ini mengajak peserta didik untuk melatih kemampuan dalam komunikasi.
  • o. “Saya harus tahu” tahapan ini merupakan proses literasi yang mendorong terjadinya peningkatan kemampuan berfikir peserta didik.
                              Dalam proses pelaksanaannya, guru sangat mungkin melakukan pengembangan yang disesuaikan dengan potensi peserta didik, sumber dan media belajar serta lingkungan sekitarnya.

                              Buku Akdiah Akhlak Kelas 5 Mi Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU PDF ini terdapat 10 (SEPULUH) BAB sebagai berikut :
                              1. BAB I MEMOHON PERTOLONGAN ALLAH SWT DENGAN KALIMAT THAYYIBAH HAUQALAH
                              2. BAB II MENGENAL ALLAH SWT MELALUI ASMAUL HUSNA
                              3. BAB III IMAN KEPADA HARI AKHIR
                              4. BAB IV INDAHNYA AKHLAK TERPUJI KETIKA BERTAMU
                              5. BAB V BERHIAS DIRI DENGAN AKHLAK TERPUJI
                              6. BAB VI MARI MENGINGAT ALLAH SWT MELALUI KALIMAT TARJI
                              7. BAB VII MENGENAL ALLAH SWT MELALUI ASMAUL HUSNA
                              8. BAB VIII MAKNA ALAM BARZAH ATAU ALAM KUBUR
                              9. BAB IX INDAHNYA BERAKHLAK TERPUJI
                              10. BAB X MENGHINDARI AKHLAK TERCELA
                              Bagi siswa dapat mendownload dan membaca Buku Akidah Akhlak Kelas 5 Mi Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU PDF melalui tautan dibawah ini: