4 Pertimbangan Memilih Metode Pembelajaran - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

5/11/2021

4 Pertimbangan Memilih Metode Pembelajaran

Daftar Isi [Show]

Setidaknya ada 4 Pertimbangan Memilih Metode Pembelajaran. Sehingga proses belajar mengajar di kelas bisa berjalan sebagaimana mestinya.

4 Pertimbangan Memilih Metode Pembelajaran
Apa yang dimaksud dengan metode pembelajaran? Dirangkum dari beberapa sumber, metode pembelajaran merupakan teknik atau cara yang dipakai oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran siswa di dalam kelas.

Bisa disebut jika teknik atau cara penyampaian yang digunakan oleh guru, akan sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran.

Secara dasar, mungkin guru sudah tidak merasa asing dengan metode pembelajaran, khususnya yang ada dalam dunia pendidikan Indonesia.

Pasalnya ada begitu banyak metode yang sudah diketahui atau bahkan dilaksanakan oleh guru dalam menunaikan tugas mereka.

Sebagai contoh ialah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, eksperimen, demonstrasi, resitasi, pemberian tugas, dan lain sebagainya.

Untuk saat ini metode yang paling populer di kalangan guru ialah metode ceramah. Akan tetapi, ada sebagian guru yang menganggap bahwa mtode tersebut kurang baik.

Sebab guru dianggap lebih mendominasi pembelajaran dibanding siswa, serta mengurangi kadar aktivitas siswa dalam belajar.

Sedangkan metode pembelajaran yang paling banyak disukai ialah eksperimen. Namun tidak sedikit pula yang lebih memilih demonstrasi lantaran keterbatasan alat praktikum.

Berdasar pada sejumlah uraian di atas, maka setidaknya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih suatu metode pembelajaran. Beberapa diantaranya ialah :

Karakter Materi Pelajaran

Sangat sulit menyampaikan kepada siswa dengan menerapkan metode tertentu, pasalnya setiap mata pelajaran mempunyai karakteristik yang berbeda.

Tidak terkecuali juga tujuan pembelajaran yang akan dicapai dari materi tersebut. Sebagau contoh ialah mata pelajaran yang mempunyai sifat eksakta, maka lebih tepat menggunakan metode eksperimen atau demonstrasi.

Ketersediaan Sarana Belajar

Adanya alat, sarana, atau media yang tersedia di sekolah juga sangat berpengaruh pada penggunaan metode pembelajaran.

Bahkan metode eksperimen atau demonstrasi tidak mungkin digunakan apabila penunjang metode tersebut tidak tersedia.

Kemampuan Dasar Siswa

Dikarenakan kemampuan dasar siswa di sekolah pedesaan dan perkotaan berbeda. Maka guru patut mempertimbangkan pemilihan metode yang tepat.

Sebagai contoh menggunakan metode resitasi dan tugas, maka akan berjalan baik jika kemampuan dasar siswa cukup memadai untuk berdiskusi. Bahkan keterampilan berbicara siswa juga berpengaruh.

Alokasi Waktu Pembelajaran

Guru perlu mempertimbangkan alokasi waktu yang tersedia serta tercantum dalam kurikulum. Apabila waktu yang tersedia terbatas, maka guru bisa memilih metode yang lebih sederhana, yakni ceramah, tanya jawab atau diskusi.

Pasalnya sangat tidak dimungkinkan untuk memilih metode eksperimen ataupun resitasi, yakni dengan waktu yang tidak cukup.

Sebagai informasi tambahan, tentu semua metode yang kami jelaskan di atas mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga memerlukan pertimbangan secara khusus.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum. Semoga bisa membantu.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done