Terbaru! Simak Contoh Proposal Pemasaran Produk Usaha

Dalam suatu bisnis, pemasaran merupakan salah satu yang penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar target konsumen yang dituju dapat mengetahui produk yang dibuat. Dengan begitu, produk usaha akan semakin laku terjual. Pemasaran produk juga dapat dilakukan dengan mengirimkan ke perusahaan lain. Simak contoh proposal pemasaran produk usaha berikut ini.

PROPOSAL PEMASARAN PRODUK
JUS BUAH MANIS “Natural”

BAB I
PENDAHULUAN 

Latar Belakang Berdirinya Usaha

Usaha kecil menengah atau UKM telah menjadi trends bisnis yang sangat menguntungkan bagi seornag pengusaha, banyaknya konusmen yang membutuhkan suatu proudct seperti makanan atau minuman membuat peluang usaha kecil ini kian berkembang dengan subur di Inonesia, atas dasar inilah yang menjadi prioritas utama kami untuk membangun sebuah usaha kecil minuman yang bergizi dan tentunya sehat untuk dikonsumsi.

Jus buah manis kaya rasa ini kami produksi dari buah-buahan yang berkualitas dan juga kami datangkan langsung dari petani yang menanam buah ini, selain itu juga sebelum kami mengolahnya menjadi produk minuman jus kami menyeleksi buah-buahannya terlebih dahulu, hal ini kami lakukan agar produk yang kami buat benar-benar berkualitas dan agar lolos seleski yang dilakukan oleh badan pengawas obat dan makanan (BPOM).

sedangkan untuk harga jus buah manis kaya rasa ini kami bandrol dengan harga yang relatif terjangkau sebab kami memang berencana menargetkan pangsa pasar kelas mengenah ke bawah, dengan beberapa pertimbangan diatas maka kami sangat yakin bahwa usaha kami ini akan mencapai kesuksesan dalam waktu dekat, menginat tingkat persaingan dalam peluang usaha minuman relatif lebih sedikit dibandingkan peluang usaha makanan, Adapun latar belakang didirikannya peluang usaha minuman ini adalah :

1) Masyarakat Indonesia membutuhkan minuman yang sehat bergizi.

2) Dengan produk kami yang berkualitas diharapkan konsumen akan puas

3) Bahan baku jus buah kaya rasa ini mudah diperoleh dan harganya pun sangatlah murah.

BAB II
RUMUSAN MASALAH 

Perumusan Visi Usaha

Visi dalam usaha yang kami lakukan ialah memproduksi minuman jus buah kaya rasa sebagai salah satu peluang usaha kecil menengah di Indonesia, menyediakan produk berkualitas untuk masyarakat merupakan salah satu visi kami, dengan cara ini kami mengharapkan bisa mendapat keuntungan usaha yang maksimal

Perumusan Misi Usaha

Proses produksi yang praktis, higienis dan sangat efisien baik dari tempat, alat dan bahan-bahan yang kami gunakan.

Menjaga cita rasa produk yang kami jual

Memberikan pelayanan ekstra kepada konsumen

Dengan rasa yang khas dan harga yang terjangkau  kami mengharapkan kepuasaan

Memperkenalkan cara mengelola buah-buahan kepada masyarakat.

Tujuan didirikannya Usaha Ini

Menciptakan lapangan pekerjaan kepada warga setempat

Dapat meningkatkan taraf hidup kepada seluruh karyawan kami

Mendidik karyawan kami Untuk menerapkan jiwa berwirausaha

Dapat melatih kemandirian kepada seluruh karyawan kami.

Meningkatkan pendapatan dan memperoleh keuntungan.  

BAB III
PEMBAHASAN 

Jenis Produk Usaha

Produk yang kami jual ialah jus buah kaya rasa yang bahan baku utamanya adah seluruh buah-buahan segar, produk yang kami buat pun sangat bervariasi dan sesuai dengan permintaan konsumen kami.

Modal Usaha Minuman                       Rp. 1.200.000

Blender                                                Rp. 500.000

Pisau                                                    Rp. 10.000

Alat pengerut buah                              Rp. 15.000

————————————————————————–    +

Total                                                    Rp. 1.715.000

Biaya operasional Usaha Minuman

Biaya pembelian aneka Buah             Rp. 4.000.000

Biaya Sewa Tempat                            Rp. 500.000

Biaya listrik, Air dll                            Rp. 200.000

Transportasi                                        Rp. 150.000

Biaya lain – lain                                  Rp. 200.000

—————————————————————————– +

Total                                                    Rp. 5.050.000

Omset per bulan

Omzet harian rata-rata  Rp 250.000,00

Omset bulanan @ Rp 250.000,00 x 30 hari =7.500.000,00

Laba bersih perbulan ialah Rp 7.500.000,00 – Rp 5.050.000,00 =  Rp 2.450.000,00

Waktu Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi yang kami lakukan ialah 6 Hari dalam seminggu

(senin – jumat : 07.00 : 16: 00)  (Sabtu : 07:00 – 12.000)  (Minggu:  Libur).

Jumlah Karyawan

Diperlukan  3 orang yang diperlukan dalam usaha pembuatan jus buah kaya rasa ini dengan rincian: 2 orang di bagian produksi dan 1 orang di bagian penjualan .

BAB IV
ASPEK PEMASARAN 

Segmen Pasar

Seperti yang kami bahas di awal tadi bahwa target konsumen kami ialah masyarakat kelas mengenah ke bawah terutama anak-anak dan para wanita yang menyukai jus buah segar.

Strategi Pemasaran

Agar dapat meningkatkan penjualan produk yang kami buat maka kami membuat strategi pemasaran yang matang guna meraih penghasilan yang besar, yaitu dengan cara :

Menetapkan harga yang relative murah agar semua konsumen dapat membeli produk yang kami Jual.

Menyidiakan Tempat penjualan jus buah di tempat-tempat yang sangat strategis.

Memenuhi kepuasan dan permintaan konsumen.

Promosi Usaha

Adapun promosi penjualan yang kami lakukan ialah dengan cara:

Membuat Toko online untuk dipasarkan lewat internet

Memasang papan nama di depan tempat usaha kami.

Mempromosikan usaha kami lewat radio dan surat kabar.

Sistem Penjualan/Distribusi

Sistem penjualan produk yang kami gunakan dalam meningkatkan frekeunsi penjualan produk ini adalah langsung dan menerima pesanan lewat telepon atau secara langsung 

BAB V
PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan uraian dan penjelasan kami diatas maka kami mengharapkan kepada dukungan semua pihak yang berkenan dalam membantu usaha kami agar lebih maju, kami siap menerima bantuan dana berupa donasi, tambahan modal atau bantuan teknis lainnya agar usaha yang kami buat lebih maju dan dapat mengurangi tingkat penganguran di Indonesia terutama di wilayah sleman jogjakarta.  terima kasih.

Pemasaran produk dalam suatu bisnis memang menjadi salah satu faktor penting untuk kemajuan suatu usaha. Semakin banyak orang mengenal produk yang dipasarkan maka akan banyak kalangan yang mengenal produk yang dibuat. Oleh karena itu promosi akan membantu kemajuan usaha. Selain itu juga akan semakin dikenal oleh masyarakat.

Seperti itulah contoh permohonan pemasaran produk untuk usaha. Penulisan dari proposal perlu memperhatikan berbagai aspek, menuliskan lebih detail mengenai kelengkapan produk, harga penjualan, target pasar yang dituju serta sebagainya. Dengan hal tersebut proposal yang anda buat akan lebih menarik perhatian dari perusahaan yang membacanya.