81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Buku Fikih Kelas 9 MTS Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU

Cadiak.id - Kementerian Agama, Direktoran Pendidikan Islam saat ini telah berhasil merancang dan menerbitkan Buku Fikih Kelas 9 Madrasah Tsanawiyah Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU PDF, buku ini diterbitkan dengan konstruksi Kurikulum 2013 yang diperbaharui terakhir tahun 2019. Buku ini terbagi atas 2 versi, yaitu versi siswa dan versi guru, namun saat ini yang baru kami dapatkan adalah versi untuk siswa-nya, adapun versi guru akan kami update kemudian. Buku ini tersedia PDF yang berarti dapat dibaca tanpa perlu di cetak ataupun di fotocopy, guru dan siswa dapat membaca buku ini cukup dari smartphone masing-masing.
Buku Fikih Kelas 9 MTS Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU

Adapun dalam katalognya Buku Fikih Kelas 9 MTS Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU ini diterbitkan dengan rincian sebagai berikut:
  1. Penulis : H. Zainul Ma'arif, MA
  2. Editor : Aris Adi Leksono, M.Pd
  3. Penyelia Penerbitan : Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
  4. Cetakan Ke-1, 2019 Kementerian Agama Republik Indonesia
  5. Untuk MTS Kelas 8.
Pada bagian pengantar nya penulis Buku Fikih Kelas 9 MTS Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU ini menyampaikan: Seiring dengan terbitnya KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah, maka Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menerbitkan buku teks pelajaran. Buku teks pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada madrasah terdiri dari; Al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab untuk jenjang MI, MTs dan MA/ MAK semua peminatan. Keperluan untuk MA Peminatan Keagamaan diterbitkan buku Tafsir, Hadis, Ilmu Tafsir, Ilmu Hadis, Ushul Fikih, Ilmu Kalam, Akhlak Tasawuf dan Bahasa Arab berbahasa Indonesia, sedangkan untuk peminatan keagamaan khusus pada MA Program Keagamaan (MAPK) diterbitkan dengan menggunakan Bahasa Arab.

Didalam Buku Fikih kelas 9 di Madrasah Tsanawiyah ini berisikan enam bab pembahasan. Dimana Keenamnya memuat materi-materi sebagai berikut:
  1. Ikhlasul Amal (Penyembelihan, Kurban dan Akikah), yang menjabarkan materi terkait dengan Ketentuan Penyembelihan, Ibadah Kurban, dan Ibadah Akikah
  2. Ash-Shidqu Fil Aqdi (Jual Beli, Khiyar, Qirad dan Riba), yang di dalamnya mengulas tentang jual beli, khiar, qirad, dan riba
  3. Al Intifa’ Fil Aqdi (Ariyah (Pinjam Meminjam) Dan Wadi’ah (Titipan), yang membahas masalah Pinjam Meminjam (Ariyah) dan Wadi’ah (Titipan)
  4. Hutang Piutang, Gadai dan Hiwalah, di dalamnya membahas terkait dengan Hutang Piutang, Gadai dan Hiwalah
  5. Sewa Menyewa (Ijarah) Dan Upah
  6. Pengurusan Jenazah dan Harta Waris
Bagi siswa dapat mendownload dan membaca Buku Fikih Kelas 9 MTS Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU melalui tautan dibawah ini: