81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Buku Alquran Hadist Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 Revisi 2019 Terbaru

Cadiak.id - Kementerian Agama, Direktoran Pendidikan Islam saat ini telah berhasil merancang dan menerbitkan Buku Alquran Hadist Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 Revisi 2019 Terbaru PDF, buku ini diterbitkan dengan konstruksi Kurikulum 2013 yang diperbaharui terakhir tahun 2019. Buku ini terbagi atas 2 versi, yaitu versi siswa dan versi guru, namun saat ini yang baru kami dapatkan adalah versi untuk siswa-nya, adapun versi guru akan kami update kemudian. Buku ini tersedia PDF yang berarti dapat dibaca tanpa perlu di cetak ataupun di fotocopy, guru dan siswa dapat membaca buku ini cukup dari smartphone masing-masing.
Buku Alquran Hadist Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 Revisi 2019 Terbaru
Adapun dalam katalognya Buku Alquran Hadist Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 Revisi 2019 Terbaru ini diterbitkan dengan rincian sebagai berikut:
  1. Penulis : Niswatul Khoiriyah.S.Pd.I.M.Si
  2. Editor : Dr. Abdullah Aniq Nawawi, MA
  3. Penyelia Penerbitan : Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
  4. Cetakan Ke-1, 2019 Kementerian Agama Republik Indonesia
  5. Untuk MTs Kelas 9.
Buku Alquran Hadist Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 Revisi 2019 Terbaru ini terdapat 4 Point Kompetensi Inti (KI) dan 4 Point Kompetensi Dasar (KD) sebagaimana dijelaskan berikut dibawah ini:
Kompetensi Inti:
  1. KI. 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  2. KI. 2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. KI. 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  4. KI. 4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar:
  1. 1.1 Menghayati keutamaan membaca al-Qur’an sesuai kaidah ilmu Tajwid
  2. 2.1 Menjalankan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari
  3. 3.1 Memahami ketentuan hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mad lazim mutsaqqal kilmi, mad lazim mutsaqqal harfi dan mad lazim mukhaffaf harfi
  4. 4.1 Mempraktikkan hukum bacaan mad lazim mukhaffaf kilmi, mad lazim mutsaqqal kilmi, mad lazim mutsaqqal harfi dan mad lazim mukhaffaf harfi dalam al-Qur’an
Adapun materi yang terkandung dalam Buku Alquran Hadist Kelas 9 Madrasah TSanawiyah Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU PDF ini yaitu terdiri dari 6 bab:
  1. Bab 1 Fasih Membaca Al-Qur’an Dengan Tajwid Membentuk Sikap Disiplin (Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi, Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi, Mad Lazim Mutsaqqal Harfi, dan Mad lazim Mukhaffaf Harfi)
  2. Bab 2 Meraih Berkah dari Jujur Dalam Muamalah (QS. AL-Muthaffifin (83): 1-17 dan QS. Al-An’am (6): 152)
  3. Bab 3 Menggapai Keberkahan Hidup dengan Jujur Dalam Muamalah (Hadis Riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas Ra, Hadis Riwayat Tirmidzi dari Hasan Bin Ali Ra, dan Konsep Jujur Dalam Muamalah)
  4. Bab 4 Menepatkan Bacaan Gharib Dalam Al-Qur’an Membentuk Sikap Cermat (Imalah, Isymam, Tas-hil, Naql, Mad/Qashr, 
  5. Bab 5 Semangat Menuntut Ilmu untuk Meraih Martabat Mulia (QS. ‘Abasa (80): 1-10, QS. Al-Mujadilah (58): 11, dan Konsep Ilmu Dalam Islam)
  6. Bab 6 Pantang Menyerah Meraih Kebahagiaan dengan Ilmu (Hadis Riwayat Muslim dari Abu Hurairah Ra, Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Shafwan Bin ‘Assal Al Muradi, Membentuk Pribadi Pantang Menyerah)
Bagi siswa dapat mendownload dan membaca Buku Alquran Hadist Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 Revisi 2019 Terbaru melalui tautan dibawah ini: