Pengertian Lengkap Apa Itu Silabus, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan RPP

Pengertian Lengkap Apa Itu Silabus, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan RPP



Apa sih yang anda ketahui tentang Silabus, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Rpp? Keempat hal tersebut menjadi salah satu hal penting yang harus anda ketahui. Berikut penjelasan detail mengenai keempat hal tersebut! 

Silabus 

Silabus merupakan suatu rencana pembelajaran yang terjadi pada suatu, dan/atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu. 

Dimana rencana pembelajaran tersebut mencangkup standar kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar. 

Ada juga yang berpendapat lain mengenai apa itu silabus, seperti yang diungkapkan oleh Yulaelawati bahwa silabus meruapakan seperangkat rencana serta pengaturan pelakksanaan yang mencakup pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis, di dalamnya memuat tentang komponen-kompenen yang saling berkaitan antara satu sama lain untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar. 

Dengan adanya silabus ini memberikan manfaat yang cukup besar bagi semua orang, yakni dapat dijadikan pedoman pengembangan perangkat sistem pembelajaran menjadi lebih lanjut, mulai dari perencanaan, pengelolaan kegiatan, pembelajaran dan lain sebagainya. Silabus menjadi sumber pokok dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi. 

Kompetensi Inti 

Kompetensi inti merupakan suatu tingkatan atau kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki oleh para peserta didik yang ada pada setiap kelas atau program. Jenis kompetensi yang satu ini merupakan operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas. Dimana kompetensi inti bukan untuk diajarkan melainkan untuk dibentuk melalui pembelajaran mata pelajaran yang lebih relevan. 

Mata pelajaran yang ada di dalam sekolah harus tunduk pada kompetensi inti yang sudah dirumuskan. Disisi lain, semua mata pelajaran yang diajarkan nantinya akan dipelajari pada kelas trsebut harus berkontribusi terhadap pembentukan kompetensi inti. Seperti halnya kompetensi inti merupakan pengikat dari kompetensi-kompetensi lainnya yang harus dihasilkan dengan mempelajari setiap mata pelajaran. Peran dari kompetensi inti adalah sebagai integrator horizontal antara masng-masing mata pelajaran yang ada. 

Untuk mendukung kompetensi inti, maka pencapaian pembelajaran mata pelajaran diuraikan menjadi kompetensi dasar yang telah dikelompokan menjadi empat macam bagian, hal tersebut menyesuaikan dengan kompetensi inti yang didukungnya. Beberapa diantaranya seperti sikap sosial, sikap spiritual, keterampilan, pengetahuan, dan lain sebagainya. 

Kompetensi Dasar 

Kompetensi dasar merupakan seumlah kemampuan yang harus dimilik oleh peserta didik dalam pengetahuan, sikap dan juga keterampilan. Ketiga hal tersebut harus dimiliki oleh para siswa guna melatih dirinya sendiri menjadi lebih baik. 

Pengetahuan yang harus dimiliki oleh para siswa mengenai berbagai mata pelajaran yang ada di dalamnya. Berbagai mata pelajaran harus dikuasainya guna mendapatkan nilai yang lebih baik sesuai dengan apa yang diharapkan. 

Disisi lain, sikap juga menjadi suatu hal yang cukup efektif dalam kompetensi dasar yang harus diperhatikan. Sikap tersebut meliputi bagaiamana diri anda ketika berada di sekolahan dan berinteraksi antara guru, teman, dan warga sekolah yang ada di dalamnya. 

Sementara keterampilan yaitu ada pada diri masing-masing siswa, setiap siswa memiliki keterampilan tersendiri yang menjadi suatu bakat untuk bisa dikembangkan dengan baik. Keterampilan tersebut nantinya juga akan mempengaruhi nilai pengetahuan dalam bidang kompetensi dasar di sekolahan. 

RPP 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan suatu kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebiih. RPP ini dikembangkan dari silabus yang bertujuan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar. 

Adapun tujuan dari RPP sendiri yaitu sebagai berikut : 

  • 1. Mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar 
  • 2. Guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran yang logis dan terencana. 

RPP sangat penting untuk kebutuhan para siswa nantinya, hal ini juga menjadi suatu acuan bagi para guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar agar lebih efektif dan terarah sesuai dengan standar kompetensi. 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan melalui silabus. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai apa itu Silabus, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan RPP. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.