3 Poin Penting Dalam Penyusunan Rpp 1 Lembar Menurut Kemendikbud

3 Poin Penting Dalam Penyusunan Rpp 1 Lembar Menurut Kemendikbud



RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh para guru. 

Dimana guru harus membuat rpp sebagai media pembelajaran untuk para siswa nantinya. Dengan adanya rpp menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. 

Supaya rpp dapat dibuat dengan baik, guru harus bisa melakukan penyusunan secara runtut dan seksama agar rpp yang dibuatnya sesuai dengan standar kompetensi. Anda bisa melihat referensi lain untuk membuat rpp 1 lembar sesuai dengan standar kompetensi. 

Seperti yang anda ketahui sendiri, rpp menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh guru untuk bisa dijadikan bahan pembelajaran bagi para siswanya. 

Komponen Penting Dalam Penyusunan RPP 


Dalam melakukan penyusunan rpp, terdapat beberapa hal penting yang harus dipahami oleh guru sebelum membuatnya. 

Anda harus paham terlebih dahulu akan penyusunan yang dilakukan supaya tidak melakukan kesalahan dalam menyusun rpp yang akan dibuat. 

Berikut ini adalah 3 komponen penting dalam penyusunan rpp yang harus anda ketahui! 

- Tujuan Pembelajaran 

Salah satu komponen penting yang harus ada dalam penyusunan rpp adalah tujuan pembelajaran yang akan dibuat. Setiap guru pastinya memiliki tujuan tersendiri untuk melakukan sistem pembelajaran di dalam kelasnya. 

Disini guru harus bisa melakukan penyusunan secara efektif supaya dapat menjalankannya secara efektif. Tujuan pembelajaran yang dibuat mencakup hal-hal yang dapat mengembangkan potensi anak didiknya. 

- Langkah-Langkah Pembelajaran 

Setelah memiliki tujuan yang akan ditentukan, anda harus membuat langkah-langkahnya untuk mencapai tujuan tersebut. Tanpa adanya langkah yang pasti tentu akan membuat penyusunan rpp tidak bisa berjalan dengan baik. 

Langkah pembelajaran yang efektif sangat diperlukan dalam penyusunan rpp 1 lembar. Pastikan anda meneliti kembali komponen penting yang satu ini karena menjadi proses yang akan dilakukan para siswa nantinya. 

- Penilaian Pembelajaran 

Komponen penting yang selanjutnya adalah penilaian pembelajaran. Dimana anda dapat menyusun rpp bagian penilaian pembelajaran. 

Tujuan dari penilaian pembelajaran ini nantinya akan melihat potensi yang dimiliki oleh para siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukannya. Siswa yang memiliki potensi baik juga akan mendapatkan nilai yang baik. 

Jika siswa lainnya belum bisa mendapatkan penilaian yang baik, anda bisa mempertanggungjawabka hal ini untuk mengubahnya menjadi lebih baik. 

Ketiga komponen penting tersebut harus dipenuhi dalam penyusunan rpp yang dibuatnya. 

Selain itu, terdapat juga hal penting lainnya yang harus anda ketahui dalam penyusunan rpp yang akan dibuat seperti berikut: 

- Pembuatan Rpp Menggunakan Prinsip Efisien, Efektif, Dan Berorientasi Pada Murid 

Dalam hal ini berarti anda harus mempertimbangkan saat proses penyusunan rpp yang harus dibuat dengan menggunakan prinsip efektif, efisien dan berorientas pada murid. Disini murid menjadi acuan supaya anda dapat membuat rpp yang baik dan benar agar bisa diterapkan oleh anak didik dalam melakukan pembelajaran. 

- Rpp Dapat Dibuat Singkat 

Sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan oleh Kemendikbud, rpp sudah bisa dibuat secara singkat pada satu lembar atau satu halaman saja. 

Sebelumnya terdapat banyak sekali komponen yang mengharuskan pembuatan rpp dibuat dalam waktu belasan tahun. Untuk saat ini, anda sudah bisa menggunakannya secara efektif dan singkat, yakni satu lembar saja. 

- Tidak Ada Standar Baku Untuk Format Penulisan Rpp 

Dalam format penulisan rpp juga akan menguntungkan diri anda sendiri, dimana tidak ada ketentuan mengenai format penulisan. Biasanya format penulisan seringkali membuat para penyusun rpp kebingungan dan banyak mengalami kesalahan. 

Dengan memberikan kemudahan dalam penyusunan rpp menjadi acuan penting untuk para guru agar bisa membuatnya dengan mudah. 

- Format Lama Masih Bisa Digunakan 

Bagi anda yang ingin menggunakan format rpp lama pun masih bisa menggunakannya. Hal ini tidak akan mempengaruhi penyusunan rpp yang telah anda buat. Meski saat ini sudah menggunakan ketentuan rpp baru dalam penyusunan rpp, anda masih tetap bisa menggunakan format lama. 

Itulah beberapa informasi mengenai beberapa komponen penting yang harus ada dalam penyusunan rpp. Semoga informasi tersebut bermanfaat, terima kasih.