81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Jadwal Pendaftaran Bidikmisi 2017

Jadwal Pendaftaran Bidikmisi 2017 - Bagi kamu yang baru tamat SMA/SMK/MA dan ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, Pemerintah kembali membuka beasiswa bidikmisi pada tahun 2017 dengan syarat2 tertentu. Mari menilik sejarah progam bidikmisi berikut.

Program Bidikmisi merupakan salah satu program unggulan pemerintah yang pelaksanaannyasudah dimulai sejak tahun 2010, sampai dengan tahun 2016 ini tercatat lebih dari 352 ribu mahasiswa yang telah memperoleh Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi, dari jumlah tersebut sebanyak 87 ribu telah menyelesaikan pendidikannya. Jumlah peminat Program Bidikmisi menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun, untuk tahun 2016 tercatat sebanyak 416.428 pelamar tetapi hanya sekitar 75.000 saja yang bisa diakomodir karena keterbatasan anggaran pemerintah.

Secara umum pelaksanaan Program Bidikmisi telah berjalan dengan baik, sehingga mampu meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang kurang mampu secara ekonomi akan tetapi mempunyai potensi akademi yang baik. Secara prestasi para mahasiswa Bidikmisi juga menunjukkan kemampuan akademik yang luar biasa dengan capaian IPK lebih dari 51% mahasiswa Bidikmisi memperoleh IPK antara 3,0-3,5, dan lebih dari 31 % memperoleh IPK > 3.5, serta 0.6 % mempunyai IPK 4,0. Namun demikian disadari pula bahwa masih terdapat kekurangan disana sini terutama dalam hal pencairan pendanaan, masih banyak keluhan mengenai pencairan dana yang tidak tepat waktu, masih ditemukan yang tidak tepat sasaran, serta untuk perguruan tinggi di daerah tertentu jumlah kuotanya belum sesuai dengan kebutuhan. Hal ini tentu akan menjadi perhatian dimasa datang agar pelaksanaan Program Bidikmisi bisa lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Dengan diikutsertakan siswa yang baru tamat, sehingga diharapkan tercapainya Tujuan dari program bidikmisi yang sebagai berikut ini :
  1. Meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik;
  2. Memberi bantuan biaya pendidikan kepada calon /mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program Diploma/Sarjana sampai selesai dan tepat waktu;
  3. Meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler;
  4. Menimbulkan dampak iring bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain untuk selalu meningkatkan prestasi dan kompetif;
  5. Melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam
Adapun untuk jadwal bidikmisi / tanggal penting bidikmisi tahun ini yang sangat perlu kamu catat yaitu :

Jadwal Pendaftaran Bidikmisi 2017
Jadwal Pendaftaran Bidikmisi 2017
*klik gambar untuk memperbesar
sumber gambar: http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/site/page?view=jadwal-penting