81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Pendaftaran Jalur Mandiri Universitas Andalas 2017

Pendaftaran Jalur Mandiri Universitas Andalas 2017 - Universitas Andalas tergabung kedalam 16 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) wilayah barat yang menerima mahasiswa melalui jalur mandiri dengan nama Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN-Barat) 2017. Dalam pelaksanaan SMM PTN-Barat dipercaya sebagai Ketua Panitia yaitu Rektor Universitas Syiah Kuala Aceh (Unsyiah) Prof. Dr. Syamsul Rizal, M. Eng dengan Sekretaris yakni Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA. Baca juga : Info Pendaftaran Ujian Mandiri PTN Indonesia 2017
Pendaftaran Seleksi Jalur Mandiri Universitas Andalas 2017
“Program SMMPTN-Barat 2017 merupakan jalur seleksi Mandiri oleh masing-masing Perguruan Tinggi dengan teknis pelaksanaanya dilakukan secara bersama-sama seperti halnya dengan SBMPTN,”kata Biro Akademik dan Kemahasiswaan Syafwardi, SE, MPd Universitas Andalas saat ditemui diruang Kerjanya pada Kamis (18/5).
Lebih lanjut ia mengatakan SMMPTN adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak atau komputer atau kombinasi hasil ujian tertulis dengan ujian ketrampilan  yang dilakukan secara bersama-sama di bawah koordinasi panitia SMM PTN-Barat.

Adapun Universitas yang tergabung dalam 16 dalam SMM PTN-Barat 2017 adalah Unsyiah, Unand, Unja (Universitas Jambi), Unila (Universitas Lampung), Unib (Universitas Bengkulu), ISI (Institut Seni Indonesia) Padang Panjang, UPR (Universitas Palangkaraya), Unimal (Universitas Malikussaleh), Untirta (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa), Umrah (Universitas Maritim Raja Ali Haji), UBB (Universitas Bangka Belitung), UTU (Universitas Teuku Umar), UIN Raden Patah, ITERA (Institute Teknologi Sumatera), ISBI (Institute Seni dan Budaya ) Aceh, dan Unsam (Universitas Samudera).

Melalui program SMM PTN-Barat calon mahasiswa dapat memiliki opsi untuk memilih Program Studi (Prodi) dari perguruan tinggi lain sesuai dengan yang diminati seperti yang ditawarkan pada program SBMPTN,”ujarnya. 

Pendaftaran Seleksi Jalur Mandiri Universitas Andalas
*FotoInstagram BEMKMUNAND , klik gambar untuk memperbesar
Ia menambahkan walaupun termasuk dalam SMMPTN wilayah barat tetapi peserta terbuka untuk umum artinya calon mahasiswa tidak hanya berasal dari wilayah barat tetapi juga terbuka bagi calon mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.
Untuk pendaftarannya dilakukan secara online melalui website www.smmptnbarat.id proses pendaftaran diawali dengan pembayaran melalui bank yang ditetapkan untuk mendapatkan pin sebagai bukti pembayaran. Selanjutnya pengisian formulir pendaftaran ujian tertulis dan ketrampilan pada website tersebut dengan cara memasukkan nomor identitas yang terdiri dari gabungan (NISN) dengan tanggal lahir dan pin yang diperoleh pembayaran pada bank yang ditetapkan.
Khusus bagi peserta yang sudah mengikuti ujian SBMPTN diminta untuk memasukkan nomor tes SBMPTN 2017 pada kolom yang sudah disediakan.
Jadwal pendaftaran dimulai awal 1-30 Juni 2017, ujian tertulis (PBT) pada Sabtu (8/7) dan ujian ketrampilan 9-10 Juli dengan lokasi ujian ketrampilan dilakukan di PTN tempat ujian tulis apabila tidak tersedia maka dilakukan di PTN terdekat dengan biaya transportasi menjadi tangunggan peserta.
Pengumuman hasil ujian seleksi akan diumumkan pada (18/7) yang dapat di akses pada laman www.smmptnbarat.id

sumber artikel : http://unand.ac.id/id/berita-peristiwa/berita/item/1704-unand-smm-ptn-barat-2017.html