81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Buku Paket IPS Warna Warni Tempat Tinggalku Kelas 5

Cadiak.id - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat mengembangkan modul pembelajaran pendidikan kesetaraan dengan melibatkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemdikbud, para akademisi, pamong belajar, guru dan tutor pendidikan kesetaraan. Modul pendidikan kesetaraan disediakan mulai paket A tingkat kompetensi 2 (kelas 4 Paket A). Sedangkan untuk peserta didik Paket A usia sekolah, modul tingkat kompetensi 1 (Paket A setara SD kelas 1-3) menggunakan buku pelajaran Sekolah Dasar kelas 1-3, karena mereka masih memerlukan banyak bimbingan guru/tutor dan belum bisa belajar secara mandiri. Buku Paket IPS Warna Warni Tempat Tinggalku Kelas 5 ini tersedia PDF yang berarti dapat dibaca tanpa perlu di cetak ataupun di fotocopy, guru dan siswa dapat membaca buku ini cukup dari smartphone masing-masing.

Buku Paket IPS Warna Warni Tempat Tinggalku Kelas 5

Adapun dalam katalognya Buku Paket IPS Warna Warni Tempat Tinggalku Kelas 5 ini diterbitkan dengan rincian sebagai berikut:

  1. Penulis : Agus Wahyudi
  2. Nama Buku :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Paket A Setara SD/MI Kelas V Modul Tema 7 : Warna-warni Tempat Tinggalku
  3. Diterbitkan oleh : Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan KesetaraanDitjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018

Petunjuk Penggunaan Modul

Agar Warga Belajar memperoleh hasil belajar secara maksimal, dalam menggunakan modul ini, maka langkah-langkah yang perlu dilaksanakan antara lain:
  1. Bacalah dan pahami dengan seksama uraian-uraian materi yang ada pada masing- masing kegiatan belajar. Bila ada materi yang kurang jelas, warga belajar dapat bertanya pada tutor yang mengampu kegiatan belajar.
  2. Kerjakan setiap tugas atau soal latihan untuk mengetahui seberapa besar pemahaman yang telah dimiliki setiap materi yang dibahas dalam kegiatan belajar.
  3. Jika belum menguasai tingkatan materi yang diharapkan, ulangi kembali pada kegiatan belajar sebelumnya atau bertanyalah kepada tutor atau intruktur yang mengampu kegiatan pembelajaran yang bersangkutan.

Pengantar Modul:

Kita ketahui bahwa manusia tinggal di lingkungan yang beragam. Sebagian dari mereka tinggal di pegunungan dan sebagian lainnya tinggal di pantai yang datar atau di wilayah perbukitan. Keragaman tersebut memengaruhi kehidupan manusia. Manusia yang tinggal di pegunungan memiliki corak kehidupan yang berbeda dengan mereka yang tinggal di pantai. Demikian pula dengan orang yang tinggal di perbukitan dan lembah sungai. Masing-masing menyesuaian diri atau beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggalnya. 
Ketampakan alam yang ada di sekitar kita terdiri atas ketampakan alam yang ada di daratan dan perairan. Contoh Ketampakan alam yang ada di daratan adalah dataran tinggi, dataran rendah, pantai, tanjung, gunung, pegunungan, dan gunung. Sedangkan ketampakan alam yang ada di perairan adalah sungai, danau, selat dan laut.

Tujuan Penggunaan Modul

Setelah mempelajari modul ini diharapkan peserta didik dapat memiliki:
  1. Mampu memahami dan menganalisis bentuk rupa bumi 
  2. Mampu menyajikan hasil analisis dalam bentuk tabel dan menceritakan tentang bentuk- bentuk rupa bumi
  3. Mampu mengenal lokasi pemukiman penduduk di sekitarnya
  4. Mampu memahami sumber mata pencaharian penduduk
Bagi siswa dapat mendownload dan membaca Buku Paket IPS Warna Warni Tempat Tinggalku Kelas 5 melalui tautan dibawah ini:


Post a Comment

Post a Comment