81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Pemberitahuan KSN S Disdik Provinsi Pdf

Pada dasarnya, surat Pemberitahuan KSN S Disdik Provinsi Pdf bisa di unduh langsung pada laman resmi Kemdikbud. Akan tetapi, terkadang laman tersebut sangat sulit diakses. Pasalnya terlalu banyak orang yang mengakses secara langsung.

Pemberitahuan KSN S Disdik Provinsi Pdf
Nah berperan sebagai salah satu alternatif, disini kami akan berbagi file serupa yang bisa anda baca ataupun langsung di unduh. Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel ini hingga tuntas.

Apa yang dimaksid dengan Komptensi Sains Nasional (KSN)? Seperti yang kami rangkum dari Wikipedia, KSN merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains teruntuk bagi siswa SD, SP, dan SMA di seluruh Indonesia.

Sedangkan untuk sebelumnya, KSN lebih dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN). Akan tetapi, ada perubahan nama pada tahun 2020 pasca Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mendirikan Pusat Prestasi Nasional.

Dengan adanya KSN, diharap bisa mengantar peserta didik bisa mengusai ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahkan kompetisi ini juga merupakan bagian dari pemerataan prestasi serta memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter.

Selain berperan sebagai strategi guna meningkatkan mutu pendidikan. Tentu kompetisi sains ini juga memiliki posisi khusus pada beberapa ajang bergengsi di dunia internasional dalam hal penguasaan sains oleh para peserta didik.

Oleh karena itu, dengan dibentuknya sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang. Diharap mampu membangun ruang seluas-luasnya bagi pada peserta didik guna mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains.

Sedangkan untuk pencapaian prestasi maksimal, akan ditunjukkan dengan lahirnya para juara kompetisi sains yang mumpuni sekaligus berdaya saing tinggi dan siap berkompetisi dalam tingkat internasional.

Selain itu, hasil KSN juga akan menjadi bahan pertimbangan dalam proses seleksi peserta didik yang akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi sains internasional.

Bagi anda yang penasaran dengan Pemberitahuan KSN S Disdik Provinsi Pdf, berikut preview yang bisa dibaca lebih lanjut.


Lanjut terkait dengan penjelasan bidang sains yang dilombakan, setidaknya ada beberapa jenjang dan mata pelajaran yang diberlakukan. Info lebih lengkap bisa dilihat pada daftar berikut :

  • Untuk jenjang SD, bidang yang dilombakan ialah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  • Untuk jenjang SMP, bidang yang dilombakan ialah Matematika, IPA dan IPS
  • Untuk jenjang SMA, bidang yang dilombakan ialah Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Astronomi, Ekonomi, Komputer, Kebumian, dan Geografi.

Sedangkan untuk tahapan pelaksanaan, semua tergantung dengan jenjang seperti yang sudah kami sebutkan di atas.

Tahapan pelaksanaan KSN sendiri terdiri dari :

  • Tahapan seleksi tingkat sekolah dikenal dengan sebutan Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah (KSN-S)
  • Tahapan seleksi tingkat Kabupaten/Kota dikenal dengan sebutan Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K)
  • Tahapan seleksi tingkat provinsi dikenal dengan sebutan Kompetisi Sains tingkat Provinsi (KSN-P)
  • Tahapan seleksi tingkat nasional dikenal dengan sebutan Kompetisi Sains Nasional (KSN).

Demikianlah sedikit poin yang bisa kami jelaskan tentang KSN. Semoga bisa membantu!

Post a Comment

Post a Comment