81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Buku Akidah Akhlak Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU PDF

Cadiak.id - Kementerian Agama, Direktoran Pendidikan Islam saat ini telah berhasil merancang dan menerbitkan Buku Akidah Akhlak Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU PDF, buku ini diterbitkan dengan konstruksi Kurikulum 2013 yang diperbaharui terakhir tahun 2019. Buku ini terbagi atas 2 versi, yaitu versi siswa dan versi guru, namun saat ini yang baru kami dapatkan adalah versi untuk siswa-nya, adapun versi guru akan kami update kemudian. Buku ini tersedia PDF yang berarti dapat dibaca tanpa perlu di cetak ataupun di fotocopy, guru dan siswa dapat membaca buku ini cukup dari smartphone masing-masing.
Buku Akidah Akhlak Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU PDF

Adapun dalam katalognya Buku Akidah Akhlak Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU PDF ini diterbitkan dengan rincian sebagai berikut:
  1. Penulis : Hj. Muta'allimah, S.Ag, M.Si
  2. Editor : Dr. M. Fahmi Hidayatullah .M.Pd.I
  3. Penyelia Penerbitan : Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
  4. Cetakan Ke-1, 2019 Kementerian Agama Republik Indonesia
  5. Untuk MTs Kelas 9.
Adapun dalam Buku Akidah Akhlak Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU PDF ini diharapkan dapat tercapainya indikator pembelajaran sebagai berikut:
1.1.1. Menghayati kebenaran akan adanya hari akhir
1.1.2. Menyakini kebenaran akan adanya hari akhir
2.1.1. Mempraktikkan perilaku mawas diri dan tangung jawab sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
3.1.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
3.1.2. Menunjukkan dalil beriman kepada hari akhir
3.2.3. Menganalisis macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir
3.2.4. Mengidentifikasi tanda-tanda hari akhir
3.2.5. Mengidentifikasi perilaku beriman kepada hari akhir
4.1.1. Membaca dengan tartil dalil tentang alam gaib yang berhubungan dengan hariakhir
Melalui buku Buku Akidah Akhlak Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU PDF terdapat 6 pokok materi yang akan dipelajari yaitu sebagai berikut:
  1. BAB 1 : Iman Kepada Hari Akhir, dengan pembahasan lebih lanjut mengenai Pengertian Beriman kepada Hari Akhir, Dalil Beriman kepada Hari Akhir, Macam-Macam Alam Gaib yang Berhubungan dengan Hari Akhir, Tanda-Tanda Adanya Hari Akhir, dan Perilaku Beriman kepada Hari Akhir
  2. BAB 2 : Akhlak Terpuji Kepada Diri Sendiri, yang meliputi Berilmu, Kerja Keras, Kreatif, Produktif, dan Inovatif
  3. BAB 3 : Adab Kepada Saudara, Teman, dan Tetangga, yang meliputi pembahasan terkait Dalil Perintah Beradab kepada Saudara, Teman, dan Tetangga, Bentuk/ Ciri-Ciri Adab Islami kepada Saudara, Teman, dan Tetangga, Cara-cara Membiasakan Diri Beradab Islami kepada Saudara, Teman, dan Tetangga, Contoh Adab Islami kepada Saudara, Teman, dan Tetangga, dan Hikmah Beradab Islami kepada Saudara, Teman, dan Tetangga.
  4. BAB 4 : Kisah Keteladanan Sahabat Umar Bin Khattab dan Sayyidah Aisyah r.a., yang meliputi Kisah Keteladanan Sahabat Umar Bin Khattab, Kisah Keteladanan Sayyidah Aisyah r.a, Cara-cara meneladani Sahabat Umar Bin Khattab dan Sayyidah Aisyah r.a., Hikmah meneladani Sahabat Umar Bin Khattab dan Sayyidah Aisyah r.a., dan Perilaku yang Sesuai Kisah Keteladanan Sahabat Umar Bin Khattab dan Sayyidah Aisyah r.a.
  5. BAB 5 : Qadha’ dan Qadar, meliputi pembahasan tentang Pengertian Qadha’ dan Qadar, Dalil tentang Qadha’ dan Qadar, Macam-Macam Qadha dan Qadar (Takdir), Contoh-Contoh Qadha’ dan Qadar dalam Fenomena Kehidupan, dan Perilaku yang Mencerminkan Beriman kepada Qadha’ dan Qadar
  6. BAB 6 : Menghindari Perilaku Menyimpang dalam Pergaulan Remaja, dengan pembahasan tentang Pengertian dan Ciri-Ciri Remaja, Adab Pergaulan Remaja Menurut Islam, Contoh-Contoh Perilaku Menyimpang yang Harus Dihindari, Dampak Negatif Perilaku Menyimpang dalam Pergaulan Remaja, dan Hikmah akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
  7. BAB 7 : Adab Berjalan, Berpakaian, Makan dan Minum, dengan bahasan mengenai Pentingnya Menjaga Adab Berjalan, Berpakaian, Makan dan Minum, Dalil Perintah Menjaga Adab Berjalan, Berpakaian, Makan dan Minum, Adab Berjalan Menurut Islam, Adab Berpakaian Menurut Islam, Adab Makan dan Minum Menurut Islam. dan Hikmah beradab islami terhadap lingkungan (hewan dan tumbuhan)
  8. BAB 8 : Kisah Keteladanan Sahabat Usman Bin Affan r.a. dan Sahabat Ali Bin Abi Thalib karamallahu wajhah
Bagi siswa dapat mendownload dan membaca Buku Akidah Akhlak Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 Revisi 2019 TERBARU PDF melalui tautan dibawah ini: