Panduan Singkat Penggunaan E-Rapor SMA Versi 2018-E - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

3/29/2021

Panduan Singkat Penggunaan E-Rapor SMA Versi 2018-E

Seperti yang kita ketahui Panduan Singkat Penggunaan E-Rapor SMA Versi 2018-E ini sudah banyak beredar di internet. Akan tetapi, tidak semuanya memberikan penjelasan secara rinci terkait isi faile di dalamnya.

Panduan Singkat Penggunaan E-Rapor SMA Versi 2018-E
Nah, guna melengkapi beberapa postingan kami sebelumnya terkait dengan E-Rapor, maka disini kami akan memberikan ulasan yang lebih lengkap. Sehingga anda tidak harus mencari ulang poin serupa mengenai panduan yang dimaksud.

Sedikit berbeda dengan versi sebelumnya, V 2018-E ini mengalami beberapa perbaikan. Seperti halnya alamat siswa yang menggabungkan alamat, desa, kecamatan, dan juga kabupaten.

Sedangkan untuk beberapa poin yang lain mencakup perbaikan input KRS oleh siswa, pebaikan hasil cetak leger, hasil cetak khs, download format nilai, hitung kenaikan, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa perbaikan yang ada pada versi 2018-E sudah dijelaskan secara rinci dalam file pdf yang akan kami lampirkan dibawah ini.

Jika anda memang penasaran dengan rincian yang dimaksud, maka langsung saja simak preview berikut. Lampiran ini bisa anda baca ataupun langsung di unduh pada perangkat masing-masing.


Seperti yang sudah kita lihat bersama, selain penjelasan terkait perubahan atau perbaikan. Dipaparkan juga tentang syarat berjalannya sistem.

Hal ini membahas tentang syarat teknis server dan juga langkah persiapan agar proses instalasi berjalan lancar. Terlepas dari itu, adapula pemaparan tentang konfigurasi jaringan E-Rapor.

Proses instalasi sendiri terbilang sangat sederhana. Pasalnya aplikasi bisa di unduh di laman http://gerbangkurikulum.psma.kemdikbud.go.id

Sedangkan untuk informasi tambahan terkait dengan instalasi, anda bisa menginstall aplikasi ini dengan hak administrator (run as administrator). Selanjutnya lakukan instalasi rapor versi terbaru.

Teruntuk pengguna aplikasi E-Rapor versi 2018.d.1, maka bisa langsung install updater versi 2018.e
Sedangkan untuk pengguna baru, pertama harus install e-rapor versi 2018.d.1 kemudian install updater versi 2018.e

Disini kami tidak akan memberikan penjelasan secara rinci terkait isi atau angkah-langkah yang ada di dalam tutorial atau preview di atas. Sebab anda bisa secara langsung membacanya dalam preview.

Akan tetapi, kami akan memaparkan alur kerja aplikasi e-rapor oleh Admin. Yang intinya, tugas admin mencakup :

  • Melakukan instalasi (pemasangan) e-Rapor ke dalam server serta sinkronisasi data ke dapodik
  • Mengedit profil sekolah dan memberikan hak akses kepada user dalam hal ini ialah guru mata pelajaran, wali kelas, guru bimbingan dan konseling, sekaligus peseta didik, kelapa sekolah, dan orang tua siswa.
  • Mensosialisasikan e-Rapor dengan membagikan username dan password pada yang bersangkutan.
  • Meringkas nama mata pelajaran dan memetakannya sesuai urutan.
  • Menyesuaikan data muatan lokal, serta menginput kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran.
  • Menginput data tanggal rapor, mencetak rapor, dan mengirim nilai ke dapodik.
  • Melakukan backup data dan restore data.
  • Menginput nilai US/USBN khusus untuk kelas XII
  • Mengaktifkan serta meninaktifkan input nilai oleh guru pada semester berjalan.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum. Semoga bisa membantu!




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done