Cara Download Rapor Mutu PMP 2019

Cara Download Rapor Mutu PMP 2019
Add captionCara Download Rapor Mutu PMP 2019 


Rapor mutu merupakan suatu data hasil proses pengolahan data yang dlakukan oleh pusat data dan statistik kebudayaan. Dengan adanya rapor mutu ini akan membantu setiap layanan pendidikan untuk meningkatkan jaminan mutu pendidikan di Indonesia. 

Beberapa diantaranya seperti perencanaan pendidikan, kualitas control, dan lain sebagainya secara baik sesuai dengan standar. 

Adapun lembaga yang mengeluarkan rapor mutu pendidikan atau yang dikenal dengan LPMP yang menerbitkannya setiap setahun sekali. 

Pendataan yang dilakukan secara berkala tersebut dilakukan oleh semua dinas pendidikan provinsi. Sehingga semua data dan aspek mutu pendidikan dapat dilaporkan secara efektif. 

Bukan itu saja, data yang dilaporkan juga lebih transparan dan terbuka tuntuk umum. Selain LPMP, BSNP juga memiliki peran penting dalam pengeluaran rapor setiap lima tahun sekali. Laporan tersebut akan menjabarkan secara elas mengenai mutu pendidikan dan bisa dimanfaatkan untuk proses akreditasi sekolah. 

Dalam pendataannya yang transparan tersebut bisa diketahui oleh semua pihak tanpa ada yang ditutup-tutupi. Dengan begitu proses peningkatan mutu pendidikan akan menjadi lebih baik lagi kedepannya. 

Standar Nasional pendidikan memiliki kebutuhan untuk mengetahui apakah mutu pendidikan sudah tercapai atau belum. Dimana materi di dalamnya mencakup tingkat kompetens untuk mencapai sebuah standar minimal pada setiap jenjang pendidikan. Sedangkan yang bagian selanjutnya merupakan standar proses, yaitu meliputi bagian pelaksanaan proses pembelajaran yang kratif dan sesuai dengan bakat dan juga minat. 

Pada standar pendidikan dan tenaga, para pendidik harus memiliki kualifikasi akademik yang sesuai untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional itu sendiri menjadi lebih baik kedepannya. 


Cara Download Rapor Mutu PMP 2019 


Rapor mutu di tahun 2019 tentu sudah dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Namun terdapat kurang lebih 33% sssekolah yang belum memiliki rapor mutu karena data tidak dapat diolah dan sekolah yang belum mengirimkan data sekitar 12%. 

Hal ini diharapkan bagi Dinas Pendidikan dan juga Pengawas sekolah mampu melakukan identifikasi permasalahan yang terjadi. 

Selain itu, layanan teknis dan juga pemantauan progress pengiriman data juga harus dilihat secara seksama bagi sekolah yang belum memiliki rapor mutu. 

Bagi sekolah yang tidak memiliki rapor mutu masih diberkan kesempatan untuk mengirimkan data EDS 2019 menggunakan aplikasi EDS versi 2020.08.17. Pengiriman ulang tersebut diberikan batas hingga 1 Oktober 2020. 

Bagi dari piha sekolah yang sudah mengnstaaal versi sebelumnya dapat menggunakan Patch, sedangkan yang belum melakukan pengisian sama sekali atau telah melakukan unistttall EDS harus menggunakan installer. 

Untuk anda yang belum memiliki file rapor mutu PMP 2019 bisa mengunduhnya dengan mengikuti beberapa langkah sebagai berikut! 

  • Kunjungi terlebih dahulu situs halaman resmi dengan menuju Link Login Download Rapor Mutu PMP 2019, yakni rapormutu.pmp.kemdikbud.go.id. 
  • Login dengan menggunakan NPSN dan password yang diisi dengan kode registrasi dapodik. 
  • Centang bagian kotak kecil yang beruliskan “saya bukan robot” 
  • Lalu klik tombol unduh excel. 

Setelah itu, anda sudah mengunduh rapor mutu 2019 dengan baik dan benar. Sangat mudah untuk mendownload rapor mutu 2019, anda bisa mengikuti beberapa cara di atas dengan baik dan benar. 

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengunduh mutu rapor 2019. Apabila anda ingin mengunduhnya, anda tinggal mengikuti beberapa tips di atas supaya berhasil. 

Melalui mutu rapor tersebut akan lebih efektif melihat hasil data proses pengolahan yang telah dilakukan oleh pusat data dan statistik kebudayaan.