Cara Membuat Akun PTK di Aplikasi Dapodik 2021

Cara Membuat Akun PTK di Aplikasi Dapodik 2021
Cara Membuat Akun PTK di Aplikasi Dapodik 2021 


Embuat akun PTK melalui aplikasi Dapodik sangat penting. Sebagai seorang operator dapodik, maka anda harus sering membaca dan belajar tentang cara mengerjakan aplikasi dapodik. 

Anda bisa belajar dengan mudah melalui media internet, ada banyak sekali informasi yang bisa anda dapatkan melalui internet. Berbagai macam informasi seputar dapodik bisa anda lihat secara seksama di internet. 

Bagi para guru dan juga operator di sekolahan harus bisa menggunakan aplikasi dapodik karena sangat penting. Dengan menggunakan dapodik akan membantu anda dalam pekerjaan yang dilakukan di sekolah. 

Anda bisa mempelajarinya dimanapun anda berada dan tidak perlu membuang waktu untuk mengikuti kursus melainkan hanya dengan bermodalkan HP atau laptop. Cukup dengan kuota internet saja anda sudah bisa menerapkannya secara efektif. 

Bagi anda yang belum memiliki akun PTK pastinya harus membuatnya terlebih dahulu. Dalam membuat akun ini seringkali menjadi pertanyaan besar karena banyak para guru dan pihak sekolah lainnya yang belum memahami akan hal ini. 

Tahun demi tahun dalam penggunaan aplikasi dapodik terus saja ada perubahan yang terjadi, jika anda tidak memahaminya pasti akan tertinggal. 

Seperti yang anda ketahui sendiri, saat ini pada plikasi dapodik versi terbaru dalam melakukan perubahan data guru ataupun data kepala sekolah dan data pegawai lainnya sudah tidak lagi dapat dilakukan. 

Untuk melakukan peubahan data perlu menggunakan akun masing-masing yang dimiliki oleh para guru. Bila anda tidak memilikinya, maka anda tidak akan bisa mengubahnya. 

Cara Membuat Akun PTK 

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara membuat akun PTK melalui aplikasi dapodik tidak usah khawatir. Perlu anda ketahui bahwa dapodik versi terbaru ini dalam membuat akun PTK sudah tidak bisa lagi diliha di alam aplikasi dapodik karena menu untuk melihat atau mengganti sudah dialihkan ke alamat tersendiri. 

Berikut ini beberapa penjelasan mengenai cara mudah membuat akun PTK di dalam aplikasi Dapodik tahun 2021: 

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengunjung website resmi dapodik, yaitu https://sp.datadik.kemdikbud.go.id
  • Setelah itu, anda klik saja yang bertuliskan login menggunakan SSO. 
  • Bila sudah, maka langkah selanjutnya adalah mengisi username dan juga password dalam menggunakan akun dapodik dan selanjutnya klik masuk. 
  • Setelah itu, klik langsung menu akun dan untuk membuat akun baru bisa memilih akun baru. 
  • Setelah itu anda akan membuat akun PTK dan anda bisa mengisinya di kolom yang sudah disediakan. Pada kolom jenis akun pastikan anda pilih PTK, kemudian pada kolom nama silahkan pilis sesuai dengan daftar nama yang ditampilkan dan pilih kolom username. Masukan email yang masih aktif digunakan yang dimiliki oleh PTK dan juga password yang digunakan. Untuk password pastikan anda harus mengingatnya untuk login. 
  • Bila sudah, maka langkash yang sleanjutnya adalah mengeklik menu simpan yang terdapat di bagian bawah. 
  • Jangan lupa untuk melakukan verivikasi akun agar dapat digunakan untuk mengecek info GTK. 
  • Akun PTK sudah siap digunakan 
Demkian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara membuat akun PTK melalui aplikasi dapodik terbaru 2021. 

Anda bisa mengikuti beberapa tips di atas supaya berhasil. Bila anda sudah membuat akun, anda bisa mencoba login untuk mengecek apakah sudah dapat digunakan atau belum. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.