Pentingnya Peran Orang Tua Mendampingi Anak Ketika PJJ

Pentingnya Peran Orang Tua Mendampingi Anak Ketika PJJ


Pembelajaran jarak jauh sekarang sudah diterapkan oleh setiap sekolah yang ada di Indonesia. Penerapan PJJ ini menjadi salah satu antisipasi terhadap virus Covid-19 supaya tidak terjadi penyebaran yang terus menerus. 

Melihat itu, para siswa dapat melakukan pembelajaran di setiap rumah masing-masing mengikuti anjuran yang diperintahkan oleh pihak sekolah. Anda akan tetap mendapatkan pembelajaran selayaknya di sekolahan. Hanya saja anda tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan guru anda. Disini anda bisa menggunakan media smartphone ataupun laptop untuk belajar jarak jauh. 

Meski belajar di rumah, siswa tidak bisa mengabaikan pembelajaran begitu saja meski tidak diawasi oleh guru secara langsung. Para siswa harus tetap mengikuit protokol yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah. 

Bagaimana Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anaknya Saat PJJ? 


Sebagai orang tua, anda juga harus berpikir lebih cerdas dan inovativ supaya anaknya tidak mengabaikan pembelajaran yang diberikan oleh gurunya. Ada banyak hal yang bisa orang tua lakukan untuk mendampingi anaknya saat pembelajaran jarak jauh yang dilakukan. 

Berikut ini beberapa peran orang tua yang dapat dilakukan untuk mendampingi anaknya saat PJJ! 

- Mengawasi Anak Saat Jam Pelajaran 

Ketika siswa belajar jarak jauh dari rumah masing-masing, para siswa juga akan mengikuti pembelajaran secara langsung yang akan disampaikan oleh guru mata pelajaran saat proses pembelajaran sudah dilaksanakan. Para siswa harus mengikuti pembelajaran sampai selesai dengan menggunakan seragam sekolah saat pembelajaran. 

Sebagai orang tua, anda bisa mengawasinya ketika anak anda sedang bersekolah secara online saat menggunakan smartphone untuk berkomunikasi dengan guru anda supaya tidak mengabaikannya. Biasanya siswa yang tidak diawasi akan meninggalkan pelajaran baik itu karena malas, mengantuk atau hal lainnya. Sangat penting peran orang tua untuk memberikan pengawasan ketika proses pembelajaran sedang berlangsung. 

- Mengecek Tugas Apakah Sudah Dibuat Atau Belum 

Biasanya setelah pembelajaran selesai, para guru akan memberikan sebuah tugas yang harus dikerjakan oleh para siswa. Tugas tersebut menyesuaikan dengan mata pelajaran yang sudah disampaikan. Tugas tersebut nantinya dikirim secara online dan akan dikembalikan oleh anda secara online menggunakan aplikasi yang sudah ditentukan dari pihak sekolah. 

Sebagai orang tua juga harus melakukan pengawasan terhadap tugas yang diberikan oleh guru agar anaknya dapat mengerjakan secara maksimal. Awasi anak anda ketika di rumah untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh gurunya. Dengan cara ini, anak anda tidak akan menjadi malas dalam menjalankan sistem pembelajaran jarak jauh yang dilakukan. Tugas yang diberikan oleh guru pun akan dikerjakan dengan baik dan benar. 

- Membatasi Penggunaan Smartphone Untuk Anak 

Smartphone menjadi salah satu media yang harus digunakan oleh para siswa ketika pembelajaran jarak jauh berlangsung. Hal dikarenakan hampir setiap siswa memiliki smartphone yang dapat digunakan untuk media pembelajaran secara online. 

Anda sebagai orang tua juga dapat melakukan pembatasan terhadap penggunaan smartphone untuk anak anda. Berikan saja penggunaan smartphone ketika belajar online sedang berlangsung. Ketika pembelajaran sudah selesai, anda bisa mengambilnya kembali. 

Hal ini bertujuan agar smartphone tersebut tidak disalahgunakan oleh anak anda. Banyak dari mereka yang menggunakan smartphone untuk hal lain seperti bermain game, youtube, chating yang tidak jelas, dan lain sebagainya. Hal ini tentu tidak akan efektif pastinya. 

- Memberikan Kebutuhan Kuota Internet Atau Pulsa 

Peran orang tua yang efektif selanjutnya adalah memenuhi kebutuhan anaknya disaat pembelajaran online. Menggunakan smartphone tanpa adanya kuota dan pulsa tentu tidak akan bisa dijalankan dengan baik. 

Anda harus memberikan kuota sebagai modal pembelajaran jarak jauh agar bisa mengunduh tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Selain kuota, pulsa juga cukup efektif diberikan karena anda bisa membeli kuota dengan pulsa. Berikan kuota internet atau pulsa sesuai dengan kebutuhan pembelajaran jarak jauh selama berlangsung. Dengan begitu, siswa akan dapat belajar secara efektif karena peran orang tua memenuhi. 

Itulah beberapa peran penting yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam mendampingi anaknya ketika PJJ. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.