Dampak Positif dan Negatif Jika Tidak Ada Ujian Nasional dan UNBK

Dampak Positif dan Negatif Jika Tidak Ada Ujian Nasional dan UNBK



Ujian Nasional menjadi salah satu faktor penentu nilai kelulusan bagi tingat SD, SMP ataupun SMA. Ketika sudah memasuki masa-masa akhir, para siswa akan menghadapi Ujian Nasional yang nantinya. 

Namun sebelum itu harus melewati beberapa tahap untuk pembelajaran yang dilakukan dari awal sampai memasuki tahap Ujian Nasional. 

Meski begitu, ada yang mengatakan bahwasanya UNBK akan ditiadakan untuk kedepannya. Dimana nilai kelulusan bisa diambil dari berbagai macam nilai lainnya yang telah dilakukan oleh para siswa. Pernyataan tersebut menimbulkan dampak yang cukup besar bagi masyarakat bilamana UNBK dihapus atau ditiadakan. 

Adapun dampak positif dan negatif yang bisa didapatkan bilaman Ujian Nasionan dan UNBK ditiadakan seperti berikut! 

Dampak Positif Penghapusan Ujian Nasional 


- Beban Psikologis Siswa Berkurang 

Dampak positif dengan dihapusnya UNBK dan Ujian Nasional salah satunya adalah beban psikologis siswa berkurang. Dengan ini siswa tidak terlalu terbebani untuk melajar yang melebihi proporsinya. Ketika Ujian Nasional akan segera berlangsung, para siswa biasanya akan dituntut untuk belajar ekstra supaya bisa mendapatkan nilai yang baik. 

Siswa juga harus mengorbankan urgent untuk belajar dan hanya belajar demi target lulus Ujian Nasional saja. Hal seperti itu tentu akan kurang efektif bila diterapkan secara terus menerus. Frekuenzi dalam belajar cenderung akan membuat pelajaran menjadi sulit untuk dipahami. 

- Menghadirkan Rasa Keadilan Siswa di Indonesia 

Mengapa penghapusan UNBK dan UN bisa menghadirkan rasa keadailan bagi siswa di Indonesia? Hal ini dikarenakan nilai yang didapatkan dari hasil Ujian Nasional menjadi acuan bagi para siswa yang membuatnya tidak adil antara satu sama lain. Mereka akan saling bersaing satu sama lain hanya untuk memperebutkan nilai tertinggi. 

Akan lebih efektif jika semua siswa mendapatkan nilai yang sama-sama tinggi. Antara satu sama lain saling membantu untuk bisa mewujudkan impiannya agar bisa mendapatkan nilai yang maksimal. 

Selain itu, fasilitas dari masing-masing sekolah juga berbeda yang memungkinkan tingkat pemahamannya menjadi pembeda. 

- Meminimalisir Pemahaman Yang Keliru Tentang Makna Belajar 

Dampak positif yang bisa didapatkan selanjutnya adalah meminimalisir pemahaman yang keliru tentang makna belajar. Terkadang siswa, orang tua dan juga masyarakat mengukur kemampuan anaknya berdasarkan prestasi akademik yang diraihnya. Biasanya mereka menyebutkannya dari hasil nilai yang didapatkan. 

Pamahaman seperti ini yang menjadi kekeliruan masyarakat setempat mengenai sistem pembelajaran yang diterapkan. Acuan tersebut juga menjadikan anaknya untuk layak melanjutkan pendidikannya atau tidak. 

Dampak Negatif Penghapusan Ujian Nasional 


- Motivasi Siswa Belajar Berkurang 

Dampak negatif dari tidak adanya ujian nasional yang bisa didapatkan salah satunya adalah motivais belajar siswa yang semakin berkurang. 

Ujian nasional yang selama ini dilakukan justru berefek pada meningkatnya semangat belajar siswa karena memiliki target untuk lulus sekolah. Sehingga menjadikan mereka untuk terus semangat dalam belajar. 

Seperti yang anda ketahui sendiri mengenai mental siswa yang kadang butuh paksaan agar bisa berprestasi. Bila tidak dipaksa, banyak anak-anak yag merasa minder dan juga ragu akan apa yang dilakukan kedepannya. 

- Siswa Akan Menjadi Acuh Tak Acuh Untuk Belajar 

Apabila tidak ada ujian nasional juga dapat mengakibatkan siswa menjadi acuh tak acuh dalam belajar. Saat pelaksanaan kebijakan ujian nasional pun masih ada siswa yang malas belajar dan menganggap belajar sebagai hal yang tidak penting apalagi jika tidak penting jika ujian dihapus. 

- Anak-Anak Akan Sulit Mengetahui Potensi Dirinya 

Dampak negatif yang bisa terjadi bagi para siswa selanjutnya adalah menjadikan anak-anakn akan sulit mengetahui potensi yang dimiliki dirinya sendiri. Dengan adanya UN sebenarnya untuk mengetahui kemampuan para siswa dalam skala nasional yang menjadi tolak ukur untuk kemampuan dirinya. 

Dengan melalui hasil UN yang didapatkan, siswa akan memahami dan mampu mengetahui potensi yang ada pada dirinya sendiri. Ketika UN dihapus, siswa ustru akan kesulitan mematakan kemampuan pada dirinya sendiri dalam menentukan pilihan di tingkat pendidikan yang dilakukannya. 

Itulah beberapa dampai positif dan negatif mengenai penghapusan UN dan UNBK bila ditiadakan. Bagaimana pendapat anda akan hal ini?