Daftar Aplikasi Tatap Muka Virtual Yang Paling Hemat Kuota

Daftar Aplikasi Tatap Muka Virtual Yang Paling Hemat Kuota



Penggunaan aplikasi untuk sistem pembelajaran jarak jauh sekarang sudah diterapkan oleh para siswa. Mereka menggunakan aplikasi virtual tatap muka untuk bisa saling berinteraksi dan komunikasi antara guru dengan murid dan juga teman dengan teman. 

Dengan adanya aplikasi virtual tatap muka akan sangat membantu proses pembelajaran yang dilakukan. 

Berbagai macam hal bisa dilakukan oleh guru dan juga muridnya seperti bertanya, memberikan tugas, menerangkan materi, dan lain sebagainya. 

Sangat penting bagi anda untuk menggunakan aplikasi tatap muka virtual supaya dapat menjalankan pembelajaran secara efektif. 

Adapun beberapa aplikasi tatap muka virtual yang bisa anda gunakan seperti berikut! 

Google Classroom 

Salah satu aplikasi tatap muka virtual yang cukup populer digunakan oleh para guru dan siswa adalah Google Classroom. Aplikasi yang satu ini memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan aplikasi lainnya, dimana anda bisa melakukan tatap muka dengan banyak orang sekaligus supaya bisa melakukan proses pembelajaran secara efektif. 

Aplikasi yang satu ini merupakan buatan Google yang merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia. Google juga peduli terhadap dunia pendidikan di dunia dengan meluncurkannya aplikasi Google Classroom yang dapat digunakan secara efektif. 

Para guru juga dapat melakukan banyak hal seperti memberikan tugas, menilai tugas, dan lain sebagainya. Nilainya pun langsung dapat diberikan langsung oleh guru anda melalui aplikasi tersebut. Siapapun yang menggunakan aplikasi Google Classroom akan sangat mudah pastinya. 

ClassDojo 

ClassDojo merupakan salah satu aplikasi tatap muka virtual yang cukup efektif untuk digunakan. Aplikasi yang satu ini menjadi salah satu media pembelajaran yang menyenangkan agar para siswa dapat belajar dengan giat. Salah satu keunikan yang ada di dalam aplikasi ini adalah terdapat avatar-avatar berupa monster lucu untuk setiap murid yang berada di dalam satu kelas virtual ClassDojo tersebut. 

Orang tua juga dapat bergabung ke dalam kelas untuk memberikan pengawasan bagi anak didiknya. Khususnya untuk anak-anak yang masih SD yang membutuhkan pengawasan khusus dari kedua orang tua mereka. Guru dapat melakukan interaksi terhadap siswanya untuk bisa memberikan saran agar siswa dapat belajar lebih baik lagi. 

Aplikasi yang satu ini tidak membutuhkan biaya sepeserpun untuk menggunakannya. Anda bisa menggunakan aplikasi ClassDojo secara efektif dan efisien untuk guru, orang tua dan juga murid. 

Edmodo 

Apakah anda sedang mencari aplikasi tatap muka virtual yang hemat kuota? Edmodo menjadi salah satu jenis aplikasi yang sangat cocok untuk anda gunakan. Aplikasi yang satu ini memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan jenis aplikasi tatap muka virtual lainnya. Aplikasi Edmodo memiliki fitur yang sangat lengkap dan menjadikan para siswa dapat belajar dengan mudah pastinya. 

Selain digunakan oleh murid, aplikasi yang satu ini juga dapat digunakan oleh orang tua wali murid. Edmodo dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang cukup efektif tanpa menggunakan kertas sama sekali. Guru dapat memberikan tugas dan siswa dapat mengerjakan tugas secara langsung di aplikasi yang satu ini. Sementara orang tua wali murid bisa melakukan pengawasan terhadap anaknya yang sedang belajar secara online. 

Adanya raport virtual menjadikan salah satu keunggulan dari aplikasi yang satu ini. Dimana fitur tersebut selayaknya raport sungguhan yang di dalamnya berisikan nilai-nilai yang telah diperoleh oleh para siswa.

Google Meet 

Aplikasi yang dapat digunakan untuk tatap muka virtual selanjutnya adalah Google Meet. Aplikasi yang satu ini memiliki kelebihan tersendiri dimana fitur yang ada di dalamnya sangat lengkap dan juga mudah digunakan oleh para siswa ataupun guru untuk melakukan tatap muka virtual secara langsung. 

Anda bisa menggunakan aplikasi ini di smartphone, dimana anda bisa bertatap muka dengan guru dalam jumlah yang banyak. Google Meet mampu melakukan tatap muka virtual hingga 250 peserta. Hal ini tentu akan memudahkan para siswa dan juga guru dalam sistem pembelajaran online yang sedang diterapkan saat ini. 

Dari berbagai macam aplikasi tatap muka virtual yang sudah berlangsung. Anda bisa menggunakan salah satu aplikasi virtual tersebut sesuai keinginan anda sendiri.