Contoh Soal Tes SKB CPNS 2020

Contoh Soal Tes SKB CPNS 2020



Seleksi Kompetensi Bidang CPNS 2020 akan segera diberlangsungkan, yakni pada tanggal 1 – 12 September 2020. Para peserta akan bersaing antara satu sama lain untuk mengikuti seleksi kompetensi bidang CPNS 2020. Setiap peserta juga harus mempersiapkan skill dan kemampuannya untuk bisa melaksanakan seleksi tersebut dengan baik dan benar. 

Salah satu latihan yang harus diperbanyak adalah latihan soal-soal tentang materi yang akan diujikan untuk penyeleksian CPNS. Terdapat dua hal penting yang harus dipahami, yakni Seleksi Kompetensi Bidang dan Seleksi Kompetensi Dasar. Salah satu yang paling mengacu adalah SKB yang harus anda persiapkan diri supaya lolos seleksi tes SKB CPNS 2020. 

Untuk bisa lolos seleksi pun tidak semudah yang dibayangkan. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan persyratan yang sudah menjadi ketentuan. Bilamana persyaratan tidak memenuhi kriteria diri anda, maka anda tidak bisa mengikuti seleksi tes dengan baik. 

Ada ratusan ribu orang yang bersaing dengan anda untuk bisa lolos seleksi tes SKB CPNS di tahun 2020 ini. Persiapan yang matang tentu harus anda lakukan agra bisa lolos seleksi tes tersebut. Persiapan yang sangat penting adalah belajar mengenai tes yang akan diujikan nantinya. 

Contoh Soal Tes SKB 

Soal tes SKB mengacu pada bidang yang dipilih oleh masing-masing guru, dimana mereka akan diberikan soal seputar bidangnya masing-masing. Seperti halnya anda memilih bidang tentang keagaman karena ingin menjadi guru Agama. Maka anda harus berlatih banyak soal-soal tentang keagamaan supaya bisa lolos seleksi kompetensi bidang. Begitu juga dengan bidang lainnya yang harus anda pahami agar bisa lolos seleksi kompetensi bidang yang diujikan. 

Berikut ini beberapa contoh soal tes Agama Islam: 


1. Orang yang tidak menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidupnya dan selalu berbuat kejahatan termasuk orang yang… 

a. Durhaka Kepada Allah 

b. Durhaka Kepada Diri Sendiri 

c. Durhaka Kepada Orang Lain 

d. Durhaka Kepada Teman Sendiri 

e. Durhaka Kepara Orang Tua dan Kepada Setan 


2. Perbuatan yang seimbang antara kebaikan dan kejahatan disebut … 

a. Zalimun linafsihi 

b. Muqtasid 

c. Mujtahid 

d. Sabiqum bil khairat 

e. Mujahanam 


3. Tidak semua usaha yang dilakukan bisa memberikan hasil, terkadang ada kegagalan yang terjadi. Meski demikian, kita harus tetap berprasangka baik sekalipun mengalami kegagalan. Berikut ini yang merupakan sikap terbaik sesuai dengan kalimat di atas adalah… 

a. Orang lainlah yang menyebabkan kegagalan 

b. Kegagalan terjadi karena usaha belum maksimal 

c. Menganggap adanya orang lain yang tidak senang 

d. Menganggap ada orang lain yang menggantikannya 

e. Berpendapat bahwa sistem menyebabkan kegagalan 


4. Allah akan memberikan balasan orang yang mau memberi kelapangan tempat bagi orang lain dengan … 

a. Pahala yang setimpal 

b. Melapangkan rezeki 

c. Melapangkan kuburnya 

d. Memberi kelapangan untuknya pada hari kiamat 

e. Melapangkan pekerjaannya 


5. Arti dari Fastabiqul khairat adalah… 

a. Berlomba-lomba dalam kebaikan 

b. Berlomba-lomba dalam kejahatan 

c. Berani bersikap optimis 

d. Pengampunan dan kebajikan 

e. Berani mengambil resiko 

Itulah beberapa contoh soal SKB di bidang keagamaan, bentuk soal seperti itu berarti ditujukan untuk para peserta SKB CPNS yang akan melamar di bidang keagamaan. Begitu juga dengan bidang lainnya seperti bidang Pertahanan, bidang Kesehatan, dan lain sebagainya. Anda harus dapat memahaminya sebaik mungkin supaya bisa lolos seleksi kompetensi bidang yang dijalankan. 

Untuk belajar latihan soal SKB, anda juga dapat mencari informasinya di internet ataupun youtube. Ada banyak sekali orang yang memberikan ilmu gratis kepada para peserta CPNS 2020 ini agar bisa lolos. Cari sumber referensi sebanyak-banyaknya agar anda mendapatkan banyak pengetahuan supaya apa yang dipelajari keluar di soal saat tes nantinya. 

Selain itu, anda juga bisa bertanya kepada orang-orang yang sudah pernah mengikuti seleksi kompetensi bidang tahun sebelumnya. Biasanya soalnya tidak jauh berbeda, disini anda tidak akan bingung dalam melakukan pembelajaran yang dilakukan. 

Demikian beberapa contoh soal SKB CPNS 2020 yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat terima kasih.