Jadwal Tes SKB CPNS 2020 di Berbagai Daerah Indonesia

Jadwal Tes SKB CPNS 2020 di Berbagai Daerah Indonesia



Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menjadi perihal penting bagi para peserta CPNS di tahun 2020 ini. Kurang lebih ada sekitar 300 ribuan orang di Indonesia yang akan mengikuti seleksi kompetensi bidang CPNS 2020. Masing-masing peserta harus mempersiapkan diri baik itu persyaratan yang diperlukan maupun tes yang akan diujikan nantinya. 

Banyak sekali hal yang harus anda persiapkan untuk mengikuti SKB CPNS 2020. Persiapan yang matang juga akan sangat membantu anda untuk semakin optimis agar dapat lolos seleksi kompetensi bidang yang akan dilaksanakan. 

Banyak yang memiliki tujuan sama persis seperti anda, merkeka juga memiliki skill tersendiri yang akan digunakan untuk mengalahkan peserta lainnya dalam hal ini. 

Para peserta tes SKB CPNS harus mempersiapkan berbagai macam persyaratan yang sudah ditentukan. Hal ini bertujuan agar dapat mengikuti seleksi dengan baik dan benar supaya lolos seleksi tes tersebut. Banyak dari mereka yang ingin lolos seleksi CPNS agar bisa bekerja untuk mendapatkan penghasilan dari pemerintah. 

Apalagi pekerjaan PNS merupakan salah satu jenis pekerjaan yang digaji pemerintah. Akan sangat menguntungkan bilamana anda lolos seleksi dan bisa menjadi PNS. 

Jadwal Pelaksanaan 


Panitia pelaksana SKB CPNS 2020 sudah melakukan pemutusan mengenai jadwal pelaksanaan SKB CPNS 2020. Secara keseluruhan akan mulai digelar pada tanggal 1 September 2020 – 12 September 2020. Jadwal pelaksanaan tersebut disampaikan dalam Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor K 26-30 / V 116-4/99 perihal jadwal Pelaksanaan Seleksi Penerimaan Formasi Tahun 2020 ini. 

Untuk pelaksanaan SKB CPNS setiap intansi sudah diumumkan pada 18 Agustus 2020, dimana jadwal tersebut telah diumumkan setelah melwati proses pendaftaran ulang untuk bisa mengikuti tes SKB. Informasi mengenai nama peserta yang mengikuti bisa dilihat melalui tautan resmi CPNS 2020. 

Tempat Pelaksanaan Tes SKB CPNS 2020 


Sistem pelaksanaan tes SKB CPNS 2020 ini akan dilakukan di setiap tempat terdekatnya masing-masing. Mengingat kondisi saat ini yang masih belum aman mengenai Covid 19 menjadikan pelaksanaan tes di setiap daerah sesuai KTP tidak diterapkan. Anda bisa melaksanakan di daerah terdekat saat ini anda berada. Pernyataan tersebut sudah diterangkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Harua Wibisana. 

“Peserta dapat mengikuti SKB CPNS di tempat terdekat, sehingga tidak perlu melakukan perjalanan” ujar Bima Haria. 

Keputusan mengenai tempat pelaksanaan yang dilakukan juga didasari dan ditindaklanjuti Surat Edaran Menpan tentang Rencana Pelaksanaan SKB CPNS 2020 mengenai teknis penyelenggaraan SKB dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 yang masih belum aman sampai sekarang ini. 

Selain itu, untuk para peserta CPNS yang berada di luar negri juga dapat mengikuti penyeleksian secara online. Dimana terdapat sistem tes CAT yang dapat dilakukan oleh calon peserta CPNS 2020 untuk mengikutinya. Kurang lebih terdapat 68 peserta CPNS yang berada di luar negeri. Hal ini tidak memungkinkan mereka untuk bisa pulang ke Indonesia karena kondisi COvid-19 yang masih belum aman. 

Melihat banyaknya peserta yang mengikuti seleksi SKB CPNS, peserta SKB menggunakan CAT BKN kurang lebih 297.942, yang terdiri dari 51 intansi Pusat sejumlah 44.631, dan 456 Intansi Daerah sejumlah 253.311 peserta. Sementara untuk pusat yang tidak menggunakan CAT BKN sejumlah 38.545 peserta. 

Para peserta sudah siap untuk mengikuti pelaksanaan tes SKB CPNS 2020. Salah satunya adalah materi yang sudah dipersiapkan dengan cara melakukan latihan soal dari kisi-kisi yang kiranya akan keluar nantinya. Untuk mendapatkan informasi mengenai kisi-kisi soal yang akan keluar bisa anda lihat di internet. Ada banyak sekali orang yang memberikan informasi secara gratis kepada para peserta SKB CPNS 2020. 

Internet menjadi salah satu solusi yang paling efektif untuk belajar anda sebelum mengikuti tes seleksi kompetensi bidang. Atau anda juga dapat belajar dengan orang yang sudah pernah mengikuti tes tersebut supaya lebih efektif. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jadwal tes SKB CPNS 2020. Sebelum pelaksanaan dimulai, alangkah baiknya anda melatih diri untuk siap menjalani tes SKB CPNS 2020.