Cara Menyusun RPP 1 Lembar Untuk SD, SMP, dan SMA




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipersiapkan oleh para guru. RPP menjadi pegangan guru untuk mengajar di dalam kelas nantinya terhadap semua siswa yang mengikuti pembelajaran. Untuk materi yang disampaikan nantinya akan sesuai dengan standar kompetensi yang diberikan. 

Guru harus bisa membuat RPP dengan baik supaya dapat menjadi acuan bagi anak didiknya supaya bisa belajar secara maksimal. Guru harus menyusun terlebih dahulu RPP yang nantinya akan menjadi bahan pembelajaran oleh para siswanya. 

Hal itu berlaku bagi guru SD, SMP, ataupun SMA. Semua harus bisa membuat RPP dengan baik dan benar agar siswa yang diajarinya bisa mendapatkan pelajaran dengan baik. 

Kini menyusun RPP 1 lembar untuk SD, SMP, dan SMA sudah diperbolehkan. Dimana para guru bisa membuat materi pembelajaran untuk bisa digunakan sebagai materi pembelajaran yang dapat dipelajari oleh para siswa. 

Pastikan RPP yang dibuat sesuai dengan standar kompetensi yang sudah ditentukan. Dengan begitu, siswa akan mendapatkan pelajaran yang sesuai dengan baik dan benar. 


Cara Menyusun RPP 1 Lembar Untuk Tingkat SD, SMP, SMA 


Sesuai dengan perijinan yang sudah diberikan, guru memperbolehkan membuat RPP 1 lembar untuk dijadikan bahan pembelajaran para siswa nantinya. RPP yang dibuat menyesuaikan dengan kompetensi bidang masing-masing. Pembuatannya menyesuaikan dengan standar kompetensi yang berlaku. 

Berikut ini adalah beberapa contoh RPP untuk buku teks informatika dari Penerbit Erlangga: 

No. 01 

Sekolah : … 

Mata Pelajaran : Informatika 

Kelas/Semester :IV/Ganjil 

Tahun Pelajaran : 2020 

Materi Pokok : Membuat Animasi 

Alokasi Waktu : 2 x 35 menit 


Tujuan Pembelajran 


SIswa diharapkan dapat memahami penggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi untuk melatih keterampilan digital dasar seperti membuat animasi. 

Kegiatan Pembelajaran 


Langkah 1 

Persiapkan terlebih dahulu alat dan juga bahan seperti smartphone dengan aplikasi pemindai barcode, buku teks informatika, film animasi, flip book. Disini guru bisa memperlihatkan berbagai macam gambar dan membuka secara cepat. Siswa dapat mengajukan pertanyaan mengenai materi animasi yang disampaikan. 

Langkah 2 

Setelah mendapatkan materi, siswa dapat melakukan praktik langsung untuk membuat animasi. Guru akan mengajak siswanya untuk memindai barcode yang ada di dua halaman buku teks. Disini guru bisa menjelaskan sekaligus mempraktikannya untuk melakukan pembuatan animasi bersama-sama. 

Langkah 3 

Membuat kelompok antar masing-masing siswa agar dapat menjalankan proyek animasi yang dibuatnya. Serta berbagi tugas untuk mengerjakan kegiatan pada halaman 13. 

Langkah 4 

Membuat kesimpulan bersama materi yang telah dipelajari. 

Penilaian 

Penilaian proyek dilakukan oleh guru dengan melihat hasil karya yang sudah dibuat oleh para peserta didik dalam membuat animasi yang sudah dibuat. 

Anda bisa membuat RPP satu lembar untuk tingkat SD, SMP, dan SMA dengan mudah bila menjalankannya sesuai dengan prosedur. Pastikan anda membuatnya sesuai dengan standard dan kompetensi bidang masing-masing. Dengan begitu, anda dapat menjalankannya dengan baik, siswa pun akan mendapatkan materi pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan. 

Sebelumnya, banyak guru-guru yang masih ragu dalam menggunakan RPP 1 haaman. Apakah saat ini RP 1 halaman sudah boleh digunakan atau belum? Mereka semua meragukan akan hal tersebut. Melihat pertanyaan seperti itu menimbulkan bebeaa persepsi bahwasanya RPP 1 halaman belum fix untuk diterapkan secara lagsung dalam sistem pembelajaran yang dilakukan. 

Melihat itu, akhirnya dari pihak pusat memberikan izin secara langsung mengenai RPP 1 halaman yang sudah dapat digunakan untuk sistem pembelajaran kepada siswa. Hal ini dikarenakan memiliki potensi yang cukup baik dalam menjalankan sistem pembelajaran yang dilakukan. Bagi anda yang ingin membuatnya sendiri, anda bisa menyusun RPP 1 halaman untuk tingkat SD, SMP dan SMA dengan cara tersebut. 

Mungkin itu saja informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara menyusun RPP 1 lembar untuk SD, SMP, dan SMA. Pastikan anda membuat RPP dengan baik dan benar supaya siswa dapat mempelajarinya dengan baik dan benar. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.