LENGKAP! TUJUAN DAN FUNGSI PENDIDIKAN DI INDONESIA - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

6/09/2021

LENGKAP! TUJUAN DAN FUNGSI PENDIDIKAN DI INDONESIA

Daftar Isi [Show]

Cadiakid - LENGKAP! TUJUAN DAN FUNGSI PENDIDIKAN DI INDONESIA -  Pendidikan merupakan upaya untuk membantu jiwa anak-anak didik baik lahir maupun batin, dari sifat kodratinya menuju kearah peradaban manusiawi dan lebih baik. Sebagai contoh dapat dikemukakan ; anjuran atau arahan untuk anak duduk lebih baik, tidak berteriak-teriak agar tidak mengganggu orang lain, bersih badan, rapi pakaian, hormat pada orang yang lebih tua dan menyayangi yang muda, saling peduli dan lain sebagainya merupakan salah satu contoh proses pendidikan.

LENGKAP! TUJUAN DAN FUNGSI PENDIDIKAN DI INDONESIA

Pendidikan sangat penting bagi generasi selanjutnya. Ilmu pengetahuan harus selalu dicari dimanapun berada. Karena dengan pendidikan, semuanya akan berjalan menuju ke suatu hal yang lebih baik. Dengan ilmu pengetahuan, kita mengerti segala macam yang kita hadapi. Namun sesungguhnya pendidikan tidak hanya melulu masalah ilmu pengetahuan secara teori saja, akan tetapi nilai pendidikan lebih dari itu. Sebetulnya proses dari pendidikan perlu juga ditekankan pada latihan, memahami, sampai mendewasakan dalam diri seseorang. Jika perilakunya baik, maka itu artinya dia mendapatkan pendidikan yang baik dan berhasil menerapkannya di kehidupan nyatanya. Sebaliknya, jika perilakunya buruk, itu artinya dia tidak mendapatkan pendidikan yang baik dan jika dia mendapatkan pengetahuan dirinya tidak mau mengamalkan utk hal yang baik.

Tujuan Pendidikan

Pendidikan juga memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Pemahaman tentang pengertian pendidikan dan tujuannya yang paling utama, tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, memiliki budi pekerti luhur, dan menjadi pribadi yang demokratis serta bertanggung jawab.

Fungsi Pendidikan

Selain itu, pendidikan juga memiliki fungsi. Fungsi pendidikan adalah menghilangkan segala sumber penderitaan rakyat dari kebodohan dan ketertinggalan serta fungsi pendidikan Indonesia menyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Dari fungsi yang diurakan tersebut menunjukan bahwa pendidikan nasional Indonesi lebih mengedepankan akan pembangunan sikap, karakater, dan transpormasi nilai-nilai filosopis negara Indonesia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme serta mampu bersaing di kancah internasional.

Setelah melihat beberapa tujuan dan fungsi dari pendidikan tersebut, maka dapat dipahami bahwa pendidikan Indonesia lebih cenderung mengutamakan pembangunan sikap sosial dan religius dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan Pancasila sila kesatu yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, didakan sila tersebut menujukan bahwa Indonesia sangat mengedepakan sikap spiritual dan pengakuan terhadap keberadaan Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga tidaklah diragukan bahwa negara Indonesia dapat dikatakan negara yang paling religius setelah negara Pakistan.

LENGKAP! TUJUAN DAN FUNGSI PENDIDIKAN DI INDONESIA - Pendidikan tidak hanya diajarkan di sekolahan, kampus maupun kelas saja. Sebenarnya sekolahan, kampus maupun kelas hanya mengajarkan pendidikan atau pengetahuan sebatas teori dan pelajaran. Sedangkan pendidikan juga dapat diperoleh di luar sekolah, luar kampus dan luar kelas. Kita mempelajari lingkungan di sekitar kita juga merupakan sebuah pendidikan. Kita berinteraksi dengan orang lain juga termasuk penerapan pendidikan yang kita dapatkan di dalam kelas. Bahkan sikap baik kita kepada makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan, juga merupakan penerapan ilmu pengetahuan yang kita dapatkan.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done