CATAT! Mekanisme Pendaftaran, Waktu, dan Jadwal Ujian Mandiri UNNES 2021 - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

6/06/2021

CATAT! Mekanisme Pendaftaran, Waktu, dan Jadwal Ujian Mandiri UNNES 2021

Daftar Isi [Show]

Cadiakid – CATAT! Mekanisme Pendaftaran, Waktu, dan Jadwal Ujian Mandiri UNNES 2021 - Peminat dari pendidikan di jenjang tinggi sangatlah besar. Banyak dari siswa yang sedang melakukan studi menginginkan untuk belajar di perguruan tinggi. Perguruan tinggi merupakan jenjang pendidikan tertinggi yang akan dijalani oleh setiap pelajar. Mereka akan menempuh jenjang ini jika seluruh jenjang sudah mereka lewati. Namun, Untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi tidaklah mudah jalannya. Setiap pelajar haruslah belajar bersungguh-sungguh dimulai dari jenjang sebelum perguruan tinggi. Mengapa demikian?

CATAT! Info Ujian Mandiri UNNES 2021


Karena alur penerimaan mahasiswa baru sangatlah beraneka ragam, diantaranya yaitu jalur SNMPTN dimana jalur ini menggunakan penilaian nilai raport atau nilai akademik dan juga prestasi akademik yang diperoleh oleh seorang pelajar. Sehingga setiap pelajar haruslah belajar bersungguh-sungguh, agar nilai akademik atau rapot mereka bagus disetiap semesternya. Kemudian jalur selanjutnya ialah jalur UTBK SBMPTN, dimana jalur ini menggunakan penilaian ujian atau tes yang mereka kerjakan. Sehingga seluruh peserta dituntut haruslah mengerti dan menguasai materi-materi yang akan diujikan saat ujian.

Dan yang terakhir ialah jalur mandiri, dimana jalur ini tidak jauh beda dengan jalur UTBK SBMPTN dimana penilaian juga menggunakan hasil tes dari masing-masing peserta. Berbicara mengenai jalur mandiri, bagi kalian yang berminat untuk mengikuti tes penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri di salah satu perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia yaitu UNNES, maka kalian bisa mencoba jalur mandiri ini. Simak informasinya dan perhatikan seluruh persyaratan, tanggal, dan yang lainnya. Karena pastinya yang berminat akan sangatlah banyak.

Bagi yang ingin kuliah di Universitas Negeri Semarang (Unnes), masih ada kesempatan untuk mendaftar di jalur Seleksi Mandiri D3 dan S1. Tentu jalur ini terbuka bagi siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (Paket C) tahun 2021, 2020, dan 2019. Menurut Kepala UPT Humas Unnes Muhamad Burhanudin, karena masih adanya wabah Covid-19, maka penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri Unnes yang sedianya dilaksanakan melalui Ujian Tertulis diganti dengan Seleksi Mandiri berdasarkan portofolio.

Dijelaskan, biaya pendaftaran untuk Seleksi Mandiri Unnes 2021 sebesar Rp 250.000. Bagi prodi yang mensyaratkan portofolio uji keterampilan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 150.000. "Adapun biaya pendaftaran dapat dibayar melalui Bank BNI 46 di seluruh Indonesia dengan menunjukkan PIN pendaftaran, termasuk pemegang kartu KIP-K," ujarnya seperti dikutip dari laman Unnes pada Senin 24 Mei 2021.

Mekanisme Pendaftaran

  1. Buka laman http://penerimaan.unnes.ac.id  
  2. Mengisi biodata.
  3. Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh Personal Identification Number (PIN) sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-Unnes 2021.
  4. Pilih program studi yang diminati.
  5. Bengan menggunakan PIN pendaftaran, calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan besaran sesuai dengan pilihan prodi yang diambil.
  6. Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, channel internet banking atau Bank BNI di seluruh Indonesia dengan PIN pendaftaran sebagai kode pembayaran.
  7. Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, peserta mengisikan nilai rapor semester 1-5 (nilai pengetahuan) dan prestasi.
  8. Peserta mengunggah scan dokumen rapor semester 1-5.
  9. Peserta yang memilih program studi seni dan olahraga mengunggah portofolio uji keterampilan sesuai dengan ketentuan.
  10. Peserta mengunduh dan mengisi kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), ditandatangani orang tua/wali di atas meterai Rp. 10.000 kemudian diunggah kembali.
  11. Setelah itu, mencetak bukti pendaftaran Seleksi Mandiri, dan mencetak Kartu ujian Seleksi Mandiri sesuai jadwal yang ditentukan.
  12. Mengikuti tes online sesuai jadwal yang ditentukan.

Waktu Ujian atau Tes

Untuk materi tes online SM-Unnes 2021 ada dua yakni materi Bahasa Inggris dan materi Tes Potensi Akademik (TPA). Waktu Tes setiap hari dilaksanakan 4 sesi dengan rincian:

  1. pukul 08.00-10.00 WIB
  2. pukul 10.15-12.15 WIB
  3. pukul 13.00-15.00 WIB
  4. pukul 15.15-17.15 WIB

Jadwal Penting Ujian Mandiri UNNES

  1. Pendaftaran secara online melalui https://penerimaan.unnes.ac.id/ mulai 21 Mei – 9 Juli 2021
  2. Pembayaran pendaftaran 22 Mei – 10 Juli 2021
  3. Sedangkan tes online 13-19 Juli 2021
  4. Untuk hasil seleksi akan diumumkan pada 26 Juli 2021 secara online melalui http://penerimaan.unnes.ac.id.

Catatan yang perlu diperhatikan :

Saat pelaksanaan tes, peserta diharapkan:

  1. Mempersiapkan pasokan listrik selama tes
  2. Peserta mempersiapkan satu komputer/laptop berkamera terinstal browser google chrome terbaru yang terkoneksi internet
  3. Satu ponsel berkamera
  4. Terinstal aplikasi zoom meeting yang terkoneksi internet
  5. Ruang ujian yang kondusif yang akan digunakan sendiri oleh peserta




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done