3 Top Lagu Daerah Sumatera Utara - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

6/06/2021

3 Top Lagu Daerah Sumatera Utara

Daftar Isi [Show]

Cadiak.id – 3 Top Lagu Daerah Sumatera Utara - Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Mulai dari bahasa, pakaian adat, alat musik, lagu, bahkan makanan khasnya. Namun sangat disayangkan, budaya kita perlahan mulai terkikis zaman. Budaya merupakan cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh sekelompok orang, dan diwariskan turun temurun untuk generasi ke generasi.

3 Top Lagu Daerah Sumatera Utara

Banyak orang baik dari negara sendiri yakni Indonesia maupun warga negara luar negeri mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu surganya bumi, hal ini tergambar dari kayanya Indonesia akan budaya, alam serta kekayaan-kekayaan lain yang terkandung didalamnya. Beragam budaya contohnya, di Indonesia budaya merupakan hal yang sudah melekat pada diri masyarakat masing-masing. Budaya di Indonesia merupakan salah satu identitas dari jati diri bangsa, mulai dari Bahasa, tari adat dan lain sebagainya merupakan salah satu bentuk budaya di Indonesia.

Budaya terdiri dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, bahasa, adat istiadat, bangunan, alat, pakaian, dan karya seni. Bahasa, serta budaya, merupakan bagian integral dari manusia yang banyak orang cenderung menganggap itu diwariskan secara genetik. Ketika seseorang mencoba untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari budaya yang berbeda, dan menyesuaikan perbedaan, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. Budaya adalah gaya hidup holistik. budaya juga bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya bantuan menentukan perilaku komunikatif. Unsur penyebaran sosial budaya, dan mencakup banyak kegiatan sosial manusia.

Salah satu budaya yang harus selalu kita lestarikan yakni lagu-lagu tradisional. Jaman boleh semakin maju, lagu-lagu juga boleh semakin beraneka ragam genre yang terlahir. Namun, lagu tradisional haruslah tetap dipelajari dan diingat oleh setiap warga termasuk para pelajar agar tetap lestari budaya dari masing-masing daerah di tanah air ini. Salah satunya yaitu ada di Sumatera Utara. Sumatera Utara memiliki beragam suku di dalamnya, seperti Suku Batak, Melayu, dan Nias. Seiring perkembangan zaman dan banyaknya suku lain yang masuk ke Sumatera Utara, kebudayaan yang ada juga cukup berkembang.  Sumatera Utara memiliki lebih dari 20 lagu daerah. Berikut empat lagu daerah berserta makna di dalam liriknya: 

Lagu Butet

Liriknya :

Butet dipangungsian do amangmu ale butet

Da margurilla da mardarurat ale butet (2x)

Butet sotung ngol-ngolan rohamuna ale butet

Dai ma tona manang surat ale butet (2x)

I doge doge doge (hi) dai doge (hi) doge (hi) doge I doge (2x)

Butet sotung ngol-ngolan rohamuna ale butet

Musun ta ikkon saut do talu ale butet

Butet haru patibu ma magondang ale butet

Asa adong da palang merah ale butet

Dapalang merah ni negara ale butet

I doge doge doge (hi) dai doge (hi) doge (hi) doge I doge (4x)

Makna lagu tersebut :

Lagu Butet adalah lagu rapatan yang berasal dari Suku Batak Toba pada masa kolonialisme Belanda. Harvina dalam jurnal berjudul Kandungan Nilai Perjuangan pada Nyanyian Rakyat Butet Sumatera Utara (2018), menyebutkan Lagu Butet memiliki makna perjuangan. Pertama kali disenandungkan oleh seorang ibu pada anaknya di gua perjuangan hutan Naga Timbul saat para wanita dan anaknya bersembunyi. Sedangkan para lelaki bergeriliya melawan Belanda. Lagu Butet dinyanyikan oleh seorang wanita bermarga Tobing yang tidak tau siapa nama aslinya kepada seorang anaknya. Lagu tersebut menceritakan bahwa si Ayah sedang bergeriliya melawan penjajahan, sedangkan mereka di anak tersebut di pengungsian menunggu kabar dari sang ayah. Lagu Butet juga berisikan semangat patriotism jika kelak besar nanti anak-anak tumbuh besar menjadi palang merah ataupun prajurit dan bisa meneruskan perjuangan sang ayah.

Lagu SInanggar Tulo

Liriknya :

Sinanggar tullo tullo a tullo (6x)

Tu di ama luluan

Da gorng goring bahen soban

Sai tu di ama luluan

Da boru to bing bahen dongan

Sinanggar tullo tullo a tullo (6x)

Bidang bulung ni rimbang

Da bidangan balung ni dulang

Sai pandokonni da inang

Daikkondo marboru tulang

Sinanggar tullo tullo a tullo

Makna lagu tersebut :

Sinanggar Tullo adalah lagu daerah Sumatera Utara tepatnya di Tapanuli Batak. Sinanggar Tullo merupakan lagu pendidikan orang tua terhadap anak lelakinya dalam mencari calon istri. Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, lagu sinanggar tullo bermakna kebingungan seorang perjaka dalam mencari gadis yang sesuai dengan keinginan ibunya. Dalam satu sisi si perjaka harus menuruti ibunya, di sisi lain sangat sulit untuk menemukan gadis yang diinginkan ibunya tersebut. Terlebih lagi perkawinan dengan marga yang sama dilarang, sehingga si perjaka mencari gadis yang bukan saudara.

Lagu Dago Inang Sarge

Liriknya :

Dago inang sarge, dago inang sarge

Dago inang sarge, da songgoni do ho hape

Bidang bulung ni rimbang

Umbidangan bulung ni dulang

Pondok kon ni dainang

Daingkon marboru ni tulang

Dago inang sarge, dago inang sarge

Dago inang sarge, dasongoni do ho hape

Mandurung ho di pahu

Dua dua insor tu batu

Pondok kon ni bagian

Dua dua ilu madabu

Dago inang sarge, dago inang sarge

Dago inang sarge, dasongoni do ho hape

Makna lagu tersebut :

Lagu dago inang sarge adalah lagu daerah Tapanuli Sumatera Utara. Lagu dago inang sarge berisikan cerita sepasang kekasih yang saling mencintai namun hubungan tersebut tidak direstui oleh orang tua. Sehingga lagu tersebut sarat akan kesedihan dan tangisan juga dinyanyikan dengan nada yang menyedihkan.

Itulah 3 lagu tradisional yang sangat terkenal dan harus selalu kita lestarikan dan kita jaga. Bagi para siswa, kalian boleh untuk mengetahui banyak lagu yang ada dan muncul di era modern saat ini, namun, kalian haruslah mengetahui dan selalu berusaha untuk menjaga dan melestarikan budaya tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu kala agar bdaya kita tidak pernah punah dan tidak pernah diambil oleh orang lain.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done