Tips Menjadi Guru Kesayangan Murid - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

5/09/2021

Tips Menjadi Guru Kesayangan Murid

Daftar Isi [Show]

Dijaman serba teknologi seperti sekarang, mencari informasi tentang Tips Menjadi Guru Kesayangan Murid tidaklah susah. Sebab hanya memerlukan gadget yang tersambung dengan internet.

Tips Menjadi Guru Kesayangan Murid
Dalam tugasnya, guru tidak hanya berperan sebagai orang yang menstransfer ilmu dari dirinya ke peserta didik. Namun masih banyak peran lain yang harus dipelajari.

Guru pada jaman seperti sekarang, tidak lagi harus mendominasi kelas. Namun sekaligus sebagai fasilitator yang menjalankan alur kegiatan di kelas.

Teruntuk guru yang masih pemula, bagaimana sih cara supaya bisa disayangi dan disukai oleh siswa? Tips selengkapnya bisa anda simak pada daftar berikut :

Gunakan Humor

Murid tidak suka dengan kondisi yang tegang dan kurang bersahabat. Dalam hal ini, humor bisa menjadi peran untuk memecah kebekuan di dalam kelas.

Humor yang dimaksud disini tidak hanya berlaku seperti jokes-jokes alam komedian. Namun hanya sekedar menertawakan diri sendiri kerika melakukan kesalahan.

Apalagi sampai bisa tertawa bersama dengan siswa. Sehingga secara tidak langsung bisa menghilangkan sekat antara guru dan murid.

Lebih Ramah

Sebagi guru, anda perlu memastikan bahwa siswa bisa diterima dengan baik dan merasa nyaman di kelas. Perlu belajar lebih baik untuk menghafal nama siswa, sebab mereka pun akan sangat senang mendengarnya.

Poin lainnya, anda juga perlu meluangkan waktu untuk siswa. Contoh sederhananya ialah dengan kelas tambahan bagi siswa yang belum paham.

Peduli dan Peka Terhadap Siswa

Bukan hanya sebatas peserta didik, namun anda juga harus peduli pada siswa dengan memahami latar belakang mereka.

Dalam hal ini, tentu perlu mencari informasi mengenai hobi, budaya, dan bagaimana mereka menghabiskan waktu.

Selain itu, anda juga harus peka terhadap masalah pribadi siswa. Sebab tidak semua siswa masuk kelas dalam keadaan hati yang baik-baik saja.

Sudah menjadi tugas seorang guru utnuk lebih paham dengan kondisi mental siswa, khususnya saat mereka mempunyai masalah pribadi di rumah.

Lakukan Kolaborasi

Poin lanjutan agar anda lebih disukai murid ualah dengan melakukan kolaborasi siswa agar bisa bekerja sama. Bagi siswa yang mempunyai komunikasi baik antar sesama teman kelasnya, sangat kecil kemungkinan mereka mempunyai masalah sosial.

Dalam hal ini, anda bisa membuat pembelajaran yang mudah agar siswa lebih mudah berinteraksi. Dengan kata lain, mereka pun akan lebih leluasa dalam mendiskusikan pandangan mereka.

Evaluasi dan Umpan Balik

Anda perlu melibatkan siswa dan orang tua untuk mengokreksi progres siswa di kelas. Tidak hanya dalam hal yang negatif,namun juga progres serta peningkatan apa saja yang sudah dicapai siswa.

Tidak hanya dilakukan pada saat penerimaan rapor, namun perlu dilakukan rutin guna memberitakan hasil kinerja siswa kepada orang tua.

Dengan demikian, orang tua dan siswa lebih paham dengan apa yang mereka lakukan serta bagaimana cara memperbaikinya.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan, semoga bisa menjadi referensi untuk menuju kreatifitas yang lebih baik.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done