Tips Cepat Naik Pangkat Dan Golongan PNS Untuk Guru - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

5/04/2021

Tips Cepat Naik Pangkat Dan Golongan PNS Untuk Guru

Daftar Isi [Show]

Ada beberapa Tips Cepat Naik Pangkat Dan Golongan PNS Untuk Guru. Beberapa diantaranya bisa dilakukan dengan mudah dan terbilang menyenangkan.

Tips Cepat Naik Pangkat Dan Golongan PNS Untuk Guru
Tidak bisa dipungkiri jika setiap guru mempunyai keinginan untuk idup lebih sejahtera. Meski profesi ini menjadi suatu bentuk pengabdian, namun menjadi guru meruapakan suatu pekerjaan profesional.
Salah satu yang diupayakan untuk dilakukan ialah mengejar kenaikan pangkat, sekaligus golongan PNS.

Bisa disebut jika memperoleh kenaikan pangkat bagi guru dengan status PNS bukan masalah mudah. Agar bisa mencapai keinginan tersebut, guru harus memenuhi syarat dan prosedur yang sudah ditetapkan pemerintah.

Jika anda penasaran dengan tips yang kami maksud, berikut beberapa poin yang bisa anda pelajari. Apa saja?

Paham Akan Dasar Hukum

Peraturan yang menjadi dasar dalam kenaikan pangkat PNS guru diatur pemerintah secara resmi. Pada setiap prosedur, alur, syarat, dan informasi. Mmepunyai dasar hukum tertentu.

Pada poin ini, anda harus paham dengan dasar hukum yang diberlakukan. Beberapa poin yang termaktup ialah :

  • Permenpan RB No 16 Tahun 2009. Berisi tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit
  • Permendiknas Nomor 35 Tahun 2010. Berisi Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit

Dasar hukum yang dimaksud, akan membantu dalam mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan. Khususnya dalam upaya mengejar kenaikan pangkat.

Berencana Dan Patuh Akan Syarat

Dalam hal mengajukan permohonan kenaikan pangkat, terdapat beberapa syarat dokumen dan penilaian Angka Kredit guru. Agar angkat kredit bisa tercapai, maka anda harus bisa menyusun rencana yang tepat.

Beberapa instrumen penilaian yang diperlukan mencakup : Angka Kredit Kumulatif (AKK), Angka Kredit Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (AKPKB), dan Angka Kredit Penunjang (AKP).

Pada setiap jabatan, mempunyai standar nilai yang berbeda. Dalam hal ini, anda bisa memetakan posisi serta butuh berapa poin agar bisa naik jabatan.

Untuk melihat angka kredit, tentu anda harus mengurus Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK). Sehingga bisa mendapat Penetapan Angka Kredit (PAK) Tahunan sekaligus bisa melihat seluruh poin yang didapat.

Membuat Karya Dan Rutin Mengikuti Diklat

Unsur penting dalam PKB ada tiga poin, yakni pengembangan diri, pebulikasi ilmiah, serta karya inovatif.

Pengembangan diri bisa anda tingkatkan dengan secara rutin mengikuti diklat, seminar, serta terlibat dalam kegiatan kolektif dan yang lainnya.

Terlebih lagi, anda juga harus berani dalam memulai pembuatan publikasi ilmiah dan karya inovatif. Apa saja bentuknya, yang terpenting sudah dibuat. Apabila hasilnya dirasa kurang memuaskan, maka masih bisa dikembangkan lagi.

Meningkatkan Gelar Pendidikan

Proses peningkatan kualifikasi pendidikan akan lebih mempermudah dalam mengejar kenaikan pangkat. Intinya, sebelum berkuliah lagi, tentu anda perlu memastikan mengurus Surat Izin Belajar Guru terlebih dahulu.

Langkah pendidikan lanjutan ini bukan berarti meninggalkan tanggung jawab sebagai seorang guru. Namun anda bisa mengambil kelas karyawan agar tidak terjadi bentrok waktu kuliah dengan tanggung jawab pekerjaan.

Tanya Pada Yang Berpengalaman

Mengurus kenaikan pangkat guru terbilang rumit serta harus disesuaikan dengan brikorasi yang sudah ditetapkan. Tidak sedikit guru yang merasa kesulitan atau bahkan bingung mengurus kenaikan pangkat. 

Pada poin ini, tentu anda tidak harus malu bertanya pada pihak yang sudah paham. Minta penjelasan secara rinci tentang langkah yang harus diakukan.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan, semoga bisa membantu.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done