Penyebab Dan Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

5/03/2021

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa

Daftar Isi [Show]

Apa saja Penyebab Dan Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa? Jika anda bertanya akan hal ini, berikut kami menyediakan rangkumannya untuk anda. Simak baik-baik ya!

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa

Seperti yang kita ketahui, kesulitan belajar merupakan suatu hal yang lazim dialami peserta didik. Bahkan sering ditemukan adanya siswa yang mengalami kesulitan menerima pelajaran di sekolah.

Tidak sedikit siswa yang menghadapi hambatan dalam mencerna serta menyerap informasi belajar yang disampaikan guru. Sehingga, kondisi ini mempunyai dampak yang kurang baik terhadap kemajuan belajar anak.

Maka dari itu, perlu langkah pemecahan masalah bagi guru ataupun orang tua di rumah. Hal ini juga menjadi salah satu wujud kepedulian serta kerjasama dalam dunia pendidikan anda.

Gejala Kesulitan Belajar

Beberapa gejala anak yang mengalami masalah belajar bisa diketahui dari adanya indikasi tertentu. Sebagai contoh ialah sulit mengaalami ketuntasan belajar pada materi tertentu atau semua materi pada suatu mata pelajaran.

Sebagai dampaknya, siswa menunjukkan prestasi belajar yang kurang baik. Atau bahkan merasa malas untuk belajar lebih lanjut tentang mata pelajaran tersebut.

Penyebab Kesulitan Belajar

Jika dilihat dari banyaknya masalah, tentunya ada beberapa poin yang menjadi penyebab siswa mengalami kesulitan mengikuti pelajaran di sekolah.

Akan tetapi, penyebab ini dikelompokkan menjadi faktor, yakni internal dan juga eksternal.

  • Faktor Internal : Kesulitan ini berasal dari individu siswa itu sendiri. Penyebabnya ialah gangguan kesehatan, kelainan pendengaran dan penglihatan, randahnya konsentrasi, dan yang lainnya.
  • Faktor Eksternal : Penyebab dari faktor ini berasal dari luar diri siswa. Sebagai contoh ialah kondisi belajar yang tidak kondusif, beban belajar, serta yang lainnya.

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa

Berdasar dari gejala yang muncul, sekaligus faktor penyebab yang sudah terbaca. Maka upaya yang bisa dilakukan oleh guru ialah :

Perhatikan Tempat Duduk Siswa

Siswa yang mengalami kesulitan pendengaran atau penglihatan, maka hendaknya ditempatkan pada posisi bagian depan.

Dengan demikian, mereka bisa melihat dan mendengar secara jelas materi yang dipaparkan oleh guru.
Gangguan Kesehatan

Siswa yang mengalami gangguan kesehatan, akan lebih baik diistirahatkan di rumah. Namun dengan tetap memberikan bahan pelajaran sekaligus dibimbing oleh orang tua dan keluarga lainnya.

Program Remidial

Program ini bisa dipergunakan pada siswa yang gagal mencapai tujuan pembelajaran. Khususnya yang disebabkan oleh gangguan internal.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pada program remidial, termasuk juga mengulang kembali bahan pelajaran yang belum dikuasai.

Bantuan Media dan Alat Peraga

Penggunaan alat atau media peraga pada pembelajaran akan cukup membantu bagi siswa yang mengalami kesulitan menerima materi pelajaran.

Bisa jadi kesulitan tersebut muncul lantaran materi pelajaran bersifat abstrak, sehingga lebih sulit dipahami oleh siswa.

Ciptakan Suasana Belajar Yang Menyenangkan

Menciptakan suasana belajar yang kondusif tidak kalah penting untuk membantu siswa yang sulit mencerna materi pelajaran.

Jadi, guru harus lebih kreatif dan bisa membuat kelas menjadi nyaman dan juga bisa pula diselipkan humor.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done