Info Terbaru Kisi-Kisi Soal Seleksi PPPK 2021 - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

5/02/2021

Info Terbaru Kisi-Kisi Soal Seleksi PPPK 2021

Daftar Isi [Show]

Melihat begitu banyaknya Info Terbaru Kisi-Kisi Soal Seleksi PPPK 2021 di internet, mungkin anda sedikit bingung untuk memilih yang mana.

Info Terbaru Kisi-Kisi Soal Seleksi PPPK 2021
Nah, guna mempersiapkan diri untuk Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021. Maka diperlukan latihan agar lebih yakin untuk mengikuti tes.

Untuk tahun ini, program PPPK guru akan membuka lowongan lebih dari 1 juta untuk guru honorer. Bahkan beberapa kementerian dan lembaga saat ini sudah melakukan proses validasi untuk formasi PPPK 2021.

Terkhusus untuk formasi 1 juta tersebut, direncanakan jabatan guru PPPK akan dibagi dalam tiga kementerian dan lembaga.

Termasuk didalamnya ialah guru yang diangkat oleh Kemenag, Kemendikbud, serta guru yang diangkat oleh pemerintah daerah (Pemda).

Untuk mempersingkat waktu, berikut Kisi-Kisi Soal PPPK 2021 yang bisa anda pelajari.

1. Integritas Dan Sosiokultural

Soal atau pertanyaan yang terkait dengan kemampuan integritas dan sosiokultural, tidak jauh dari pendidikan kewarganegaraan dan kesenian. 

Beberapa diantaranya ialah pembangunan sosial, ketertiban sosial, kebudayaan nasional Indonesia, budaya lokal, konflik antar suku, unsur kebudayaan, serta pertanyaa yang terkait dengan kualitas diri.

2. Manajerial

Soal yang terkait dengan kemampuan manajerial mencakup : pertanyaan tentang fungsi dan tujuan manajemen, kemampuan manajemen waktu, target dan pemasaran produk, kepemimpinan, serta psikologi keorganisasian.

3. Kompetensi Teknis

Pertanyaan yang ada hubungannya dengan kemampuan kompetensi teknis. Beberapa diantaranya mencakup beberapa soal tentang pengetahuan calon guru, sistem ajar pada siswa, serta bagaimana penilaian yang harus diberikan terhadap kinerja siswa.

4. Tes Bakat Skolastik (TBS)

Tes ini berkaitan dengan pertanyaan tentang kemampuan bakat skolastik. Termasuk diantaranya ialah logika dan kecepatan berpikir. Berikut beberapa rincian pada sub tes TBS :

  • Tes Verbal : Mengukur kemampuan dalam menggunakan logika verbal dalam menyelesaikan masalah. Khusunya yang berhubungan dengan kata/bahasa, analogi dan wacana.
  • Tes Kuantitatif : Mengukur kemampuan matematis sederhana, tepatnya dalam memahami konsep matematika dan penggunaan logika angka dalam menyelesaikan masalah.
  • Tes Penalaran : Mengukur kemampuan daam memilih dan mengorganisasi informasi yang relevan dalam menyelesaikan masalah. Seperti halnya logis, diagram dan analitis.

5. Tes Pedagogik Umum

Pedagogik merupakan ilmu yang mengkaji tentan bagaimana membimbing anak, bagaimana sebaiknya pendidik berhadapan dengan peserta didi, apa tugas pendidik, serta tujuan mendidik anak.

Tes yang satu ini terdiri dari perencanaan pembelajaran. Sehingga ada beberapa soal yang terkait dengan perumusan indikator kompetensi serta capaian pembelajaran berdasar pada standar kompetensi kelulusan.

6. Wawancara

Pada tahap wawancara, beberapa soal pertanyaan yang akan dipertanyakan ialah : tentang alasan dan motivasi mendaftar ASN PPPK, profesionalisme ASN, pendapat tentang guru profesional, pendapat mengenai perbedaan pengajar dan pendidik, pertanyaan seputar Pancasila sebagai Dasar Negara, dll.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika akan ada pertanyaan lain yang nantinya akan muncul. Sehingga anda harus lebih siap menghadapi ujian PPPK 2021 mendatang.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done