Cara Menghitung Energi Kinetik Benda Jatuh Bebas - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

5/07/2021

Cara Menghitung Energi Kinetik Benda Jatuh Bebas

Daftar Isi [Show]

Bagaimana Cara Menghitung Energi Kinetik Benda Jatuh Bebas? Pertanyaan ini mungkin saja muncul saat anda menemui persoalan yang sama.

Khususnya pada materi pelajaran yang dianggap belum paham atau bahkan sedang mencari rumus atau cara penghitungan yang lebih efisien dan mudah.

Sekedar untuk tambahan referensi, benda jatuh bebas umumnya ditadai dengan kecepatan awal = 0. Kondisi seperti ini bisa kita lihat pada buah atau benda yang diganting dengan tali kemudian jatuh atau memang sengaja dijatuhkan.

Untuk posisi awal, energi potensial benda tersebut ialah Ep = m.g.h, sedangkan untuk energi kinetik benda ialah 0. Sebab Vo = 0.

Bagaimana jika benda tersebut jatuh dari ketinggian tertentu? Maka energi potensial Ep = m.g.h dan energi kinetik benda (Ek) = ½ m.v2

Seperti yang sudah kami simpulkan pada judul, ada pertanyaan yang mungkin belum terjawab. Bagaimana sih cara menghitung energi kinetik benda jatuh bebas dengan ketinggian tertentu?

Nah, untuk cara yang lebih mudah, maka bisa ikuti contoh soal berikut. Simak baik-baik ya!

Contoh Soal :

Perhatikan gambar di bawah ini dengan baik!

Cara Menghitung Energi Kinetik Benda Jatuh Bebas
Sebuah benda mempunyai berat (massa) 2 kg berada pada ketinggian 10 meter dari tanah. Benda yang awalnya dalam keadaan diam, dijatuhkan dan mencapai tanah. Jika gravitasi bumi pada tempat itu 10 m/s2, maka energi kinetik benda ketika jatuh dari ketinggian 5 meter dari tanah ialah ...

  • A. 50 Joule
  • B. 100 Joule
  • C. 125 Joule
  • D. 150 Joule

Pembahasan Soal :

Seperti yang diketahui :

  • Massa (berat) benda (m)  = 2 kg
  • Tinggi awal (h1) = 10 m
  • Tinggi saat posisi kedua (h2) = 5 m
  • Gravitasi bumi (g) = 10 m/s2

Ditanya :

Ek saat h2 = 5 m

Jawaban :

Hukum kekekalan energi mekanik ialah : Em1 = Em2

  • Em1 = Ep1 + Ek1
  • Em2 = Ep2 + Ek2

Maka :

Em1 = Em2
Ep1 + Ek1 = Ep2 + Ek2
m.g.h + ½ m.v2 = m.g.h + Ek2
2 kg x 10 m/m2 x 10 m + 0 = 2 kg x 10 m/s2 x 5 m + Ek2
200 J = 100 J + Ek
Ek = 200 J – 100 J
Ek = 100 Joule

Kunci Jawaban :

B (100 Joule)

Melihat contoh soal dan rumus pengerjaan di atas, tentu bisa kita perhitungkan dengan sangat mudah dan sederhana. Yang terpenting anda sudah kenal dengan rumus yang digunakan.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan. Semoga apa yang kami tulis disini bisa membantu dan menjadi salah satu referensi yang memang benar-benar dibutuhkan.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done