Tips Menjadi Guru Kreatif - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

5/06/2021

Tips Menjadi Guru Kreatif

Daftar Isi [Show]

Ada begitu banyak Tips Menjadi Guru Kreatif yang tersebar di internet. Bahkan kesemuanya memberikan saran yang bisa dianggap sangat membantu proses belajar mengajar di sekolah.

Tips Menjadi Guru Kreatif
Tidak bisa kita pungkiri jika menjadi guru kreatif merupakan salah satu tuntutan yang harus dipenuhi oleh seorang guru.

Akan tetapi, dalam hal ini tidak sedikit pula kalangan guru yang masing bingung dalam menentukan dan melakukan cara untuk menjadi seorang guru yang kreatif.

Nah, bagi anda yang memang merasa kemampuan diri masih kurang. Atau ingin meningkatkan kreatifitas menjadi lebih baik. Maka bisa menyimak tips sederhana di bawah ini.

Memperluas Wawasan

Masih dalam masa pandemi seperti sekarang, tentu anda sebagai guru bisa memperlua wasan dengan mengikuti beberapa webinar atau pelatihan online.

Akan tetapi, anda pun bisa belajar beberapa hal baru sesuai dengan perkembangan zaman. Khususnya dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran.

Sebagai contoh ialah, belajar dari lagu yang sedang hits, atau bisa pula dengan memanfaatkan media daring yang saat ini sudah berkembang.

Bisa disebut jika cara ini sangat disukai oleh para murid, bahkan dianggap lebih menyenangkan dan mudah diingat oleh para siswa.

Mengumpulkan dan Mencatat Ide Kreatif

Sebagai seorang guru, akan lebih baik selalu mengumpulkan dan mencatat beberapa ide kreatif yang sudah diperoleh dari berbagai sumber.

Baik itu melalui buku, webinar, ataupun dari pengalaman guru yang lain. Catatan ini bisa anda buat selengkap dan sedetail mungkin.

Sehingga nantinya, catatan tersebut bisa dipergunakan sebagai pedoman saat merealisasikan beberapa ide yang sudah dicatat.

Berbagi dan Berdiskusi dengan Guru Lainnya

Sangat dianjurkan bagi guru untuk saling berdiskusi serta berbagi pengalaman dengan guru yang lain. Dengan demikian, guru bisa menemukan ilmu baru atau inspirasi dari pengalaman yang dialami oleh sesama guru.

Terlepas dari itu, guru juga bisa saling membantu serta saling memberikan masukan. Dengan adanya komunikasi yang baik, maka akan tercipta ide kreatif baru yang belum pernah ditemukan.

Melatih Kreatifitas Diri

Meski terbilang sederhana, namun nyatanya kreatifitas juga perlu dilatih. Tujuannya ialah supaya anda sebagai guru bisa lebih berkembang.

Langkah melatih kreatifitas bisa dilakukan dengan cara memainkan beberapa permainan yang membutuhkan konsentrasi serta kreatifitas berpikir. Contoh sederhananya ialah sudoku, scrabble, dan juga puzzle.

Terlepas dari itu, guru juga bisa melatih kreatifitas dengan terbiasa berpikir kritis dan menemukan solusi yang lebih efektif. Khususnya pada saat menemukan berbagai permasalahan.

Mulai Bereksperimen

Menerapkan metode belajar yang sama secara terus menerus akan membuat siswa merasa bosan. Bahkan berdampak pada mood guru itu sendiri.

Jika sudah merasa bosan dengan satu metode, maka tentunya bisa bereksperimen dengan metode yang baru.

Jangan pernah berpikiran untuk takut gagal, sebab dengan begitu seorang guru justru akan bisa melakukan evaluasi untuk perbaikan di masa akan datang.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum, semoga bisa membantu.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done