Cara Cek Nama Guru Yang Ikut Seleksi PPPK 2021 - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

5/18/2021

Cara Cek Nama Guru Yang Ikut Seleksi PPPK 2021

Daftar Isi [Show]

Cara Cek Nama Guru Yang Ikut Seleksi PPPK 2021 pada dasarnya sangatlah mudah. Yang terpenting anda sudah paham dengan langkah yang harus dilakukan.

Cara Cek Nama Guru Yang Ikut Seleksi PPPK 2021
Seperti yang kita ketahui, seleksi PPPK 2021 memberlakukan syarat dan ketentuan. Sehingga harus dipenuhi oleh para guru jika ingin mendaftar sebagai peserta PPPK.

Jika anda memang penasaran dengan poin yang kami maksud pada judul, maka berikut cara cek nama guru yang bisa mengikuti proses seleksi PPPK 2021 pada laman Info GTK Aplikasi Dapodik.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi ialah, setiap guru yang ingin ikut seleksi haruslah memastikan bahwa data diri sudah di input pada Aplikasi Dapodik.

Selain itu, guru juga hiharuskan untuk melakukan verifikasi serta validasi Ijazah pada laman Info GTK. Yang mana langkah ini merupakan tahapan awal dari prroses seleksi PPPK tersebut.

Dalam hal ini, Kemendikbud sudah menyediakan sebuah fasilitas yang bisa mempermudah para guru dalam mengakses daftar PTK yang aktif di Dapodik. 

Serta sudah terinput dalam database kemendikbud untuk semua jenjang pendidikan. Mulai dari PAUD, TK, SD, SMP/Sederajat, hingga SMA sederajat.

Fasilitas yang dimaksud sudah berupa situs website Dashboard Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Nantinya, situs ini akan menampilkan agreat total data GTK yang bersumber dari Dapodik.

Sekedar tambahan informasi, Dapodik sendiri merupakan sebuah sistem pendidikan online yang dipergunakan untuk mengelola data pendidikan nasional, serta meliputi Satuan Pendidikan, Guru, Peserta Didik, dan juga Tenaga Kependidikan (PAUDNI, Dikmen, Dikdas, dll).

Berikut langkah dan cara cek nama guur yang bisa mengikuti proses seleksi PPPK 2021. Simak baik-baik ya!

  • Pertama, silahkan anda buka aplikasi browsing (browser) seperti Google Chrome, Mozila Firefox, UC Browser, dan yang lainnya.
  • Ketik “Dashboard GTK” pada kolom penelusuran atau bisa pula dengan langsung mengunjungi laman (tautan) http://dashboardgtk.data.kemdikbud.go.id
  • Apabila laman sudah tampil, maka selanjutnya cukup memilih opsi Selebaran.
  • Kemudian, lakukan filter data seperti memilih provinsi, kabupaten/kota, serta bentuk pendidikan (Paud, SD, SMP, SMA, dan SMK), dilanjut dengan klik Tampil.
  • Sampai pada tahap ini, laman akan menampilkan daftar sekolah yang didasarkan data yang sudah anda filter sebelumnya.
  • Lanjut dengan memilih opsi Lihat untuk menampilkan sekaligus mengetahui data seluruh PTK satuan pendidik.
  • Jika data anda sudah terinput dalam Dashboard GTK, maka artinya data sudah tersimpan dalam database milik Kemendikbud. Sehingga anda pun bisa mengikuti seleksi PPPK.

Akan tetapi jika data milik anda belum terinput pada Aplikasi Dapodik, maka segera minta bantuan Operator Sekolah untuk menambahkan data PTK terbaru pada Aplikasi Dapodik.

Akan tetapi, proses input data sendiri harus didasarkan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum. Semoga bisa membantu!




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done