Tips Sukses Menjadi Guru PPL - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

5/17/2021

Tips Sukses Menjadi Guru PPL

Daftar Isi [Show]

Tips Sukses Menjadi Guru PPL ini pada dasarnya bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa poin sederhana. Termasuk juga situasi, perangkat dan yang lainnya.

Tips Sukses Menjadi Guru PPL
Bagi yang belum paham, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program perkuliahan mahasiswa kependidikan di Universitas.

Dalam hal ini, mahasiswa akan diturunkan ke sekolah atau madrasah untuk menerapkan ilmu yang sudah diperoleh, sekaligus mencari pengalaman baru di sekolah.

Nantinya, pengalaman yang diperoleh selama PPL, akan menjadi bekal penting untuk mahasiswa. Khususnya saat menjadi guru yang sebenarnya dikemudian hari.

PPL sendiri, berbentuk kegiatan mengajar di sekolah. Bahkan mahasiswa memperoleh bimbingan langsung dalam melaksanakan program trsebut.

Apabila di universitas, maka akan dibimbing oleh dosen, sedangkan di sekolah akan dibimbing oleh guru yang juga dikenal dengan guru pamong.

Pertanyaan disini ialah, bagaimana agar menjadi seorang guru PPL yang sukses? Berikut rincian yang bisa anda pelajari.

Mengenal dan Pelajari Kondisi Sekolah

Sebelum memulai proses pembelajaran di sekolah, maka sebagai seorang guru PL harus mempelajari bagaimana situasi serta kondisi sekolah.

Beberapa diantaranya yang terkait dengan tenaga pendidik, peserta didik, serta lingkungan fisik sekolah.

Menyiapkan Perangkat Pembelajaran

Anda perlu menyiapkan semua perangkat pembelajaran yang dianggap penting. Seperti halnya program tahunan, semester, silabus, sekaligus rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan yang lainnya.

Sebelumnya, guru PPL bisa berkonsultasi dengan guru pamong. Khususnya tentang model perangkat yang bisa digunakan di sekolah.

Menguasai Materi Yang Akan Diajarkan

Kuasai materi pembelajaran dengan baik, baik dari segi konsep, fakta, ataupun fenomena yang aada pada materi yang akan diajarkan.

Pasalnya, kunci penting dalam kesuksesan mengajar dikelas ialah dengan menguasai materi yang akan diajarkan pada siswa.

Belajar Cara Dan Gaya Mengajar

Setiap individu, tentu mempunyai cara dan gaya mengajar yang berbeda. Maka dari itu, guru PPL tidak harus ragu dengan kemampuan mengajar yang dimiliki.

Penting diketahui, cara dan gaya mengajar inilah yang menjadi penentu keberhasilan guru PPL dalam menguasai kelas.

Menguasai Kelas

Tugas yang paling berat bagi guru di kelas ialah menguasai kelas dengan baik. Bukan hanya untuk guru PPL, namun tidak sedikit pula guru senior yang mengalami kesulitan akan masalah ini.

Sebuah kelas akan di isi oleh murid dengan kondisi budaya, kebiasaan, serta karakter yang berbeda. Sehingga guru harus siap dan bisa adaptasi dengan metode, strategi, serta poin lainnya.

Beraudiensi Dengan Siswa Dan Guru

Poin ini bisa anda lakukan saat berada di luar jam mengajar. Sering-seringlah beradiensi dengan siswa ketika jam istirahat atau sedang menjalani kegiatan ekstrakurikuler.

Cara ini bisa dibilang paling efektif untuk mengenal dan memahami karakteristik sekaligus kemampuan siswa.

Dengan langkah ini, anda selaku guru PPL bisa lebih dekat dengan siswa. Bahkan langkah serupa juga bisa anda terapkan dengan guru yang lain.

Demikianlah sedikit tips yang bisa kami rangkum. Semoga bisa menjadi referensi yang memang benar-benar dibutuhkan.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done