Syarat Mudah Untuk Bisa Ikut UTBK SBMPTN 2021 - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

4/30/2021

Syarat Mudah Untuk Bisa Ikut UTBK SBMPTN 2021

Daftar Isi [Show]

Syarat Mudah Untuk Bisa Ikut UTBK SBMPTN 2021 mungkin sudah banyak yang mengetahui. Khususnya bagi mereka calon mahasiswa yang tidak lolos SNMPTN.

Syarat Mudah Untuk Bisa Ikut UTBK SBMPTN 2021
Mendaftar pada universitas atau perguruan tinggi negeri memanglah tidak mudah. Terdapat banyak saingan, sehingga memerlukan upaya yang lebih dibanding dengan Universitas swasta.

Nah seperti yang kita ketahui, teruntuk calon mahasiswa Indonesia yang sebelumya tidak lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), akan kembali berjuang melalui jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Dikutip dari laman resmi ltmpt.ac.id, jadwal pelaksanaan UTBK SBMPTN akan dibagi menjadi dua gelombag. Untuk gelombang pertama, UTBK akan dilaksanakan pada tanggal 12 hingga 18 April 2021.

Sedangkan untuk tahap atau gelombang 2 (kedua), akan dilaksanakan mulai dari tanggal 26 April hingga 2 Mei. Sementara mengenai hasil, akan diumumkan pada 14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB.

Dibalik kuota yang disediakan hanya sedikit, terdapat banyak persaingan yang mungkin bisa kita anggap tidak sebanding.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika peserta mempersiapkan diri secara matang. Baik dari materi atau beberapa hal lain yang menjadi pendukung.

Selain itu, lakukan pula persiapan pada saat hari ujian. Bahkan persiapan yang satu ini sangat wajib dan dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Menurut yang kami lansir dari Twitter resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), @ltmptofficial, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan.

Pertanyaannya, apa saja tips yang dimaksud? Berikut beberapa tips saat mengikuti UTBK SBPMTN di hari H.

Syarat Mudah Untuk Bisa Ikut UTBK SBMPTN 2021

1. Poin yang pertama, pastikan bahwa anda sampai pada lokasi ujian 45 menit sebelum dimulainya sesi ujian serta jangan sampai terlambat.

2. Gunakan pakaian yang rapi dan sopan, serta mengenakan sepatu.

3. Sudah makan dan minum (agar tidak lemas, dll)

4. Membawa semua (seluruh) dokumen yang disyaratkan dalam ujian UTBK SBMPTN. Beberapa diantaranya mencakup :

  • Kartu tanda Peserta UTBK SBMPTN 2021
  • Fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir bagi lulusan 2019 dan 2020
  • Surat keterangan kelas 12 yang sudah ditandatangani oleh kepala sekolah, serta berisi nama siswa, NISN siswa, NPSN sekolah, serta pas foto berwarna siswa terbaru (ukuran bebas) bagi angkatan 2021.
  • Identitas diri lain, seperti halnya KTP/SIM/Kartu Pelajar.

5. Untuk poin terakhir, pastikan anda menggunakan masker (wajib), face shield (dianjurkan), serta sarung tangan (jika diinginkan).

Karena saat ini masih dalam masa pandemi, tentunya anda harus memperhatikan beberapa poin syarat yang sudah kami sebutkan di atas.

Sehingga, selain memperhatikan materi yang akan diujikan pada UTBK SBMPTN, tentunya anda juga harus memperhatikan beberapa poin lain sebagai pendukung.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami rangkum, semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done