Pengumuman Penerimaan Terpadu Tamtama Polri 2021 - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

4/03/2021

Pengumuman Penerimaan Terpadu Tamtama Polri 2021

Seperti yang kita ketahui, Kepolisian Negara Republik Indonesia, kembali membuka penerimaan Tamtama tahun anggaran 2021.

Pengumuman Penerimaan Terpadu Tamtama Polri 2021
Tentu kondisi tersebut bisa menjadi peluang bagi anda. Khususnya bagi yang baru lulus SMA/SMK Sederajat yang ingin bergabung menjadi anggota kepolisian.

Apa yang dimaksud dengan Tamtama? Dikutip dari Wikipedia, Tamtama merupakan golongan pangkat ketentaraan dan kepolisian yang paling rendah.

Mulai dari Prajurit Dua, Kelasi Dua, Bhayangkara Dua, hingga Kopral atau Ajun Brigadir Polisi. Pangkat tersebut umumnya merujuk pada para prajurit garis palung depan dalam kesatuan militer serta menjadi unsur inti dari sebuah pasukan tempur.

Menurut pembagiannya, anda harus paham dulu Tamtama TNI dan Tamtama Polri. Dalam Tamtama TNI, terbagi menjadi dua, yakni :

  • Tamtama Kepala, merupakan golongan pangkat Kopral di TNI. Terdiri dari tiga kepangkatan, mulai dari yang paling rendah Kopral Dua, Kopral Satu, serta Kopral Tiga.
  • Tamtama, merupakan golongan pangkat prajurit TNI. Terdapat beberapa perbedaan istilah di TNI Angkatan Laut. Mereka mengunakan kelasi sebagai gant dari istilah prajurit. Mulai dari yang paling rendah Prajurit Dua atau Kelasi Dua, Prajurit Satu atau Kelasi Satu, dan Prajurit Kepala atau Kelasi Kepala.

Sedangkan untuk pembagian tamtama di Polri, terdiri dari enam tingkatan. Bahkan pangkat tersebut juga menggunakan istilah. Dari yang paling tinggi :

  • Ajun Brigadir Polisi (Abripol)
  • Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu)
  • Ajun Brigdadir Polisi Dua (Abripda)
  • Bhayangkara Kepala (Bharaka)
  • Bhayangkara Satu (Bharatu)
  • Bhayangkara Dua (Bharada)

Beberapa sebutan atau golongan kepangkatan Tamtama pada Polri, hanya untuk kesatuan BRIMOB dan POLAIR.

Bagaimana dengan Pengumuman Penerimaan Terpadu Tamtama Polri 2021? Untuk penjelasan yang lebih rinci, anda bisa menyimak pada preview dibawah ini.


Meski tidak kami jelaskan secara rinci, namun disini akan kami paparkan tentang persyaratan umum untuk bisa mendaftar menjadi Tamtama Polri.

Syarat yang paling penting ialah bukan anggota atau mantan TNI/Polri atau PNS yang pernah mengikuti pendidikan Polri atau TNI.

Sedangkan untuk persyaratan ijazah, terbagi pada dua jenis Tamtama yang ingin di daftar. Untuk lebih jelasnya mari kita simak daftar berikut :

Tamtama Brimob

  • Lulusan SMA/SMK/Sederajat semua jurusan terkecuali Tata Busana dan Tata Kecantikan (bukan lulusan paket A dan B) dengan kriteria lulus serta diutamakan mempunyai kualifikasi mengemudi dengan melampirkan SIM A.
  • Lulusan Satuan Pendidikan Muadalah 9SPM/Setingkat SMA) pada pondok pesantren serta lulusan Pendidikan Diniyah Formal (PDF/Setingkat SMA) dengan kriteria lulus serta diutamakan mempunyai kualifikasi mengemudi dengan SIM A.

Tamtama Polair

  • Lulusan SMA/MA/SMK dengan semua jurusan kecuali Tata Busana dan Tata Kecantikan dengan kriteria lulus.
  • SMK jurusan Pelayaran dengan kriteria lulus.
  • Lulusan Satuan Pendidikan Muadalah pada pondok pesantren serta lulusan Pendidikan Diniyah Formal.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum. Semoga bisa menjadi salah satu referensi yang memang dibutuhkan.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done