Pengumuman Penerimaan Terpadu Bintara Polri 2021 - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

4/02/2021

Pengumuman Penerimaan Terpadu Bintara Polri 2021

Secara dasar, Pengumuman Penerimaan Terpadu Bintara Polri 2021 bisa dilihat langsung pada laman resmi Polri.go.id. Akan tetapi, berperan sebagai salah satu referensi, tidak ada salahnya jika disini kami melampirkan informasi lebih lanjut terkait dengan pengumuman tersebut.

Pengumuman Penerimaan Terpadu Bintara Polri 2021
Seperti dikutip dari Wikipedia, Bintara merupakan golonga pangkat ketentaraan dan kepolisian yang lebih rendah dari Letnan Dua atau Inspektur Polisi Dua (IPDA).

Akan tetapi, pangkat tersebut masih lebih tinggi dari Kopral atau Ajun Brigadir Polisi. Sejatinya, Bintara merupakan tulang punggung kesatuan di militer yang mempunyai peran sebagai penghubung antara Perwira dan Tamtama atau juga sebaliknya dari segi operasional.

Secara umum, para pelatih dalam instansi TNI atau Polri, berasal dari golongan pangkat ini guna membentuk atau merekrut menjadi aparat yang profesional. Dan umumnya berasal dari golongan Bintara bukan Bintara Tinggi.

Terlepas dari beberapa poin di atas, Bintara juga mempunyai peran dalam membimbing dan mengepalai sejumlah anggota Tamtama seukuran regu yang dipimpin oleh seorang Sersan. Untuk lembaga Polri, golongan pangkat tersebut dikenal dengan Brigadir.

Bintara sendiri masih terbagi menjadi dua golongan. Termasuk Bintara Tinggi dan Bintara.

  • Bintara Tinggi, merupakan golongan calon perwira di TNI (tugasnya membantu Letnan Dua dan Letnan Satu) serta Polri (ajun Inspektur Polisi Dua dan Ajun Inspektur Polisi Satu).
  • Bintara, merupakan golongan pangkat Sersan di TNI (sersan dua hingga sersan mayor), dan di Polri (Brigadir Polisi Dua hingga Brigadir Polisi Kepala).

Kembali berfokus pada poin yang kami maksud pada judul, berikut preview mengenai Pengumuman Penerimaan Terpadu Bintara Polri 2021 :


Jika melihat pengumuman di atas, tentu anda selaku lulusan SMK/SMA, Diploma dan S1 serta mempunyai minat untuk bergabung di Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Bisa segera mendaftarkan diri.

Pasalnya, sekarang ini merupakan waktu yang tepat untuk mendaftar karena pendaftarannya sudah dibuka.

Rekrutmen Polri ini merupakan penerimaan bagi calon Bintara Polri dengan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) melalui pendidikan pembentukan Bintara Polri.

Sedangkan untuk jumlah peserta sendiri, dibutuhkan setidaknya 10.650 orang yang terdiri dari Bintara Polisi Tugas Umum (PTU), dan juga Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus).

Untuk durasi pendidikan, yakni selama lima bulan dimulai dari 26 Juli hingga 22 Desmber 2021.
Akan tetapi, sesuai denga informasi yang dirangkum dari laman resmi. Ada beberapa syarat dan ketentuan dalam penerimaan Polri tersebut.

Tentu poin tersebut harus diperhatikan sebelum anda benar-benar mendaftarkan diri sebagai calon. Untuk informasi yang lebih lengkap, silahkan akses laman resmi di https://penerimaan.polri.go.id/

Mungkin hanya itu saja informasi yang bisa kami rangkum terkait Pengumuman Penerimaan Terpadu Bintara Polri 2021. Semoga apa yang kami tulis ini bisa menjadi referensi yang memang dibutuhkan.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done