Poin Perbedaan UN Dan Asesmen Nasional Pdf - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

3/03/2021

Poin Perbedaan UN Dan Asesmen Nasional Pdf

Hingga saat ini, masih banyak orang yang belum paham dengan Perbedaan UN dan Asesmen Nasional. Untuk memberikan informasi yang lebih lengkap, berikut kami akan melampirkan pdf Perbedaan AN dan UN.

Poin Perbedaan UN Dan Asesmen Nasional Pdf
Apa yang dimaksud dengan Asesmen Nasional (AN)? Asesmen Nasional merupakan pemetaan mutu pendidikan pada seluruh jenjang sekolah dan madrasah. Serta merupakan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah.

Pada penetapannya, AN terbagi dalam tiga komponen. Yakni mencakup Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi dan Numerisasi, Survei Karakter, dan juga Survei Lingkungan.

Sedangkan untuk Ujian Nasional (UN), merupakan sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional. Serta persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia.

Penerapan UN sendiri berdasar dari Undang-Undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa, dalam rangka mengendalikan mutu pendidikan secara nasional, dilakukan evaluasi sebagai bentuk ekuntabilitas penyelenggara pendidikan.

Apa yang menjadi poin perbedaan antara Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional? Agar penjelasan lebih lengkap, anda bisa menyimak lampiran dibawah ini!


Seperti yang kita ketahui, mulai tahun 2021 ini, Asesmen Nasional diresmikan sebagai pengganti UN. Beberapa poin yang menjadi pembeda pun sangat sederhana. Poin tersebut diantaranya :

Jenjang Penilaian : UN untuk (SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK). Sedangkan untuk AKM dan SK untuk (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK).

Level Murid : Yakni siswa yang ikut dalam AKM dan SK, merupakan siswa kelas V, VIII, dan XI. Sedangkan untuk UN, hanya diikuti oleh siswa tingkat akhir pada jenjang yang disebutkan diatas.

Subjek Murid : UN lebih berfokus pada sensus seluruh murid. Sedangkan utnuk AKM, berfokus pada sensus sekolah dengan sampel murid. 

Tingkat dan Jenis Tes : Tingkat jenis tes pada UN dilaksanakan secara highstake. Sedangkan untuk Akm ialah lowstake. Bahkan soal yang diberikan pada AKM sangat adaptif, sehingga soal tersebut disesuaikan dengan kemampuan menjawab siswa.

Moda Pelaksanaan : Pelaksanaan UN dengan semi online, dan untuk AKM dilaksanakan dengan full online. Namun bisa semi online dan offline bagi sekolah tertentu.

Metode Penilaian : Pada UN, sistem penilaian yang digunakan berupa Computer Based test (CBT). Dan untuk AKM, metode yang diterapkan ialah Computer MultiStage Adaptive Testing (MSAT).

Model Soal : Jenis soal yang disajikan pada UN, berupa pilihan ganda dan isian singkat. Berbeda dengan AKM yang menerapkan pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.

Beberapa poin yang kami sebutkan diatas hanya beberapa dari sekian banyak perbedaan yang diterapkan. Akan tetapi dari kesemua dari perbedaan tersebut, masih ada pula beberapa poin yang sama.

Agar anda lebih paham dengan poin yang kami maksud, ada baiknya untuk menyimak lampiran preview diatas.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done