Informasi Jalur Penerimaan Dan Alokasi Daya Tampung Mahasiswa Baru LTMPT

Jalur Penerimaan Dan Alokasi Daya Tampung Mahasiswa Baru mungkin sudah dijelaskan oleh beberapa sumber di internet. Akan tetapi, tidak kesemuanya menyajikan informasi yang lengkap. Sehingga tidak sedikit orang yang masih bingung untuk memahaminya.

Informasi Jalur Penerimaan Dan Alokasi Daya Tampung Mahasiswa Baru LTMPT
Dikutip dari laman resmi LTMPT, jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN dilakukan melalui beberapa seleksi. Beberapa diantaranya ialah SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, sekaligus menurut yang memenuhi kriteria oleh pihak PTN.

Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), dilakukan berdasar pada hasil penelusuran prestasi akademik atau portofolio dari calon mahasiswa.

Sedangkan untuk Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN), dilakukan berdasar pada hasil ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan kriteria lain yang sudah disepakati oleh PTN.

Terlepas dari penerimaan mahasiswa baru, khususnya yang melalui SNMPTN dan SBMPTN, PTN juga bisa melakukan seleksi mandiri. Salah satunya bisa menggunakan nilai hasil UTBK.

Jika dari sisi daya tampung pada setiap Program Studi (Prodi) yang sudah disediakan untuk para calon mahasiswa baru, khususnya yang mengikuti SNMPTN, akan ditetapkan paling sedikit sebanyak 20% dari daya tampung Prodi yang bersangkutan.

Sedangkan untuk kuota Prodi yang disediakan untuk calon mahasiswa yang mengikuti SBMPTN, akan ditetapkan paling sedikit sebanyak 40% dari daya tampung Prodi yang bersangkutan.

Bagaimana dengan penetapan kuota untuk seleksi mandiri? Kuota setiap prodi dari seleksi mandiri ditetapkan paling banyak 30% dari daya tampung prodi yang bersangkutan.

Apa saja persyaratan peserta agar bisa mengikuti SNMPTN?

  • Calon peserta masih berada di kelas terkhir pada pendidikan menengah dan akan lulus pada tahun berjalan.
  • Calon peserta mempunyai prestasi akademik yang baik serta konsisten ditunjukkan dengan kuota terbaik di sekolah dan dilakukan oleh LTMPT
  • Calon peserta masuk pada kuota peringkat terbaik di sekolah yang ditentukan akreditasi sekolah.
  • Calon peserta dinyatakan memenuhi syarat lain yang sudah ditentukan oleh masing-masing PTN. Ketentuan lebih lanjut terkait persyaratan dan tata cara penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN, nantinya akan ditetapkan oleh LTMPT.

Apa saja syarat peserta untuk mengikuti SBMPTN?

  • Peserta sudah mempunyai akun LTMPT
  • Peserta mempunyai nilai UTBK SBMPTN yang masih berlaku
  • Peserta sudah mempunyai ijazah atau surat keterangan lulus pendidikan menengah
  • Peserta merupakan lulusan menengah maksimal tiga tahun terakhir
  • Syarat dan ketentuan lebih lanjut tentang persyaratan dan tata cara penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN, akan ditetapkan oleh LTMPT.
  • Sementara itu, ketentuan tentang persyaratan, metode, tata cara, sekaligus kriteria seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing PTN, diatur dan ditetapkan oleh PTN bersangkutan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Apabila informasi diatas masih kurang, serta ingin data yang lebih lengkap. Anda bisa mengakses langsung laman resmi LTMPT di https://ltmpt.ac.id