Panduan Penggunaan Aplikasi pendaftaran Program Kompetensi SDM - Berita Pendidikan
News Update
Loading...

2/10/2021

Panduan Penggunaan Aplikasi pendaftaran Program Kompetensi SDM

Daftar Isi [Show]

Tidak berbeda dengan yang dijelaskan pada situs resmi, Panduan Penggunaan Aplikasi pendaftaran Program Kompetensi SDM ini hanya sebagai informasi pelengkap. Sedangkan untuk info asli, bisa anda akses di kompetensi.sumberdaya.ristekdikti.go.id

Panduan Penggunaan Aplikasi pendaftaran Program Kompetensi SDM
Untuk bisa daftar pada Program Kompetensi SDM Ristekdikti ini, setidaknya ada 5 poin yang harus anda pahami. Beberapa diantaranya ialah daftar, login, melihat tawaran, data dosen, dan juga manajemen usulan. Kesemuanya harus anda lengkapi agar semua proses berjalan lancar.

Yang menjadi pertanyaan disini ialah : Bagaimana tahapan pendaftaran Program Kompetensi SDM Ristekdikti? Untuk lebih singkatnya, simak daftar singkat yang sudah kami rangkum berikut :

Pendaftaran

Jika anda memang ada niat untuk daftar, maka harus mengunjungi terlebih dahulu link yang sudah kami lampirkan diatas. Selanjutnya, lakukan registrasi dengan cara mengklik “Daftar Sekarang”. Langkah ini akan menuntun anda pada laman untuk pembuatan akun. Peserta bisa mendaftar menggunakan email ataupun NIDN.

  • Login Akun
  • Setelah peserta mendapat akun dan sudah memverifikasi email atau data. Maka selanjutnya bisa masuk (login) menggunakan user dan password yang sudah diatur sebelumnya. Langkah akan dipercepat dengan mengklik link yang sudah dikirim pada emal terdaftar.

Daftar Tawaran

Pada bagian dashboard (halaman beranda / depan), peserta akan disajikan dengan beberapa tampilan menu tawaran program. Khususnya program yang saat ini sedang dibuka. Untuk mempersingkat, pilih daftar dari salah satu program yang diinginkan. Berikutnya akan dilanjutkan dengan melengkapi data yang dibutuhkan.

Data Dosen

Pada tahapan ini, para peserta yang sudah mendaftar diharuskan untuk melengkapi data yang diminta. Jadi, lengkapi semua data dengan memilih menu :

  • Edit : Fitur ini bisa dipergunakan untuk menyunting dan melengkapi data peserta.
  • Aksi : Fitur ini dipergunakan untuk melengkapi riwayat pelatihan atau program yang sudah pernah diikuti.
  • Riwayat Pendidikan : Fitur ini untuk melihat riwayat pendidikan dari peserta terdaftar. Data riwayat pendidikan ini tidak bisa di edit ataupun ditambahkan, pasalnya sudah disesuaikan dengan data pada PDDIKTI.

Manajemen Usulan

Menu terakhir ini ialah untuk melengkapi beberapa data yang dianggap penting untuk menunjang para peserta. Tahapan lebih lengkap silahkan simak langkah berikut :

  • Unggah Berkas Pendukung : Menu ini digunakan untuk melengkapi sekaligus mengunggah berkas persyaratan yang sesuai dengan panduan masing-masing program.
  • Lengkapi Data Tambahan : Fitur yang bisa dipergunakan utnuk melengkapi data Negara Tujuan, PT LN Tujuan dan juga Durasi kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan.
  • Ajukan Usulan : Ketika semua data sudah dilengkapi, serta kelengkapan berkas persyaratan sudah rampung, maka selanjutnya bisa klik Ajukan Usulan. Selanjutnya pada keterangan status, akan berubah menjadi sudah diusulan.

Apa anda sudah paham dengan rincian yang sudah kami rangkum diatas? Sekian dan semoga membantu!




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Selamat datang di Cadiak.id jangan lupa untuk mengikuti Sosial Media kami. Untuk Try-Out UTBK dan CPNS Online Gratis silahkan kunjungi Kolompendidikan.id
Done