Syarat Peserta Ikut SPMB PKN STAN 2021

Apa saja Syarat Peserta Ikut SPMB PKN STAN 2021? Pada dasarnya, saat ini ada banyak sumber informasi yang bisa dirangkum. Khususnya informasi yang membahas tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN.

Syarat Peserta Ikut SPMB PKN STAN 2021
Menurut dari beberapa sumber, setidaknya ada tiga sumber informasi terkait SPMB PKN STAN 2021. Keterangan ini diberikan melalui akun Twitter Badan Pendidikan Pelatihan Keuangan (BPPK Kemenkeu).

Beberapa sumber yang dijelaskan pada keterangan tersebut, bisa diakses melalui situs resmi Kemenkeu RI, BPPK, dan juga PKN STAN.

Terlepas dari tiga sumber tersebut, tentu bukan informasi resmi. Melainkan hanya penyadur atau penyampai ulang informasi dari sumber resmi.

Nah yang menjadi topik disini ialah, apa saja syarat peserta SPMB PKN STAN? Keterangan yang kami rangkum ini bersumber dari syarat peserta SPMB PKN STAN 2019.

Daftar Syarat Peserta SPMB PKN STAN

  • Lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2018 dan sebelumnya atau calon lulusan tahun 2019.
  • Persyaratan nilai : Lulusa tahun 2018 dan sebelumnya dengan nilai rata-rata ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100. Atau calon lulusan tahun 2019 dengan nilai rata-rata rapor kompeten pengetahuan pada 5 semester tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100. Atau 2,80 dengan skala 4.00. Dengan ketentuan pada saat mendaftar ulang, yang bersangkutan sudah dinyatakan lulus dan mempunyai nilai rata-rata ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100.
  • Usia maksimal tanggal 1 September 2019 ialah 20 tahun. Usia maksimal tanggal 1 September 2019 17 tahun bagi peserta yang mempilih spesialisasi Diploma I dan 15 tahun untuk peserta yang memilih spesialisasi Diploma III.
  • Dinyatakan sehat secara jasmani dan rohani serta terbebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya.
  • Belum pernah menikah serta bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti program pendidikan.
  • Terkhusus untuk Spesialisasi Diploma I dan Diploma II, Kepabeanan dan Sukai ditambahkan syarat sebagai berikut : Jenis kelamin dan tinggi badan (Spesialisasi D1 : Laki-laki minimal 165 cm – perempuan minimal 155 cm) – (Spesialisasi D3 : Jenis kelamin laki-laki minimal 165 cm), tidak cacat badan, tidak buta warna, bagi penguna kacamata / lensa kontak minus (rabun jauh) dan atau plus (rabun dekat), dan atau silindris, bisa diberikan toleransi maksimal hingga ukuran 2 dioptri.
  • Khusus untuk Program Afirmasi, ditambah pula dengan syarat : Sudah menyelesaikan SD/sederajat, SMP/SLTP/Sederajat, dan SMA/SLTA/SMK/MA/ Sderajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa tenggara Timur. Mempunyai garus keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur.
  • Menyetor atau membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar berdasar PP Nomor 63 tahun 2016 tentang Jenis dan tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara (BKN).
  • Pendaftar tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman SPMB PKN STAN pada tahun sebelumnya.