81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

11 Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2021 Yang Harus Diketahui

Teruntuk calon mahasiswa yang mempunyai keinginan masuk perguruan tinggi negeri (PTN), maka sudah bisa mulai dari sekarang dalam mempersiapkan diri dengan baik.

11 Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2021 Yang Harus Diketahui
Tidak berbeda dari tahun sebelumnya, jalur masuk di 2021 masih sama, yaitu dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), serta Jalur Mandiri.

Pada jalur yang pertama yang bisa digunakan ialah SNMPTN 2021. Supaya memberikan gambaran bagi para calon peserta SNMPTN, maka Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT( menyelenggarakan sosialisasi pelaksanaan SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN tahun 2021 secara daring (online).

Seperti dipaparkan oleh Ketua Pelaksana LTMPT Budi Prasetyo, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan pda pendaftaran SNMPTN 2021.

Maka dari itu, dalam sosialisasi online tersebut pihak LTMPT juga memberikan gambaran pada kepala sekolah serta guru BK. Khususnya pada penggunaan jalur SNMPTN 2021.

Untuk lebih jelasnya, berikut 11 tahapan pendafaran SNMPTN 2021 :

  1. Untuk poin satu, ialah pengumuman oleh LTMPT teruntuk bagi sekolah sesuai dengan akreditasi dan jumlah siswa.
  2. Melakukan registasi akun LTMPT bagi sekolah (Wajib bagi sekolah yang belum punya akun LTMPT. Dalam hal ini, sekolah harus daftar (registrasi) melalui laman https://portalltmpt.ac.id)
  3. Registrasi akun LTMPT bagi siswa (Wajib bagi semua siswa kelas XII melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id)
  4. Pihak sekolah menentukan calon peserta Berdasar data LTMPT dari jumlah siswa dan akreditasi di Dapodik-Pusdatin Kemendikbud atau EMIS-Pendis Kemenag.
  5. Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PPDS)
  6. Pendaftaran SNMPTN 2021
  7. Pilihan PTN dan Program Studi Pendaftar bisa memilih paling banyak dua PTN.
  8. Pengunggahan portofolio (Wajib bagi peserta yang memilih program studi Bidang Seni dan Olahraga)
  9. Seleksi Jalur SNMPTN 2021 (Berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN)
  10. Pengumuman Kelulusan hasil SNMPTN 2021
  11. Melakukan daftar ulang (Sesuai dengan PTN tempat calon mahasiswa dinyatakan diterima)
Menurut penjelasan Budi, semua proses akan dipercayakan pada sekolah untuk memasukkan nilai. Atau bisa juga menjadi kewenangan sekolah. Akan tetapi, yang di isikan pada PPDS hanya siswa yang terbilang eligible.

Terlepas dari itu, untuk memperoleh informasi yang lebih jelas dan valid, pihak LTMPT juga memberikan himbauan pada pihak sekolah untuk terus melakukan pemantauan. Khususnya terkait dengan perkembangan info, tidak terkecuali ketentuan mengisi PPDS yang akan diunggah pada laman LTMPT.

Sebagai tambahan catatan, pengumuman kuota akan dilaksanakan hingga 28 Desember 2020. Sedangkan untuk layanan masa sanggah tentang kuota, bisa dilakukan paling lambat pada Jumat 15 Januari 2021 pukul 15.99 WIB.

Bagaimana? Apa anda sudah siap mendaftar SNMPTN 2021? Tentu beberapa poin diatas bisa menjadi dasar sebelum anda mengikuti seleksi yang akan segera dilaksanakan.

Post a Comment

Post a Comment