Terupdate! Simak Contoh Karya Ilmiah Pada Bidang Pertanian

Sebagai pekerja di bidang pertanian, mengetahui mengenai hal – hal berkaitan dengan tanaman membutuhkan berbagai ilmu pengetahuan yang faktual dan juga ojektif sesuai dengan yang ada di lapang. Berbagai teori sebelumnya dapat dijadikan sebagai referensi penelitian untuk karya ilmiah. Berikut salah satu contoh karya ilmiah pada bidang pertanian. Simak ulasan dibawah ini.

KARYA TULIS ILMIAH
KEGIATAN PERTANIAN DALAM MASYARAKAT

BAB I
PENDAHULUAN

1.Latar Belakang

Profesi petani merupakan profesi yang paling banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia terutama di daerah pedesaan. Profesi petani juga merupakan profesi yang digeluti secara mudah meski tanpa mengenyam bangku sekolah mengingat profesi ini bias dibilang sangat sederhana dan rata-rata bisa dilakukan oleh semua orang di pedesaan, baik itu laki-laki maupun perempuan. Adapun jenis tanamannya yang beraneka ragam dan cara pengelolaan serta penggunaan pupuk dan pestisida yang berbeda pula. Di masa dulu dimana sektor perekonomian nasional masih bertumpu pada sektor pertanian yang menjadi andalan dalam memperoleh pendapatan nasional bangsa Indonesia selalu mampu mencukupi kebutuhan akan pangan dalam negeri tanpa harus mengimpor dari negara lain. Akan tetapi saat ini jika dilihat dari situasi perekonomian Indonesia yang cenderung mempercepat industrialisasi berdampak pula pada sektor pertanian, akibatnya sektor pertanian yang dulunya menjadi andalan Negara seolah-olah menjadi terbengkalai.

Melihat situasi yang demikian tentunya akan berdampak pula pada ekonomi petani itu sendiri. Terabaikannya sektor pertanian yang terbukti dengan makin gencarnya bangsa Indonesia melakukan impor beras dan bahan pangan lainnya dari Negara tetangga seperti dari Thailand, Vietnam, Myanmar dan India yang berakibat pada menurunnya harga produk pertanian dari petani domestik. 

Lebih lengkapnya dapat anda lihat pada link berikut ini https://hidayatmeikita.wordpress.com/category/penelitian-atau-karya-tulis-ilmiah-pertanian/

Bidang pertanian merupakan salah satu aspek penting yang mendorong kemajuan suatu bangsa. Berbagai pengetahuan yang inovatif muncul dari pemikiran para peneliti pada bidang ini. Dengan adanya hal tersebut mendorong adanya pembuatan karya ilmiah pada bidang ini khususnya pada inovasi maupun penelitian yang membuktikan teori – teori yang telah ada sebelumnya.

Pada penulisan karya ilmiah di bidang pertanian ini, dibutuhkan pengetahuan mengenai bidang ini dan juga sumber informasi maupun teori bersifat logis, faktual dan sistematis. Oleh karena itu, sebelum membuat karya ilmiah anda harus terlebih dahulu mencari sumber informasi seperti jurnal ilmiah maupun buku ilmiah yang berkaitan dengan karya ilmiah anda. Contoh karya ilmiah diatas dapat menjadi referensi.