Terlengkap! Perhatikan Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Bahasa Indonesia

Karya tulis ilmiah dapat berupa makalah, simposium, dan artikel yang bersifat ilmiah. Penyusunan karya tulis ilmiah mengandung fakta dengan kalimat yang disusun secara sistematis. Tentunya, penulisan karya tulis ilmiah harus didasarkan pada kaidah yang berlaku. Salah satu contoh karya tulis ilmiah tentang bahasa Indonesia dapat dipaparkan sebagai berikut.

Analisis Dasar Hukum Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional


ABSTRAK

Artikel ini  ditulis  untuk mengambarkan analisis  dasar hukum  bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional. Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan, bahasa Nasional, dan bahasa Negara. Sumpah Pemuda hasil Kongres Pemuda Indonesia tanggal 28 Oktober 1928 merupakan kristalisasi dari nasionalisme Indonesia. Bahasa Indonesia sebagai salah satu isi sumpah pemuda memegang  peranan  penting  bagi  nasionalisme  Indonesia.  Bahasa  Indonesia  yang  merupakan menumbuh  suburkan nasionalisme  dalam  masyarakat  kita  yang  mendiami  beribu-ribu  pulau  di nusantara  ini  dengan berbagai  suku  bangsa  dan bahasa  daerah.  Bahasa  suatu daerah  dilatar belakangi oleh sosial budaya dan latar belakang kebahasaan yang berbeda-beda. Berdasarkan hal tersebut bahasa tidak akan menghambat komunikasi antar daerah dan antar budaya, karena adanya bahasa persatuan  atau bahasa nasional  untuk menghindari  kesalah pahaman satu  dengan yang lainnya  akibat  perbedaan  latar  belakang  sosial  budaya  dan  bahasa.  Bahasa  sebagai  bahasa Nasional, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang dinamis seiring dengan dinamika kemajuan masyarakat sebagai dampak pembangunan nasional. Agar bahasa Indonesia yang digunakan selalu baik dan benar maka kita sebagai penutur bahasa dituntut selalu terbuka dan dinamis mengikuti perkembangan  bahasa  Indonesia.  Sebagai  upaya  membina  bahasa  Indonesia  masyarakat  agar selalu  bersikap  positif  terhadap  bahasa  Indonesia dan  berbahasa  Indonesia.  Membina  bahasa Indonesia berarti juga membina nasionalisme bangsa karena bahasa Indonesia merupakan identitas Nasional bangsa Indonesia.

Kata Kunci: Bahasa, Bahasa Nasional, Dasar Hukum

PENDAHULUAN

Identitas  nasional  adalah  ungkapan nilai  budaya  suatu  masyarakat  atau bangsa  yang  bersifat  khas  yang membedakannya  dengan  bangsa  lain. Identitas  Nasional  bukan  sesuatu  yang sudah  selesai,  tetapi  terus  berkembang secara  kontekstual  sesuai  dengan perkembangan  zaman.  Unsur-unsur identitas  nasional  antara  lain  pola perilaku,  simbol-simbol,  alat-alat perlengkapan,  dan  tujuan  yang  akan dicapai secara nasional,  sedangkan unsur pembentuk  identitas  nasional  meliputi sejarah, kebudayaan, suku bangsa, agama, dan bahasa (Ubaedillah dan Rozak, 2008: 19-21).

Untuk mendapatkan hasil yang lebih lengkap, perhatikan link berikut.

https://www.researchgate.net/publication/332227910_ANALISIS_DASAR_HUKUM_BAHASA_INDONESIA_SEBAGAI_BAHASA_NASIONAL

Karya tulis yang telah dipaparkan di atas adalah contoh karya tulis ilmiah yang membahas tentang bahasa Indonesia. Dalam pemaparan tersebut, telah disebutkan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa nasionalisme yang dapat menyatukan beribu-ribu penduduk Indonesia. Oleh karena itu, menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar perlu dilakukan untuk membina nasionalisme.

Demikianlah contoh karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah harus disusun berdasarkan kondisi fakta yang ada di lingkungan. Tentunya, karya tulis ilmiah juga bersifat logis, sistematis, dan rasional. Oleh karena itu, contoh di atas dapat dijadikan sebagai sumber referensi bagi anda yang ingin menyusun karya tulis ilmiah.