Terbaru! Berikut Contoh Proposal Bisnis Plan Untuk Makanan Unik

Proposal bisnis plan adalah salah satu pernyataan tertulis yang berisi mengenai maksud dan tujuan yang ingin dicapai dalam sebuah bisnis. Pada beberapa acara biasanya akan menyediakan pendanaan bagi bisnis yang telah berjalan maupun bisnis yang akan berjalan. Proposal bisnis plan untuk makanan unik ini adalah salah satu contoh proposal rencana bisnis di bidang boga, yaitu makanan. Berikut simak cara membuatnya.


PROPOSAL BISNIS PLAN 
Roti Bakar Ice Cream


Latar belakang

Perkembangan modern jaman sekarang ini memang untuk bisa bersaing membutuhkan kuliner yang unik. Sehingga tidak perlu bersaing dengan makanan yang sudah mainstream.

Karena itu bisnis roti bakar ice cream merupakan pilihan yang jitu. Banyak orang yang senang makan ice cream. Apalagi Indonesia adalah negara tropis dengan iklim yang cukup panas.

Berdirinya usaha ini awal mulanya dari ide untuk membuat sebuah tempat mengkonsumsi snack yang santai. Ya memang roti dan ice cream bukan makanan pokok, tetapi lebih ke snack. Cocok untuk orang-orang bersantai, atau mungkin untuk yang pacaran.

Apalagi di jaman sekarang ini rata-rata para remaja membutuhkan tempat nongkrong yang nyaman. Akan lebih baik lagi apabila tempat nongkrong tersebut juga menyediakan makanan yang tidak hanya enak, tetapi juga dijual dengan harga yang terjangkau.

Karena itu didirikanlah usaha ini. Harapan kami adalah para remaja dan orang-orang sekitar lokasi usaha akan tertarik, dan menemukan tempat yang nyaman untuk bersantai dan bersantap snack yang lezat dan murah meriah.

Visi, Misi, Tujuan

Visi = Menjalankan usaha yang merakyat

Misi = Memberikan pelayanan terbaik, memberikan citarasa lezat

Tujuan = Mendapatkan profit sebesar-besarnya, membuka lapangan kerja

Produk

Berbeda dibandingkan produk roti bakar pada umumnya. Ditambahkan dengan ice cream sehingga menciptakan citarasa baru yang unik. Menu tambahan selain roti bakar ice cream ada roti bakar buah. Ditambahkan dengan aneka minuman yang unik. Mulai macam-macam kopi, jus buah, sirup, dan ice cream soda.

Status hukum

Di bawah ini adalah hal-hal dasar mengenai apa saja yang harus diperhatikan agar usaha berjalan tanpa hambatan. Antara lain:

Dinas kesehatan

Sampel halal MUI

Higienis

Ijin usaha

Analisa pasar

Analisa pasar untuk bisnis makanan unik roti bakar ice cream adalah:

1. Pangsa pasar

Usaha akan dijalankan di lokasi strategis di tepi jalan utama yang ramai orang. Contohnya adalah alun-alun juga berbagai tempat keramaian yang lain. Dipilih lokasi yang ramai dilewati orang-orang, dari masyarakat lokal hingga non-lokal (Wisatawan luar negeri). Target pasar adalah masyarakat sekitar, masyarakat pengguna jalan, dan wisatawan.

2. Target konsumen

Ketika menjalankan bisnis ini maka target konsumen yakni semua kalangan masyarakat. Dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Harga yang ditawarkan juga bersaing mulai Rp 12.000,- / Pcs.

Strategi pemasaran

Untuk strategi pemasaran / marketing yang akan kami gunakan yakni:

1. Media internet

Promosi akan menggunakan media internet. Contohnya Facebook, Blog, Instagram, dan lain-lain. Sebab sebagian masyarakat sudah memakai media internet. Dengan begitu masyarakat pun akan bisa mengetahui lokasi, menu, dan keunikan usaha roti bakar ice cream.

2. Media banner

Promosi yang kedua adalah menggunakan metode yang sederhana yakni menggunakan media banner. Tidak butuh biaya dalam melakukan strategi promosi ini. Jadi menggunakan banner dekat lokasi. Nanti orang-orang di sekitar yang lewat akan bisa melihat foto produk. Sehingga orang-orang akan tertarik untuk mencicipi. Kemudian akan menjadi pelanggan setia.

3. Mengembangkan produk

Setiap waktu usaha juga akan terus dikembangkan. Pengembangan produk dengan penambahan variasi rasa. Contohnya red velvet, green tea, Milo, Chocolate Almond, dan lain-lain. Disesuaikan dengan perkembangan jaman. Karena setiap waktu selalu ada yang baru. Diusahakan untuk menciptakan produk yang khas.

4. Riset pasar

Tidak lupa dilakukan riset pasar juga. Di mana sebelum usaha dijalankan entah produksi dan kegiatan yang lainnya maka akan diadakan pengamatan pasar terlebih dahulu. Tujuan dari pengamatan pasar yakni mengetahui kondisi riil pasar saat ini. Berkaitan ke harga produk, produk itu sendiri, serta siapa saja pesaing yang ada di lokasi tempat usaha ice cream roti bakar akan dijalankan.

Analisa operasional

Untuk analisa operasional yang akan kami gunakan yakni:

1. Kualitas

Kualitas akan diusahakan yang terbaik dan setiap waktu kualitas akan terus dijaga. Khususnya dengan bahan-bahan yang berkualitas. Karena citarasa makanan roti ice cream hanya akan terasa lezat apabila menggunakan bahan-bahan yang premium dan terbaik.

2. Lokasi usaha

Pemilihan lokasi usaha akan dipilih yang dekat dengan alun-alun sehingga selalu ramai dengan orang hilir mudik. Dengan begitu konsumen pun aka bisa mengakses tempat usaha dengan mudah.

3. Citarasa

Terkait kontrol citarasa produk juga akan selalu dijaga, dengan demikian konsumen yang menikmati tidak akan merasa kecewa. Bahan baku, proses pengemasan, kebersihan, semuanya akan dikontrol dengan seksama. Dengan demikian konsumen pun akan merasa puas dan ke depannya akan mengajak teman-teman mereka untuk berkunjung.

Analisa pendukung bisnis

Agar kelangsungan usaha dapat terus berjalan dengan baik. Maka berikut analisa untuk elemen pendukung bisnis roti ice cream kami:

1. Distributor

Akan dilakukan kerjasama dengan distributor bahan baku. Dipilih hanya yang menawarkan harga yang terbaik, dan selalu ready stock. Dengan demikian pasokan barang tidak akan terganggu.

2.  Pelaku bisnis

Dalam menjalankan usaha roti ice cream SDM yang akan kami gunakan hanyalah yang profesional dan berpengalaman. Selain itu yang tekun dan mau belajar serta kreatif. Dengan demikian kualitas produk akan selalu terjaga. Ide cemerlang pun akan selalu ada untuk menciptakan produk-produk yang baru.

3. Pengelola tempat

Sebelum menjalankan bisnis, maka akan diurus semua izin yang dibutuhkan. Dengan begitu ketika mulai maka semuanya sudah siap. Tidak akan ada rasa khawatir karena usaha belum mendapatkan ijin. Maka ini akan menciptakan rasa aman baik untuk pelaku usaha maupun untuk pelanggan.

Analisa SWOT

Berikut analisa Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang), dan Threat (Ancaman) dari bisnis roti ice cream:

1. Strength

Rasa yang benar-benar enak

Punya ciri khas tersendiri karena jarang yang membuat roti bakar ice cream

Tempat strategis

Interior cafe yang cozy

2. Weakness

Kurangnya modal untuk menjalankan usaha

Masih belum ada cabang

Tak semua orang senang menyantap ice cream, roti, dan buah

Harga bahan baku yang berubah-rubah, khususnya untuk pembuatan selai

3. Opportunity

Disukai oleh sebagian besar masyarakat

Budaya masyarakat konsumtif

Peluang ke depan sangat besar

4. Threat

Produk gampang ditiru

Harga bahan baku dapat berubah sewaktu-waktu

Apabila turun hujan orang akan malas keluar rumah, sehingga pembeli jarang kalau sedang hujan

Analisa keuangan

Untuk analisa keuangan, rincian bisa dilihat di bawah ini:

Modal awal

Untuk rincian modal awal dapat kamu lihat di bawah ini:

No. Keterangan             Kuantitas     Harga per satuan Total harga

1 Gerobak                   1 unit             3.000.000         3.000.000

2 Kompor gas              1 unit             300.000         300.000

3 Pemanggang roti      1 unit             500.000         500.000

4 Pisau                  2 buah                25.000                 50.000

5 Telenan                 2 buah             15.000                 30.000

6 Serbet                 5 buah             5.000                 25.000

7 Tabung gas         1 buah             100.000         100.000

8 Kotak sampah         2 buah             30.000                 60.000

9 Solet                 3 buah             2.000                 6.000

10 Banner                 2 meter                                  100.000

11 Listrik, air, dan lain2                                  250.000

12 Box ice cream         1 buah             50.000                 50.000

  Total modal awal                                 Rp 4.471.000,-

*Untuk 3 s/d 7 harian.

No Keterangan Harga Kuantitas

1 Roti                 150.000 30 bungkus

2 Nanas         12.000 1 kg

3 Ice cream 250.000 1 kotak

4 Strawberry 12.000 1 kg

5 Coklat         16.000 1 bungkus

6 Kacang         20.000 1 kg

7 Nangka         16.000 1 kg

8 Srikaya         20.000 1 kg

9 Keju         18.000 1 kotak

10 Susu         9.000 1 kaleng

Total Rp 553.000,-  

Oleh karena itu modal awal untuk kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang totalnya Rp 5.024.000,00

Rencana pendapatan

Untuk rencana pendapatan yang dilakukan yakni. Bagi target penjualan untuk roti bakar ice cream sejumlah 30 pcs / hari adalah:

Penjualan:

Roti bakar ice cream 10 rb x 30 = 300.000

Total penjualan / hari = 300.000

Rencana pendapatan:

Penjualan per hari x 7 hari (Jangka pendek) – 178.000 (Kebutuhan jangka pendek)

Hasil total : 2 orang

Dikali 4 (Rentang waktu 1 bulan)

200.000 x 7 = 2.100.000 – 553.000 = Rp 1.547.000,-

1.547.000 : 2 = Rp 773.000,-

773.000 x 4 = Rp 3.094.000,-

Oleh karena itu didapatkan perhitungan pendapatan netto / bulan yang didapatkan dari tiap orang nominalnya adalah Rp 3.094.000,00

Rencana pengembangan usaha

Dalam berwirausaha yang baik maka usaha yang berjalan tidak boleh datar terus. Tetapi harus terus mendapatkan perbaikan kualitas pekerjaan. Sehingga ke depannya bisnis tidak akan kalah dimakan persaingan.

Dengan perbaikan kualitas yang kontinu maka konsumen pun akan terus puas terhadap pelayanan yang diberikan. Citarasa roti juga harus dijaga terus dan ditingkatkan dengan tambahan variasi roti baru. Ini semua untuk menghindari ancaman gulung tikar.

Penutup

Dapat disimpulkan kalau usaha kuliner unik yang disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan ini memiliki potensi untuk sukses yang sangat besar. Kami benar-benar percaya jika bisnis ini dapat maju juga berkembang terus, serta tidak akan ditinggalkan oleh pelanggan.

Dengan kualitas yang terjaga terus. Maka pelanggan lama tidak akan menghilang. Justru setiap waktu akan mendapatkan pelanggan yang baru. Sehingga ke depannya pelanggan akan semakin banyak. Bahkan potensi untuk membuka cabang di daerah lain juga sangat besar. Karena rata-rata masyarakat di Indonesia senang mengkonsumsi buah, roti, dan ice cream.

Bisnis makanan unik memang banyak digemari di kalangan masyarakat. Terlebih masyarakat memang menyukai hal hal yang baru dan unik untuk dicoba. Salah satunya adalah di bidang makanan. Makanan merupakan kebutuhan utama di masyarakat, sehingga  hal ini menjadi peluang bagi pengusaha untuk mengajukan dana melalui proposal bisnis plan untuk dapat dukungan dalam bentuk dana maupun dalam bentuk yang lainnya. 

Nah itulah contoh terbaru dari proposal bisnis plan di bidang makanan unik. Melalui contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa penulisan proposal bisnis plan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Para penerima proposal bisnis plan akan lebih tertarik pada proposal yang menjelaskan secara detail dan lengkap. Apabila anda sedang membutuhkan dana untuk bisnis anda, silahkan mencoba untuk membuat proposal bisnis plan seperti contoh diatas.