Terbaru, Berikut Contoh Karya Ilmiah Tema Pengelolaan Sampah Terlengkap

Selain berargumen di dalam menyampaikan pendapat, menulis karya ilmiah juga dapat menjadi pilihan lain. Karya ilmiah adalah suatu cara dalam memecahkan suatu masalah menggunakan landasan teori serta metode yang terstruktur. Tulisan ilmiah berisi tentang data, fakta, dan solusi mengenai suatu masalah yang ingin kita bahas. Salah satunya adalah masalah dalam pengelolaan sampah.

Saat ini, sampah telah menjadi masalah bersama yang harus diselesaikan. Sampah yang diproduksi oleh masyarakat dapat dapat mengotori dan berbahaya bagi lingkungan sekitar. Karena banyaknya masalah yang ditimbulkan dari sampah ini, tak heran banyak karya ilmiah yang mengambil tema ini untuk dijadikan pembahasan. Lebih lanjut, simak contoh karya ilmiah tentang pengelolaan sampah pada artikel di bawah ini. 

Contoh Karya Ilmiah Dengan Tema Pengelolaan Sampah

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Saat ini, pengelolaan sampah menjadi salah satu masalah terbesar di dunia yang sulit untuk diatasi. Banyak kerugian yang dapat ditimbulkan dari sampah, yang membahayakan bagi lingkungan sekitar dan juga kesehatan masyarakat. Namun, hingga saat ini masih begitu banyak masyarakat yang belum memiliki kesadaran untuk melakukan pengelolaan terhadap sampah khususnya sampah plastik. Padahal, sampah plastik adalah salah satu jenis sampah yang susah diuraikan.  

B. Rumusan Masalah

1. Bagaimana cara memanfaatkan kembali sampah?

2. Bagaimana cara mendaur ulang sampah?

C. Tujuan Penelitian

Adapun manfaat penelitian yang bisa didapatkan dari karya ilmiah ini adalah:

1. Dapat mengetahui cara pemanfaatan kembali sampah

2. Dapat Mengetahui cara mendaur ulang sampah

BAB II

Pembahasan


Sampah adalah salah satu material sisa dari suatu proses yang tidak digunakan kembali, dan biasanya hanya dibuang. Berdasarkan jenis-jenisnya sampah terbagi menjadi sampah alam, sampah manusia, sampah hasil konsumsi, sampah nuklir, sampah industri dan pertambangan. Namun, sampah yang biasa dihasilkan dan mengganggu lingkungan adalah sampah manusia atau jenis sampah konsumsi. 

Berdasarkan sifatnya, sampah terbagi menjadi dua yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang mudah membusuk dan mudah terurai, seperti sampah sisa makanan, sayuran, daun  kering dan lainnya. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang sulit untuk diuraikan karena tidak mudah membusuk seperti sampah kayu, plastik, botol bekas minuman dan wadah pembungkus makanan. 

Sampah yang banyak dihasilkan oleh masyarakat sebenarnya masih bisa digunakan agar tidak terlalu banyak menumpuk. Pemanfaatan kembali sampah pada dasarnya tidak memerlukan waktu lama. Yang terpenting adalah kreativitas dan ketekunan.Untuk sampah organik bisa diolah kembali menjadi pupuk.

Sedangkan sampah kertas bisa didaur ulang dan dijadikan kertas lagi. Untuk sampah plastik dan kaleng bisa dimanfaatkan untuk dijadikan berbagai wadah, tergantung ukuran. Kesemua pemanfaatan sampah tersebut tergolong ke dalam reuse atau pemanfaatan kembali.

BAB III

Penutup

A. Kesimpulan

Kehidupan manusia hingga kapanpun tidak akan pernah terlepas dari sampah. Sampah memiliki berbagai macam jenis yang bisa diuraikan dan tidak bisa diuraikan. Oleh karena itu, sampah seringkali menjadi masalah lingkungan yang hingga kini belum dapat diatasi. Hal ini disebabkan oleh kesadaran masyarakat yang masih rendah terhadap pengelolaan sampah. Padahal, sampah masih bisa dimanfaatkan menjadi peluang usaha dan berguna untuk mengatasi masalah lingkungan.

B. Saran

Bagi peneliti selanjutnya, ada baiknya untuk mengkaji ulang data-data dan materi terkait pengelolaan sampah yang dapat digunakan di kemudian hari untuk mengatasi masalah pengelolaan sampah. Bagi masyarakat, semoga karya tulis ini dapat menjadi referensi dan membuka kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mengelola sampah.

Sampah memang menjadi masalah lingkungan yang harus diselesaikan bersama oleh masyarakat. Sehingga, lingkungan sekitar akan menjadi lebih bersih dan bebas dari potensi bencana alam seperti banjir. Sebagai masyarakat juga ada baiknya untuk meminimalisir penggunaan sampah dan mencoba untuk mendaur ulangnya terlebih dahulu sebelum membuangnya. Pengelolaan sampah ini juga bisa menjadi peluang bagi masyarakat untuk mencari mata pencaharian.

Berikut merupakan salah satu contoh karya ilmiah yang sederhana terkait cara pengelolaan sampah. Template ini juga bisa anda gunakan untuk berbagai karya ilmiah dengan contoh pembahasan lainnya. Untuk membuat karya ilmiah yang baik, anda bisa mencari referensi yang cukup agar kajian anda lebih mendalam lagi. Yang paling penting dari sebuah karya ilmiah adalah pastikan teori, permasalahan dan pembahasan sinkron.