Rangkuman Soal-Soal CPNS 2020 Paling Lengkap


Rangkuman Soal-Soal CPNS 2020 Paling Lengkap


CPNS 2020 akan segera diberlangsungkan, para peserta sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk melatih skillnya supaya bisa menghadapi tes CPNS 2020. 

Ada banyak hal yang harus dikuasai oleh para siswa dalam mengikuti CPNS di tahun ini. Pasalnya soal-soal yang diberikan akan berbeda dengan soal tahun sebelumnya supaya bisa lolos seleksi CPNS 2020. 

Salah satu persiapan penting yang harus dilakukan adalah melihat soal-soal tentang kisi-kisi yang akan dikeluarkan nantinya. 

Biasanya materi soal yang akan dikeluarkan mencakup kisi-kisi yang diberikan. Dengan belajar yang efektif akan menjadikan anda untuk bisa lolos dalam seleksi CPNS 2020. 

Anda akan bersaing dengan banyak orang, dimana masing-masing memiliki skill dan potensi tersendiri untuk mengalahkan lawan lainnya. Jika anda lengah dan malas untuk belajar, maka hal itu akan beresiko pada diri anda sendiri. 

Rangkuman Soal CPNS 2020 


Terdapat tiga materi yang akan diujikan nantinya yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensi Umum (TWU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Berikut ini beberapa rangkuman soal dari masing-masing materi yang bakal diujikan nantinya. 

- TWK 

Materi Tes Wawasan Kebangsaan yang akan dikeluarkan yaitu tentang seputar kebangsaan Negara Indonesia. Dimana anda harus mengetahui seputar kebangsaan Indonesia karena anda sendiri akan mengabdi pada Negara. Adapun beberapa hal yang harus anda pahami di dalam tes kebangsaan seperti berikut: 

1. Nasionalisme 

Salah satu soal yang akan dikeluarkan tentang TWK adalah nasionalisme. Hal ini akan mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama untuk mempertahankan identitas. 

2. Intergitas 

Tujuan dari materi ini adalah menunjukan sifat dan keadaan menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, kewibawaan, sebagai satu kesatuan. 

3. Bela Negara 

Materi tentang bela Negara juga akan diujikan saat tes CPNS 2020 nantinya. Materi ini bertujuan agar anda aktif dan berperan dalam mempertahankan eksistensi Negara Indonesia. 

4. Pilar Negara 

Materi soal yang satu ini bertujuan untuk membentuk karakter para peserta CPNS melalui pemahaman dan penilaian yang ada dalam nilai-nilai pancasila, UUD, dan Bhineka Tunggal Ika. Anda harus bisa memahami tentang hal ini karena akan diujikan nantinya. 

5. Bahasa Indonesia 

Tes tentang Bahasa Indonesia juga nantinya akan diujikan di dalam seleksi CPNS 2020. Hal ini bertujuan agar para peserta mampu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sangat penting bagi para peserta untuk bisa menggunakan Bahasa Negaranya sendiri. 

- TIU 

Untuk materi Tes Intelejensi Umum yang akan diujikan beberapa hal penting seperti berikut: 

1. Kemampuan Verbal 

Kemampuan verbal merupakan salah satu materi tentang individu dalam melakukan penalaran melalui dua konsep kata-kata yang memiliki hubungan tertentu pada situasi yang tepat. 

2. Kemampuan Numerik 

Kemampuan numerik merupakan salah satu materi yang bertujuan untuk pemahaman akan angka-angka di dalam suatu perhitungan sederhana. Ada banyak hal yang bisa dipelajari untuk memahami hal ini. 

3. Kemampuan Vigural 

Kemampuan vigural bertujuan untuk mengukur para peserta dalam bernalar melalui sebuah gambar yang akan diujikan nantinya. Pada dasarnya, para peserta harus bisa memahami mengenai gambar yang akan dipertanyakan. 

- TKP 

Tes Karakteristik Pribadi 

Soal tes yang akan diujikan selanjutnya pada seleksi CPNS 2020 adalah tentang tes karakteristik pribadi. Dimana soal-soal yang akan diujikan nantinya berhubungan dengan sifat dari pribadi masing-masing. Pertanyaan-pertanyaan mengenai berbagai macam solusi dan juga penanganan dalam menghadapi sebuah masalah juga akan dipertanyakan. 

Tes yang satu ini merupakan sebuah tes psikologi yang dapat menilai jenis dan karakter kepribadian dari para peserta CPNS dalam berbagai macam aspek. Beberapa tes yang akan diujikan seperti: 

  • 1. Pelayanan Publik 
  • 2. Jejaring Kerja 
  • 3. Sosial Budaya 
  • 4. Teknologi Informasi dan Komunikasi 

  • 5. Profesionalisme 

Tes yang akan diujikan mencakup kegiatan yang dialami oleh manusia dalam sehari-harinya. Tes tentang kepribadian pada diri siswa menjadi hal penting yang harus dipahami karena akan dikeluarkan ke dalam soal nantinya. 

Itulah beberapa informasi mengenai rangkuman soal-soal CPNS yang akan dikeluarkan pada seleksi CPNS 2020. Anda bisa mempelajarinya dengan baik supaya bisa lolos seleksi CPNS 2020.