Rangkuman Strategi Mengajar Kreatif dan Interaktif dari Kelas Kreatif

Rangkuman Strategi Mengajar Kreatif dan Interaktif dari Kelas Kreatif



Guru merupakan salah satu sosok yang harus bisa memberikan ilmu bermanfaat untuk anak didiknya. Sesuai dengan istilahnya, guru yaitu digugu dan ditiru. 

Sebagai seorang guru berarti harus memberikan contoh yang baik kepada anak didiknya supaya sikap dan apa yang disampaikan dapat diperhatikan dan dilaksanakan oleh muridnya. 

Dalam sistem pembelajaran di sekolah, guru harus mempersiapkan strategi belajar yang efektif agar para siswa bisa memperoleh pengetahuan dengan mudah. 

Banyak siswa yang bosan ketika mendapatkan sistem pembelajaran yang monoton. Biasanya sistem pembelajaran seperti itu akan kurang efektif bagi siswa yang belajar. 

Guru harus bisa mengajar sekratif mungkin agar para siswa tertarik untuk mendengarkan dan mengikuti arahan yang anda berikan. Selain itu, guru juga harus berinteraktif secara efisien kepada anak didiknya agar bisa bergaul dan tidak minder. 

Anda sebagai seorang guru nantinya tidak akan ditakuti oleh anak didiknya. Hal ini juga akan membantu interaksi para siswa supaya dapat berkomunikasi dengan gurunya. 

Bagaimana Strategi Mengajar Kreatif dan Interaktif Dari Kelas Kreatif? 


Mengingat kondisi saat ini terdampak Covid-19, para guru harus memberikan pelajaran jarak jauh (sistem pembelajaran online). 

Guru akan menyampaikan pengajarannya melalui smartphone yang nantinya akan diketahui oleh para siswa dengan tatap muka melalui media yang digunakan. Setiap guru sudah menentukan penggunaan aplikasi yang dipakai untuk belajar online dari kelas kreatif. 

Supaya siswa senang akan pembelajaran yang didapatkan, guru harus memberikan interaksi yang baik kepada anak didiknya. 

Dimana gaya Bahasa yang digunakan supaya sedikit menghibur para siswa agar tidak mengalami kondisi yang tidak diinginkan seperti mengantuk, lebih memilih untuk bermain game, dan lain sebagainya. 

Dengan begitu, siswa tidak akan menyalahgunakan wewenangnya dalam belajar secara online. 

Selain itu, guru juga harus memberikan berbagai macam pertanyaan kepada setiap anak didiknya. Hal ini agar para peserta bisa lebih fokus dan bersiap-siap untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. 

Hal ini menjadi salah satu kekreatifan seorang guru dalam memberikan pengajaran kepada muridnya. 

Anda bisa menciptakan kreatifitas sendiri dalam sistem pembelajaran yang harus dilakukan supaya membuat peserta didik tertarik. Ada banyak sekali ide kreatif dalam memberikan pengajaran yang baik dan benar. 

Tips Mendapatkan Ide Kreatif Untuk Mengajar 


Bagi anda yang masih belum bisa memberikan pengajaran yang kreatif dan interaktif, anda bisa mendapatkan ide dengan mudah. Beberapa diantaranya seperti : 

  • - Menghubungkan minat dan hobi guru dengan pembelajaran. 
  • - Melatih dan membiasakan pola pikir kreatif. 
  • - Menghubungkan sistem pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. 
  • - Mengambil resiko intelektualitas dengan mencoba pendekatan-pendekatan yang baru. 

Dengan menggunakan ide kreatif tersebut, hal ini akan sangat membantu anda untuk memberikan pembelajaran yang efektif kepada anak didiknya. Ketika anda sudah memulai berjalan, biasanya ide-ide kreatif akan muncul dengan sendirinya. 

Selain itu, ada cara lain yang bisa anda dapatkan untuk mendapatkan ide kreatif, yakni melihat referensi orang lain. 

Anda bisa mencarinya di google ataupun youtube, kedua media ini menjadi salah satu sumber yang paling tepat untuk mencari ide kreatif guru supaya bisa memberikan pembelajaran yang efektif kepada muridnya. 

Ada banyak sekali ide kreatif yang bisa anda dapatkan, pilih sesuai dengan kesenangan anda untuk diaplikasikan langsung dalam sistem pembelajaran di kelas kreatif milik anda. 

Dengan belajar kreatif dan interaktif, siswa akan mendapatkan pembelajaran yang efektif.